Ingin Memiliki Avanza Modif, Ini Hal Yang Perlu Dilakukan

Jika Anda ingin memiliki Avanza modif, ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Pahami terlebih dulu langkah-langkah modifikasi berikut ini!

Di Indonesia, Toyota Avanza adalah salah satu merek mobil yang sangat populer. Mobil jenis ini sangat umum ditemukan di jalan raya. Dari segi tampilan, Avanza memang cukup gagah. Berada di kelas MPV yang menawarkan ruang yang luas, Avanza dijuluki sebagai kendaraan bagi seluruh anggota keluarga. Dari segi ketangguhan pun, Avanza juga tak kalah dengan merek mobil lainnya.

Tiap tahun, Avanza selalu melakukan inovasi untuk memuaskan para pecintanya. Berbagai fitur ditambahkan demi menambah kenyamanan pengguna. Hingga saat ini, ada begitu banyak varian Avanza yang telah diluncurkan. Meskipun demikian, masih ada yang belum puas dengan tampilan maupun komponen mesin kendaraan roda empat ini.

Karena ingin mengubah Avanza menjadi lebih sesuai dengan kebutuhan, muncul ide untuk melakukan modifikasi. Ide ini telah dicoba oleh banyak orang dan hasilnya cukup mengagumkan. Apalagi karena komponen mobil Avanza sangat mudah dijumpai, baik di bengkel resmi maupun toko-toko spare part kendaraan.

Mengapa Harus Modifikasi?

Mengapa Harus Modifikasi?
urusandunia.com

Banyak pemilik kendaraan yang melakukan modifikasi terhadap kendaraannya. Modifikasi ini bukan hanya mengubah tampilan bodi, tetapi juga mesin di dalamnya. Ada sejumlah alasan melakukan modifikasi. Pertama, menambah performa kendaraan. Sebagian kendaraan dianggap kurang mampu mengimbangi keinginan pemiliknya. Dengan beberapa perubahan, mobil atay motor menjadi lebih garang.

Selain itu, ada pula pemilik motor yang melakukan modifikasi hanya sekadar untuk menarik perhatian. Biasanya, porsi modifikasi terbesar ada pada bodi kendaraan. Ada yang mengubah warna cat kendaraan, menempelkan stiker, atau menambah aksesori lain pada kendaraan. Bukan hanya untuk kesenangan sendiri, biasanya kendaraan modifikasi ini diikutkan kompetisi khusus.

Kendaraan hasil modifikasi juga bisa diperjualbelikan. Jika kendaraan tersebut sangat unik, harganya bisa jauh melebihi ekspektasi. Namun, perlu dipahami pula bahwa ada biaya yang harus dibayar untuk melakukan modifikasi. Termasuk di antaranya untuk memiliki Avanza modif, tentu diperlukan anggaran khusus.

Langkah Modifikasi Avanza

Langkah Modifikasi Avanza
seva.id

Lalu, bagaimana cara untuk membuat Avanza Anda terlihat lebih menarik? Ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan supaya tampilan dan performa kendaraan ini lebih mantap. Berikut di antaranya:

  • Memasang stiker

Apakah Anda pernah memperhatikan mobil-mobil keluaran terbaru? Pada umumnya, bodi mobil baru ini terlihat polos atau hanya ditempeli oleh stiker bernuansa standar. Nah, jika ingin melakukan modifikasi terhadap kendaraan Avanza, salah satu caranya adalah dengan memasang stiker.

Dengan memasang stiker, Anda tidak perlu mengecat mobil. Perubahan berupa cat biasanya lebih permanen, sedangkan stiker bersifat semipermanen. Konsep terbaru yang digandrungi pemilik kendaraan adalah cutting sticker yang membuat motor tampak lebih atraktif bahkan eksentrik.

Nah, tips untuk memilih stiker adalah memastikan terlebih dahulu jenis stiker yang akan digunakan. Jangan sampai, ketika Anda telah selesai memasangnya, ada rasa tidak sreg. Perlu dipahami, dengan menggunakan stiker, mobil Anda akan terlihat lebih unik dan berbeda.

  • Mengecat mobil

Anda juga bisa memiliki Avanza modif dengan melakukan pengecatan terhadap mobil. Ini adalah salah satu cara yang paling sederhana untuk mengubah tampilan kendaraan. Jika warna dasar mobil adalah putih atau hitam, Anda bisa menggantinya menjadi lebih cerah, misalnya kuning, merah, atau hijau. Sesuaikan saja warna tersebut dengan selera Anda.

