Alat Musik Kalimba
jakartanotebook.com

Mengulik Sejarah Alat Musik Kalimba Khas Afrika dan Manfaatnya

Posted on

Apakah Anda tahu?  Ternyata ada beberapa alat musik perkusi yang sangat unik dan kaya akan manfaatnya. Nah, satu diantaranya yaitu alat musik kalimba.

Kalimba merupakan salah satu alat musik tradisional yang berasal dari Afrika, yakni daerah daerah Zimbabwe. Alat musik ini dibuat dari kayu dan tutsya terbuat dari bahan logam.

Biasanya, kalimba sudah banyak dimainkan oleh warga Amerika dan Eropa. Selain itu, alat musik ini bisa diibaratkan sebagai alat musik piano modern yang menggunakan jari jari tangan agar bisa menghasilkan nada.

Pada umumnya, alat musik ini juga di tuning di nada dasar C Mayor maupun G Mayor. Dimana, memiliki berbagai macam jumlah Tuts, mulai dari yang 8 tuts dan ada juga yang 17 tuts.

Selain untuk mengatur suasana mood, alat musik ini juga sangat cocok untuk anak-anak yang ingin belajar musik, sebab nada melodi yang dibawakan sangat mudah dipahami. 

Istilah kalimba pertama kali diperkenalkan ke seluruh dunia oleh Etnomusikolog Inggris, Hugh Tracey. Namun, kalimba yang pertama kali dibuatnya yaitu dengan skala G mayor.

Dengan berkembangnya waktu, kalimba terus terkenal dan sudah menjadi alat musik trend saat ini. Dengan memiliki suara yang sangat indah dan menenangkan, sehingga hal tersebut lah yang menjadi daya tarik alat musik kalimba. 

Sejarah Alat Musik Kalimba

Sejarah Alat Musik Kalimba
grid.id

Menurut sejarahnya, pada tahun 1960 kalimba dikembangkan dan diperkenalkan pertama kali oleh Hugh Tracey di daratan Eropa.

Artikel Menarik:  Makanan Khas Italia yang Menarik dan Wajib di Cicipi

Tracey sendiri mengetahui alat musik tradisional di Rhodesia atau saat ini dikenal dengan Zimbabwe pada tahun 1920-an.

Karena tertarik dengan suara yang dihasilkan, Tracey pun mempelajari sekaligus mengembangkannya sehingga menghasilkan alat musik yang lebih modern yaitu kalimba.

Ada di beberapa negara lain, alat musik ini dapat dipadukan dengan kemajuan teknologi sehingga suara yang dihasilkan sangat terdengar lebih harmonis dengan kekuatan suara yang lebih keras.

Sementara itu, alat musik ini mempunyai dua jenis material yang mana satu terbuat dari bahan dasar kayu dan satu lagi terbuat dari bahan dasar akrilik.

Tuts yang dimiliki alat musik ini juga terdiri dari 8,10,11 hingga 21 tuts , dimana semakin banyak kuncinya, maka semakin luas juga range nadanya.

Namun, salah satu hal yang harus diingat bahwa sebelum memainkannya, maka sebaiknya lakukan stem suara agar nada yang dihasilkan nantinya dapat menghasilkan nada yang harmonis dan jernih.

Cara Memainkan Alat Musik Kalimba

Cara Memainkan Alat Musik Kalimba
kumparan.com

Untuk memainkan alat musik ini sangat cukup mudah. Dimana, hanya tingga di pegang menggunakan kedua tangan, kemudian kedua jempol digunakan untuk memetik ujung logam sampai menghasilkan nada-nada yang indah.

Suara yang keluar tersebut akan diperkuat oleh resonator yang berasal dari lubang buluh kayu.

Untuk merubah nada supaya suara alat musik ini lebih tinggi atau rendah yaitu, jika lempengan besi di perjauh dari lubang resonansi maka suara akan naik pitchnya. 

Sedangkan, jika sebaliknya di perdekat ke lubang resonansi maka suara yang dihasilkan akan turun pitchnya.

Dengan mengatur posisi lempengan terdapat pada alat musik tersebut, maka Anda dapat menghasilkan variasi nada yang lebih tinggi maupun rendah, tergantung keinginan.

Sistem alat musik ini dapat dilakukan menggunakan tuner sesuai dengan nada yang tercantum.

Artikel Menarik:  Mengulik Sejarah Dan Perkembangan Internet di Dunia

Manfaat Memainkan Alat Musik Kalimba

Manfaat Memainkan Alat Musik Kalimba
staticbg.com

Selain itu, untuk memainkan alat musik ini juga mempunyai banyak manfaat dan dampak positif untuk tubuh. Jika ingin mengetahui apa saja manfaatnya, yuk simak ulasan di bawah ini. 

