Alat Musik Ritmis

11 Alat Musik Ritmis Terpopuler dan Cara Memainkannya

794 View

Memiliki bakat di bidang musik tentu saja menjadi sebuah kebanggaan tersendiri. Apalagi bermain musik sama halnya dengan mengasah kecerdasan otak.

Di dalam sebuah penelitian, bermain alat musik bisa meningkatkan kemampuan kognitif manusia. Karena bermain alat musik bisa melatih manusia untuk terus fokus dan bisa melatih otak untuk terus berfikir.

Jadi, tidak heran kalau banyak orang tua yang sangat mendukung anaknya untuk mengeksplorasi bakat bermain musiknya. Misalnya mendaftarkan kursus bermain piano, biola atau lainnya.

Saat ini sudah banyak sekali jenis alat musik terpopuler yang bisa dipelajari. Tentu saja setiap alat musik memiliki bentuk dan cara memainkan yang berbeda-beda. Salah satunya adalah alat musik ritmis yang cukup populer.

Alat musik ini tidak bisa membuat irama melainkan bisa mengeluarkan bunyi ketika dipukul, digesek dan digoyang.

Alat musik ritmis adalah alat musik yang tidak bisa mengeluarkan nada, dan biasanya alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul. Baik dipukul pakai tangan ataupun menggunakan stick.  

Selain itu, bisa juga diguncang sehingga beberapa bagian saling berbenturan dan menghasilkan suara. Misalnya markas. Tapi kalau yang digesek seperti kastanyet berupa sepasang kepingan kayu atau gading yang digesek-gesekkan pakai jari-jari tangan. 

Alat musik ritmis bisa menjadi alat musik pelengkap buat alat musik melodis dalam instrumen musik harmonis. Artinya adalah sebuah musik tidak akan harmonis apabila cuma menghadirkan alat musik melodis saja. 

Contohnya, Drum atau Cajon yang akan membuat sebuah lagu semakin enak didengar telinga daripada cuma memakai gitar atau piano saja. 

Begitu juga dalam musik tradisional, ada berbagai alat musik ritmis yang juga memiliki fungsi untuk menghasilkan nada yang melodis. 

11 Contoh Alat Musik Ritmis Terpopuler

Ingin tahu bermacam jenis alat musik ritmis dan cara memainkannya? Yuk, kita simak penjelasan lengkap berikut ini.

1. Alat Musik Guiro

Alat Musik Ritmis Guiro
walmartimages.com

Guiro adalah alat musik ritmis yang berasal dari Republik Dominika. Alat musik ini memiliki bentuk yang hampir mirip dengan parutan dapur. Biasanya alat musik ini dimainkan dengan menggunakan garpu kawat atau pengikis.

Pemain biasanya hanya menggesekkan alat musik ini ke arah vertikal atau horizontal sampai mengeluarkan suara. 

2. Alat Musik Cajon

Alat Musik Ritmis Cajon
shopee.co.id

Cajon “peti” adalah alat musik yang memiliki bentuk kubus terbuat dari kayu atau triplek yang di belakangnya memiliki lubang. Biasanya alat musik ini dimainkan sebagai pengganti drum dan dimainkan ketika ada nyanyian akustik. 

Alat musik ini dimainkan dengan cara menepuk-nepuk sisinya dengan tangan, jari atau benda lain seperti stick atau sikat drum. 

cara memainkannya adalah posisi pemain duduk di atas cajon dan memukul-mukulkan telapak tangan dengan berbagai teknik. Dari situlah suara dihasilkan seperti suara snare, bass drum dan suara hit-hat.

3. Alat Musik Kenong

Alat Musik Ritmis Kenong
wikimedia.org

Kenong adalah bagian alat musik ritmis dari gamelan Jawa. Alat musik ini merupakan pengisi harmoni dalam gamelan dan menegaskan irama. Kenong dimainkan dengan cara dipukul oleh satu alat pemukul dengan kayu dililitkan oleh kain. Alat ini memiliki satu set yang berjumlah 10 buah. 

4. Alat Musik Gender

Alat Musik Ritmis Gender
wikimedia.org

Gender adalah alat musik pukul gamelan dari Jawa dan Bali. Alat musik ini berbahan logam yang memiliki 10 sampai 14 bilah logam kuningan yang bernada. Bilah logam tersebut kemudian digantungkan di atas resonator yang terbuat dari bambu atau seng.

Cara memainkan alat musik ini adalah dengan memukul tiap bilahnya dengan pemukul yang berbentuk bulat. Alat pemukul tersebut terbuat dari kayu (Bali) atau berlapis kain( Jawa).

