Alat Musik Harmonika
kompasiana.com

Yuk, Ketahui Lebih Jauh Tentang Alat Musik Harmonika

Posted on

Harmonika adalah salah satu alat musik tiup yang memiliki bentuk seperti kotak yang berukuran kecil, jadi sangat mudah dibawa kemana-mana. Alat musik ini memiliki suara bunyi yang berbeda dari alat musik tiup lainnya.

Bunyi yang dihasilkan dari alat musik ini berasal dari pelat getar atau reed yang dipasangkan di piring pelat getar.

Jadi, ketika saat dilewati udara, maka reed tersebut akan merespon dengan cara bergetar berulang kali dengan melalui lubang yang telah dibuat di bagian reed plat sehingga dapat menghasilkan bunyi yang merdu.

Perlu diketahui bahwa, alat musik harmonika berasal dari Negara China yang diberi nama Sheng.

Instrumen tradisional China ini telah digunakan pada 5000 tahun yang lalu tepatnya sejak kekaisaran Nyu-Kwa, sangat lama bukan?

Jenis-Jenis Alat Musik Harmonika

Jenis-Jenis Alat Musik Harmonika
shopify.com

Alat musik harmonika bukan cuma terdiri dari satu jenis saja, namun juga terdiri dari berbagai jenis dan memiliki fungsinya masing-masing. Nah, apa saja sih jenis dari alat musik tersebut?

Untuk mengetahuinya mari simak ulasan berikut!

1. Alat Musik Harmonika kromatik

Bentuk dari harmonika ini sedikit berbeda jika dibandingkan dengan harmonika lain yang mempunyai tombol di samping. Tombol tersebut berfungsi untuk menggeser slide penutup lubang yang ada agar bisa menghasilkan nada-nada kres.

Misalnya seperti lubang nomor 3 yang bunyinya C, artinya jika di tekan tombol tersebut maka bunyinya bisa jadi C# atau Db. Biasanya, alat musik ini sering digunakan untuk mengiringi jenis musik pop, jazz , musik klasik dan lain sebagainya.

Artikel Menarik:  Makanan Khas Yogyakarta: Nikmati Kelezatan Kuliner yang Unik

Lubang pada harmonika ini bervariasi mulai dari 10, 12, 14 sampai 16. Selain itu, ada juga beberapa harmonika yang mempunyai slide di samping deretan lubang yang bisa digunakan untuk menghasilkan nada kromatis.

Dimana, nada yang dihasilkan tersebut lebih luas jika dibandingkan dengan harmonika diatonik. Jadi dengan menggunakan harmonika jenis ini, Anda bisa memainkan 12 not dari do-do#-re-re#-mi-fa-fa#-sol-sol#-la-la#-si.

Namun, harganya lebih mahal dari pada jenis harmonika yang lainnya.

2. Harmonika Diatonik

Harmonika Diatonik

Jenis alat musik harmonika selanjutnya yaitu harmonika diatonik. Jenis ini memiliki 10 lubang tanpa adanya sekat atas bawah seperti yang ada pada harmonika tremolo.

Selain itu, harmonika ini mempunyai modal Richter-tuned yang berarti mengharuskan untuk memainkan 1 kunci harmonika di beberapa chord yang berbeda. Umumnya, sering digunakan untuk mengiringi jenis musik blues, country, dan folk.

Namun nggak menutup kemungkinan juga dapat diterapkan ke jazz maupun klasik. Selain itu, jenis harmonika ini juga mempunyai nada dasar yang sangat berbeda satu sama lain.

Dimana, pada nada dasar C sangat cocok untuk memainkan lagu yang bernada dasar C juga. Untuk harmonika yang bernada dasar D, cocok dimainkan pada lagu yang bernada dasar D pula, nah begitulah seterusnya.

Meskipun begitu perlu diperhatikan juga, sebab terdapat tindakan ekstrim saat menggunakan harmonika bernada dasar C, sehingga bisa memainkan lagu bernada dasar yang berbeda-beda pula.

Secara umum, ada 12 nada dasar pada harmonika ini, mulai dari G sampai F#. Jadi, untuk Anda yang ingin memainkan banyak lagu, maka harus persiapkan terlebih dahulu harmonika dengan nada dasar yang lain sesuai dengan kebutuhan.

Akan tetapi, kalau Anda masih belajar bermain harmonika, sebaiknya beli harmonika yang mempunyai nada dasar C.