1. Sarana Mengekspresikan Diri

Pada umumnya, musik merupakan salah satu media komunikasi untuk menyampaikan perasaan, emosi bahkan cerita seseorang ke siapa saja yang ingin mendengarkannya ketika sedang dimainkan.

Sehingga dengan memainkan alat musik ini, Anda juga bisa mengekspresikan kegelisahan Anda.

2. Lebih Mengekspresikan Diri

Musik merupakan sebuah komunikator emosional yang sangat kuat. Bahkan, bermusik juga menjadi salah satu cara untuk mengekspresikan diri.

Sebab musik bukan cuma sekedar kumpulan not dan melodi saja namun bermusik juga bisa sama seperti mengkomunikasikan perasaan, emosi, cerita dari sang musisi dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu, sangat cocok untuk memainkan alat musik ini agar bisa mengekspresikan diri dengan lebih lagi.

3. Melatih Konsentrasi Diri 

Ternyata memainkan alat musik ini secara teratur bisa olahraga otak juga. Dimana, Anda bisa meningkatkan fungsi otak dan menstimulasi fungsi kognitif.

Sementara itu, secara tidak langsung juga bisa melatih fokus dan konsentrasi saat sedang belajar membaca chord, menyeimbangkan nada, memainkan tuts dan lain sebagainya.

4. Mengasah Kreativitas dan Koordinasi 

Biasanya, seorang musisi pasti mempunyai koordinasi yang bagus sebab ketika sedang bermain musik kalimba, maka diharuskan untuk mempunyai koordinasi antara tangan dan mata yang cukup tajam.

Bukan cuma itu saja, kreativitas Anda juga akan semakin terasa ketika sudah mulai bisa bermain alat musik ini dengan baik dan benar.

5. Mengatur Suasana Hati atau Mood

Sebenarnya, percaya nggak percaya bermain musik bisa mengurangi rasa sakit, depresi bahkan bisa meningkatkan kualitas tidur. Selain itu, saat mendengar alunan musik yang mainkan pun juga dapat membawa suasana hati sesuai dengan melodi yang dibawakan.

Artikel Menarik:  Kenali 6 Jenis Tari Jambi yang Memiliki Ciri Khasnya Sendiri

6. Membantu Aktivitas Lain

Sangat banyak kali kegiatan kalau dilakukan sambil mendengar alunan musik akan terasa lebih menyenangkan.

Misalnya seperti berolahraga, jika Anda sedang berolahraga tanpa ada lantunan musik di ruangannya, tentu saja akan terasa hampa bukan? Sedangkan,  kalau Anda berolahraga sambil ditemani musik, tentu saja akan lebih bersemangat.

Baca juga: 12 Jenis Alat Musik Idiophone di Indonesia yang Harus Diketahui

Karakteristik Alat Musik Kalimba

Karakteristik
adoespinoza.com

Sama halnya dengan alat musik jenis lainnya, alat musik kalimba ini juga mempunyai beberapa jenis dan model bentuknya. Dimana, bahan materialnya juga sangat beraneka ragam, mulai dari kayu hingga akrilik.

Untuk penggunaan alat musik berbahan kayu dipilih dengan alasan lebih ringan dan cukup sederhana, sedangkan untuk alat musik berbahan akrilik dipilih dengan alasan lebih aesthetic dan modelnya lebih elegan.

Dengan berkembangnya waktu, alat musik juga mengalami perkembangan dan inovasi dari segi jumlah tuts.

Namun, hingga detik ini, alat musik kalimba mempunyai tuts dengan jumlah 8, 10,11 hingga 21 tuts. Di setiap tuts masing-masing sudah dipasang petunjuk not angka supaya memudahkan bagi para pemainnya.

Jadi, semakin banyak kunci yang dimiliki, maka secara otomatis range nadanya juga semakin luas. Selain itu, alat musik ini juga dibekali dengan tuts yang banyak, sehingga membuat Anda lebih eksplorasi tentang melodi yang lebih luas jangkauannya.

Nah, itulah penjelasan tentang alat musik kalimba yang berasal dari Afrika. Namun, Jika Anda ingin memainkan alat musik tersebut, sebaiknya Anda harus memahami dan pelajari terlebih dahulu bagaimana cara bermainnya dengan tepat supaya suara yang dihasilkan pun sesuai keinginan. Terima kasih atas kunjungan Anda.