Dengan penerapan nilai-nilai akhlak BUMN sangat kita harapkan BUMN bisa semakin bangkit terus maju.

Apa Saja 6 Akhlak BUMN? Calon Pegawai BUMN Harus Tahu!

500 View

Apa itu akhlak BUMN? Ini merupakan nilai yang menjadi ketetapan bagi pihak Kementerian BUMN untuk melayani negeri. Sedangkan akhlak tersebut memiliki singkatan yaitu A (amanah), K (kompeten), H (harmonis), L (loyal), A (adaptif), dan K (kolaboratif). 

Setiap nilai tersebut memiliki penjabaran masing-masing untuk menerapkan kode perilaku dan kode etik penerapan di BUMN. Tujuan akhlak BUMN untuk memberikan pelayanan kepada negara yang lebih maksimal.

Menjadi perusahaan BUMN, tentu Pertamina pun menanamkan nilai dasar atau core values BUMN. Bila kita singkat yaitu AKHLAK, merupakan moral etika menjadi panduan semua kementerian BUMN saat ini. Core Values telah mereka rancang khusus demi proses transformasi human capital dari lingkungan BUMN. 

Guna meningkatkan adanya daya saing agar mampu menjadi seorang pemain global dan dapat memposisikan BUMN menjadi pabrik talenta. Akhlak BNI dan lainnya bagi pihak Pertamina yaitu sebagai identitas serta mempererat budaya kerja untuk mendukung meningkatnya kinerja Pertamina dengan entitas anaknya secara terus berkelanjutan. 

Bukan hanya mengusung nilai  Core Values BUMN, karena Pertamina pun juga menerapkan Piagam yaitu New Pertamina Clean. Ini adalah bentuk komitmen pihak Pertamina atas terwujudnya perusahaan Pertamina yang transparan dan bersih.

Penjelasan dari Akhlak BUMN

Apakah Anda salah satu calon pegawai BUMN? Dan masih menyelesaikan tahapan-tahapan seleksi. Maka sebagai calon karyawan atau pegawai dalam ruang lingkup kementerian BUMN, tentu Anda wajib tahu tentang apa penjelasan dari core values. Karena ini akan  diterapkan dari lingkungan kerja. 

Core values ini yaitu, AKHLAK atau core values. Singkatan dari akhlak yaitu Amanah, Kompeten, dan Harmonis, Loyal, serta Adaptif, Kolaboratif.  Tentu poin-poin tersebut memiliki penjabaran yang sangat luas dan lebih detail. Bertujuan untuk membantu para calon pegawai dapat lebih paham apa itu core values?. Berikut penjabarannya:

Artikel Menarik:  Cacar Monyet; Penjelasan, Gejala, dan Cara Mengatasinya

1. Amanah

Makna dari amanah, itu artinya memegang teguh segala bentuk kepercayaan yang telah diberikan dari perilaku integritas

Makna dari amanah, itu artinya memegang teguh segala bentuk kepercayaan yang telah diberikan dari perilaku integritas, bertanggung jawab, terpercaya, Komitmen, jujur, akuntabilitas, dan disiplin.

Selain itu juga pastinya harus mampu memegang kepercayaan dari pihak BUMN itu sendiri. Adapun untuk panduan perilakunya yaitu harus bisa memenuhi janji serta komitmen untuk terus bertanggung jawab terhadap segala keputusan.

Selain itu, juga berkomitmen melaksanakan tugas, dan apa saja tindakan yang Anda lakukan. Semua harus dapat berpegang teguh dari nilai etika dan moral.

2. Kompeten

akhlak BUMN

Sejak mulai 1 Juli 2020, semua BUMN atau Badan Usaha Milik Negara Indonesia mempunyai nilai dasar seragam. Adapun nilai dasar ataupun core values ini adalah yaitu, singkatan dari kata Amanah, Kompeten, Harmonis, san Loyal, Adaptif, serta Kolaboratif.

Untuk penjelasan dari kata kompeten yaitu kita wajib terus belajar serta mengembangkan kapabilitas. Adapun contoh perilakunya yaitu:  dapat meningkatkan kompetensi untuk mampu menjawab tantangan. 

Pastinya akan ada banyak tantangan dan selalu berubah untuk menolong orang lain terus belajar dalam menyelesaikan tugas yang memiliki kualitas terbaik. Saat ini, lebih dari satu tahun terkait penerapan bentuk nilai dasar dari AKHLAK yang berlaku bagi seluruh BUMN. 

Secara umum, 1th AKHLAK BUMN memperoleh implementasi nilai dasar AKHLAK pada BUMN dapat kita katakan baik. Meskipun masih mempunyai beberapa kekurangan.

3. Harmonis

Nilai akhlak bumn sendiri merupakan nilai dasar sangat wajib untuk Anda pegang bagi semua pegawai BUMN

Nilai akhlak sendiri merupakan nilai dasar sangat wajib untuk Anda pegang bagi semua pegawai BUMN untuk menjalankan bisnis ataupun berkegiatan setiap harinya. Selain itu, juga sangat diharapkan agar para pekerja dapat menjadikan hal ini sebagai panduan dalam berperilaku.