  • Merombak komponen luar

Selanjutnya, Anda juga bisa merombak komponen di luar mobil supaya mendapatkan tampilan yang berbeda. Menurut banyak pendapat, Avanza termasuk kendaraan yang paling mudah dimodifikasi karena komponennya mudah dijumpai. Anda bisa membelinya langsung dari bengkel atau membelinya di toko online.

Nah, salah satu bagian yang bisa diubah di Avanza modif adalah bumper depan dan bumper belakang. Pada bagian ini, lampu sein juga dapat mengikuti warna cat mobil. Suspensi pun dapat direndahkan untuk mendapatkan kesan sporty, berbeda dengan Avanza tipe standard.

  • Merombak kabin

Langkah selanjutnya adalah merombak bagian kabin mobil. Pada umumnya, kabin mobil Avanza sangat standard. Meskipun nyaman, ada pula yang menginginkan tampilan kabin berbeda. Anda dapat mengubah jok yang digunakan. Ada beragam jenis jok, salah satunya jok kulit yang terlihat elegan.

Bukan hanya jok, modifikasi juga bisa dilakukan pada audiosystem. Keberadaan audiosystem pada mobil terkadang menyita ruang sehingga mobil lebih sempit. Nah, dengan modifikasi, penyesuaian audiosystem dapat membuat ruang kabin lebih lowong dan nyaman.

Model Modifikasi Avanza

Model Modifikasi Avanza
mobilmo.com

Bagi Anda yang ingin memodifikasi kendaraan Avanza, apa ide yang bisa Anda pertimbangkan? Ada sejumlah pilihan modifikasi yang menarik untuk dieksekusi. Salah satunya adalah mengubah Toyota Avanza menjadi mobil drag. Dilihat secara sekilas, mobil Avanza modif ini tidak lagi menyisakan kesan mobil keluarga.

Dengan gaya drag race yang sangar, terlihat perubahan besar-besaran pada kendaraan. Hal ini sangat jelas di bagian eksterior mobil. Tampilan mobil pun tampak garang. Jenis modifikasi ini cocok bagi Anda yang ingin menunjukkan kesan macho.

Modifikasi ekstrem lainnya adalah mengubah Avanza menjadi mobil pickup. Seperti halnya mobil pickup yang memiliki bak terbuka, tampilan Avanza baru ini pun dilengkapi dengan bak di bagian belakang. Model baru ini tentu sangat jarang ditemukan. Untuk melakukannya, ada perubahan besar-besaran pada bagian belakang mobil.

Tips Modifikasi Avanza

Bagi Anda yang ingin memiliki kendaraan modifikasi, hal pertama yang harus dipersiapkan adalah anggaran khusus. Untuk mobil, biaya modifikasi biasanya lebih besar dibandingkan motor. Hal ini karena ada banyak hal yang harus diubah demi membuat kendaraan semakin menarik.

Tips selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah memastikan kendaraan tersebut ditangani oleh ahlinya. Karena kendaraan selalu berkaitan dengan faktor keamanan, modifikasi hendaknya tidak mengabaikan hal ini. Sebagai contoh, jika Anda harus mengubah bagian pintu kendaraan menjadi lebih atraktif, pastikan telah memenuhi standard kendaraan roda empat yang aman.

Ada pula yang melakukan modifikasi tanpa mempertimbangkan fungsi. Akibatnya, kendaraan tersebut tidak dapat digunakan, hanya sekadar sebagai pajangan. Nah, jika mobil Avanza Anda masih dalam usia produktif, sebaiknya tetap pastikan fungsi-fungsinya masih lengkap.

Untuk mengubah komponen pada kendaraan, Anda juga perlu berhati-hati. Ada banyak komponen yang sebenarnya tidak berkualitas dan dijual dengan harga murah. Meskipun awalnya berfungsi, ternyata komponen ini cepat rusak. Daripada mengalami kerugian, sebaiknya teliti kualitasnya sejak awal. Membeli komponen yang asli pasti akan lebih aman meskipun harganya jauh lebih mahal.

Dari segi perombakan pun jangan terburu-buru. Sering kali karena ingin berbeda dari kendaraan lain, Anda mengambil keputusan asal. Akibatnya, mobil berubah dan tidak mendukung kenyamanan saat digunakan. Dalam hal ini, modifikasi yang dilakukan tentu akan sia-sia dan justru menghabiskan uang.

Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk melakukan modifikasi terhadap Avanza, sebaiknya pahami terlebih dahulu risikonya. Lakukan riset yang cukup untuk mengetahui hasil modifikasi. Dengan memahami risiko tersebut, Anda pun akan siap mendapatkan mobil baru berupa Avanza modif. Selamat berkreasi!

Leave a Comment