Artikel Menarik:  Makanan Khas Demak: Nikmatnya Perpaduan Rasa dan Budaya

3. Alat Musik Harmonika Tremolo

Sama seperti namanya, harmonica ini berfungsi untuk menambahkan efek gema atau berulang pada nada yang sedang dimainkan.

Dimana, harmonika tremolo mempunyai ciri khas lubang yang sudah tersusun dempet dengan body yang cukup panjang. Sebab, harmonika ini mempunyai 12 karakter untuk dimainkan.

Karakter ini biasanya dibutuhkan ketika ingin memainkan genre musik klasik atau musik tradisional. Terutama di kawasan Asia Timur, seperti Jepang, China, Korea, Taiwan dan kawasan lainnya.

Selain itu, harmonika ini juga sering digunakan untuk memainkan musik klasik dan harmonisasi nada saat bermain secara grup atau berkelompok. Sedangkan, dalam permainan solo sudah jarang sekali digunakan. 

4. Chord

Jenis harmonika ini biasanya digunakan sebagai rhythm chord yang dapat memainkan 48 chord. Mulai dari major, minor, augmented, seventh dan diminished.

Jadi, sudah bisa dibayangkan berapa jumlah lubang yang ada dan ukuran panjang harmonika ini. Secara umum, jenis harmonika ini terdiri dari 2 susun yang tiap susunannya menggambarkan chord yang bisa dimainkan. 

Cara Memainkan Alat Musik Harmonika

Cara Memainkan Alat Musik Harmonika
stocksy.com

Sebelum memainkan alat musik harmonika, ada beberapa cara dasar yang perlu diketahui. Tujuannya agar bisa menghasilkan suara yang diinginkan. Berikut ini cara memainkan alat musik harmonika, yaitu:

1. Posisi dalam Memegang Harmonika

Langkah pertama ini harus diperhatikan, sebab nggak bisa dipegang sembarangan. Akan tetapi, perlu tepat dalam memegangnya. Jadi, pada pangkal jari telunjuk sebelah kiri berada diatas harmonika dan jempol sebelah kiri berada dibawah harmonika.

Pada tangan sebelah kanan memegang bagian kanan harmonikanya. Sebelum itu, perhatikan dan usahakan supaya lubang di bagian belakangnya terbuka. Sebab, lubang tersebut adalah tempat suara harmonika keluar.

Artikel Menarik:  10 Menu Makanan Arisan yang Lezat dan Menggugah Selera

2. Meniup Harmonika

Pada umumnya, memainkan harmonika diatonik mempunyai 10 lubang yang kecil dan sedikit berdempetan.

Kalau mau lancar dalam memainkannya, maka harus bisa meniup satu lubang tanpa harus mengeluarkan suara dari lubang lainnya atau disebut single note. Berikut ini 2 teknik meniup harmonika, yaitu:

  • Teknik Siul, teknik ini menggunakan bentuk bibir bersiul untuk meniup satu lubang yang ada di harmonika. Bibir tersebut sedikit maju, lalu tempel ke lubang harmonikanya. Setelah itu, mulailah belajar meniup satu lubang, namun dengan lubang tersebut saja yang berbunyi.
  • Teknik Lidah, pada teknik ini biasanya menggunakan lidah sebagai acuan untuk memfokuskan lubang mana yang ingin ditiup. Jadi, pertama Anda bisa menempelkan ujung lidah pada lubang yang ingin difokuskan, lalu mulailah meniup secara perlahan supaya bisa mendapatkan hasil suara sesuai yang diinginkan.

3. Posisi Nada Alat Musik Harmonika

Kalau sudah bisa meniup satu nada dalam alat musik harmonika, maka Anda juga harus tahu di mana letak nada dasar nya. Biasanya, tangga nada akan dimulai dari angka 4 atas, lalu naik ke angka 7 atas.

Jika mau lebih mudah untuk mengetahui posisi nada instrumen ini, maka Anda bisa melihat posisi nadanya, sebagai berikut.

  • Do: lubang 4 ditiup
  • Re: lubang 4 dihisap
  • Mi: lubang 5 ditiup
  • Fa: lubang 5 dihisap
  • Sol: lubang 6 ditiup
  • La: lubang 6 dihisap
  • Si: lubang 7 ditiup
  • Do: lubang 7 dihisap

Untuk bermain harmonika bisa dimana saja dan kapan saja, bahkan Anda bisa menikmatinya sekaligus. Namun, sebelum itu Anda harus mempunyai alatnya dan mengetahui terlebih dahulu cara bermainnya. Setelah itu, barulah Anda bisa memainkannya dengan membawakan lagu yang diinginkan. Terima kasih atas kunjungan Anda.