Artikel Menarik:  Mengulas Sejarah Uang di Berbagai Bangsa Serta Jenis-Jenisnya

Alat musik ini terdiri dari 3 jenis gender, yaitu slendro, pelog pathet nem lan lima dan pelog pathet barang. Gender juga memiliki tangga nada yang berbeda. 

5. Alat Musik Conga

Alat Musik Ritmis Conga
sweetwater.com

Alat musik Conga adalah alat musik yang bentuknya mirip seperti gendang dan dipasang menggunakan besi yang berasal dari Afrika. Alat musik ini sering digunakan sebagai alat musik ritmis pukul dalam musik pop modern. Alat musik conga modern dibuat dari serpihan kayu atau fiberglass. 

6. Alat Musik Bongo

Alat Musik Bongo
alicdn.com

Bongo adalah alat musik pukul perkusi Latin. Para pemain biasanya memainkan alat musik ini dalam posisi duduk dan diletakkan diantara kedua kaki, dengan sepasang drum (kecil dan besar) yang disatukan dengan penjepit kayu di tengah. 

Alat musik ini terbuat dari kulit binatang seperti sapi dan kerbau, namun ada juga yang dari plastik. 

Bongo juga merupakan alat musik portable yang mudah dibawa bepergian dan juga bisa menghasilkan suara, apabila disetel dengan baik. Alat musik ini juga dikenal dengan sebutan ketipung. 

Alat musik ini fungsinya adalah sebagai pengiring dan pembentuk irama, sehingga karya musik yang dimainkan bisa stabil. 

7. Alat Musik Cowbell

Alat Musik Cowbell
alicdn.com

Cowbell adalah alat untuk memanggil sapi di pekarangan. Tapi seiring dengan berjalannya waktu, Cowbell menjadi alat musik pelengkap dalam sebuah perkusi. Alat musik ini bisa dimainkan dengan sangat mudah. 

Para pemain cuma memukul alatnya menggunakan stik kayu sampai mengeluarkan suara yang nyaring. Alat musik ini terbuat dari logam, tahan lama dan kokoh. 

8. Alat Musik Pandeiro

Alat Musik Pandeiro
pinimg.com

Alat musik Pandeiro ini terdapat dari Negara Brazil. Alat musik ini memiliki drumhead yang bisa disetel dengan rangka logam yang disebut dengan platinelas

Pandeiro adalah alat musik ritmis yang dipegang di satu tangan dan dipukul oleh tangan lainnya untuk menghasilkan suara yang indah. Para pemain biasanya memukulnya dengan pola yang bergantian menggunakan jari tangan. 

Artikel Menarik:  Mengenal Properti Tari Remo Jawa Timur Beserta Keunikannya

9. Alat Musik Octoban

Alat Musik Octoban
reverb.com

Octoban adalah alat musik yang masuk ke dalam jenis tom-tom dengan ukuran tabung panjang diameter 5 sampai 10 inci. Pada umumnya, alat musik ini terbuat dari fiberglass yang dilengkapi dengan membran yang sudah disetel kencang. 

Alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul agar bisa menghasilkan suara yang nyaring.

10. Alat Musik Timbales

Alat Musik Timbales
alicdn.com

Alat musik Timbales adalah alat musik yang dipukul dan memiliki bentuk seperti drum yang berjumlah dua buah. Timbales biasanya dimainkan ketika ada kegiatan salsa atau perkusi. 

Pada saat dipukul alat musik ini menghasilkan suara yang cukup kencang dengan teknik pukulan tepian atau pukulan tengah. 

11. Alat Musik Triangle

Alat Musik Triangle
alicdn.com

Triangle adalah alat musik berbentuk segitiga yang dimainkan dengan cara dipukul menggunakan stik dan tidak memiliki tangga nada. Maksudnya adalah irama bunyi yang dihasilkan disesuaikan dengan lagu yang akan dimainkan.

Tinggi rendahnya suatu nada dihasilkan dari bahan dasar yang digunakan dan kemampuan pemain dalam mengimprovisasi. Pada saat dipukul, alat musik ini menghasilkan suara berdenting yang keras.

Alat musik ini sering digunakan sebagai pengiring musik, alat musik bantu dan pengatur tempo lagu. Triangle juga terbuat dari bahan baja dan memiliki pemukul dari bahan logam untuk menghasilkan suara. 

Alat musik ini juga bisa menghasilkan suara berfrekuensi tinggi yang terdengar nyaring di telinga. Pemusik terkenal yang sering menggunakan alat musik ini di orkestra adalah Joseph Haydn, Ludwig Van Beethoven dan Wolfgang Amadeus Mozart. 

Demikianlah pembahasan kita mengenai alat musik ritmis dan cara memainkannya. Semoga artikel ini bisa membantu para pembaca dalam memahami alat musik ritmis dan semoga bisa bermanfaat dengan baik.