Baik saat bekerja dalam kantor, rumah, hingga lingkungannya. Tentu kewajiban satu ini diberlakukan, sebab pemerintah ingin agar proses transformasi kementerian BUMN dapat Anda lakukan secara menyeluruh sampai ke setiap sumber daya manusia didalamnya.

Artikel Menarik:  Cacar Monyet; Penjelasan, Gejala, dan Cara Mengatasinya

Kita harus saling peduli serta menghargai perbedaan. Selain itu, Anda juga harus menghargai siapapun dan apa saja latar belakangnya. Anda juga harus suka dan sering menolong orang lain untuk bisa membangun ruang lingkup kerja yang jauh lebih kondusif.

4. Loyal

akhlak BUMN

Lewat penerapan core values atau nilai dasar dari akhlak secara konsisten dan keseluruhan. Dengan demikian, ke depannya pihak kementerian BUMN bisa semakin lebih kuat untuk menjalankan bisnis ataupun dapat berperan dalam kemajuan bangsa maupun negara. 

Tentu Posisi yang jauh lebih kuat harus ada pada keseluruhan BUMN. Sebab peran mereka sangat penting untuk upaya Indonesia bisa menjadi negara yang maju hingga dapat mewujudkan sebuah visi Indonesia yaitu 2045.

Sebagai calon pegawai dari BUMN, maka Anda wajib berdedikasi serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara. Untuk contoh perilakunya yaitu kita harus mampu  menjaga nama baik bagi sesama pegawai, pimpinan, hingga kementerian BUMN itu sendiri, dan negara. 

Anda harus rela berkorban demi mencapai target yang jauh lebih besar. Selain itu, juga harus patuh terhadap pimpinan selama tidak bertentangan dari etika dan hukum. AKHLAK BUMN ditetapkan tanggal 1 Juli 2020, itu artinya sudah berjalan satu tahun tujuan dari BUMN untuk memberikan yang terbaik untuk negara dan masyarakat.

5. Adaptif

Lewat nilai-nilai dasar dari akhlak ini, kita semua berharap kedepannya pihak BUMN akan memiliki sifat yang mampu menjaga kepercayaan

Lewat nilai-nilai dasar dari akhlak ini, kita semua berharap kedepannya pihak BUMN akan memiliki sifat yang mampu menjaga kepercayaan atau amanah dari pihak BUMN. Selain itu juga harus bisa mengeksekusi kegiatan dan program yang bagus atau kompeten. 

Anda juga harus bisa saling menguatkan dengan menjalin hubungan yang lebih harmonis bagi setiap pegawai. Kita juga wajib menjunjung tinggi segala kepentingan bangsa dan negara. 

Artikel Menarik:  Cacar Monyet; Penjelasan, Gejala, dan Cara Mengatasinya

Bahkan juga mengesampingkan atas kepentingan kantor atau perusahaan ataupun loyal. Bukan hanya itu saja, sebab dengan terbiasa dalam menyesuaikan diri sesuai perkembangan atau adaptif. Tentu akhlak BUMN mengutamakan aktivitas gotong royong.

Para calon pegawai BUMN, maka ada baiknya jika Anda terus berinovasi dengan antusias untuk menghadapi atau menggerakkan perubahan. Sedangkan untuk contoh perilakunya yaitu harus cepat dalam menyesuaikan diri.

Guna bisa menjadi lebih baik dan terus-menerus dapat melakukan perbaikan dengan mengikuti setiap perkembangan teknologi dan bertindak proaktif.

6. Kolaboratif

Dengan penerapan nilai-nilai akhlak BUMN sangat kita harapkan BUMN bisa semakin bangkit terus maju.

Core Values BUMN adalah bagian transformasi dari Sumber Daya Manusia atau SDM dari lingkungan BUMN. Hal ini tentu untuk mendukung meningkatnya kinerja secara berkelanjutan dari para karyawan. Core Values ataupun nilai-nilai utama dari BUMN ini kita kenal dengan singkatan akhlak. 

Dengan penerapan nilai-nilai akhlak BUMN sangat kita harapkan BUMN bisa semakin bangkit terus maju. Terutama untuk berkompetisi memberi kinerja terbaiknya.

Kolaboratif merupakan bagaimana kita mampu membangun kerjasama sinergis. Untuk contoh perilakunya yaitu memberi kesempatan kepada pihak-pihak untuk bisa berkontribusi secara terbuka dapat bekerjasama agar bisa memperoleh nilai tambah dalam menggerakkan pemanfaatan beragam sumber daya dengan tujuan bersama.

BUMN merupakan aset negara yang kini masih naik turun, guna mendukung kinerja yang semakin meningkat. Kementerian BUMN menetapkan akhlak BUMN untuk meningkatkan semangat kerja bagi para karyawan memberikan perkembangan terhadap perusahaan.