5 Poin Penting yang Harus Diingat saat Belajar Bahasa Sunda

Jangan lupakan lima poin penting berikut jika kamu sedang berusaha untuk belajar bahasa Sunda!

Bahasa Sunda adalah bahasa yang kaya. Bahasa daerah yang digunakan oleh sebagian besar masyarakat di Provinsi Jawa Barat ini memiliki ragam bahasa yang bervariasi, mulai dari undak-usuk basa hingga dialek kedaerahan yang berbeda. Jika kamu tertarik untuk belajar bahasa Sunda, jangan lewatkan lima poin penting berikut ini.

Undak-Usuk Basa

Undak-Usuk Basa
pixabay.com

Salah satu keunikan dari bahasa Sunda adalah hadirnya undak-usuk basa, yakni tingkatan berbahasa dan pemilihan kosakata yang disesuaikan dengan keakraban dan rasa hormat pada orang yang diajak bicara. Terdapat tiga tingkatan dalam undak-usuk basa, yakni basa lemes untuk orang yang dihormati, basa loma untuk teman sebaya yang sudah akrab, serta basa kasar yang biasanya ditujukan untuk hewan.

Berikut adalah beberapa contoh dalam undak-usuk basa Sunda.

Bahasa Indonesia Basa Lemes Basa Loma Basa Kasar
Saya Abdi/Simkuring Urang Aing
Kamu Anjeun/Salira Didinya Maneh
Makan Tuang Dahar Nyatu
Pergi Angkat Indit Indit
Pulang Mulih Uih Balik
Meninggal Ngantunkeun Maot Paèh

Kata Sapaan yang Tepat

Kata Sapaan yang Tepat
pixabay.com

Bahasa Sunda memiliki sejumlah kata sapaan yang ditujukan untuk orang-orang tertentu. Kata sapaan tersebut awalnya berasal dari sebutan untuk anggota keluarga atau saudara. Namun, beberapa kata sapaan juga digunakan dalam konteks yang lebih luas untuk orang-orang yang tidak memiliki hubungan darah.

Dua sapaan bahasa Sunda populer adalah “Aa” dan “Teteh” yang setara dengan “Mas” dan “Mbak” dalam bahasa Jawa atau Indonesia. Beberapa kata sapaan lain yang sering digunakan adalah Abah/Ema untuk bapak dan ibu atau orang yang dituakan, Amang/Bibi untuk menyapa orang yang lebih muda dari orang tua kita, serta Akang yang setara dengan Aa, tetapi digunakan untuk orang yang lebih dihormati.

Pelafalan Aksara è, e, dan eu

Pelafalan Aksara è, e, dan eu
pixabay.com

Bahasa Sunda memiliki hurup vokal yang lebih banyak dari bahasa Indonesia, yakni dengan tambahan “è” pèpèt yang diucapkan seperti menyebut kata ‘pena’ dan fonem “eu” yang dilafalkan dalam kata “peuyeum”. Sementara itu, huruf vokal “e” tanpa embel-embel apa pun diucapkan seperti menyebut kata ‘pedang’.

Perbedaan lafal ketiga aksara tersebut cukup menyulitkan bagi pembelajar bahasa Sunda. Namun, kamu bisa mengingatnya dengan melafalkan satu kata: “bèntenkeun” yang berarti “bedakan”. Kata tersebut sudah mengandung ketiga jenis aksara è, e, dan eu.

Kata Salam saat Bertemu dan Berpisah

Kata Salam saat Bertemu dan Berpisah
pixabay.com

Seperti halnya bahasa Inggris yang memiliki istilah Greeting dan Parting, bahasa Sunda juga memiliki kata salam khusus yang digunakan saat bertemu maupun berpisah dengan orang lain.

Meski sudah jarang digunakan dalam konteks sehari-hari, kata salam yang pantas dalam bahasa Sunda adalah sampurasun yang dijawab dengan rampes. Selain itu, bahasa Sunda juga memiliki sapaan yang disesuaikan dengan waktu, seperti wilujeng enjing (selamat pagi), wilujeng siang (selamat siang), wilujeng sonten (selamat sore), dan wilujeng wengi (selamat malam).

Saat menyapa teman—terutama yang sudah lama tidak bertemu, kamu bisa memulai sapaan dengan kalimat “Kumaha damang?” yang bermakna menanyakan kabar. Kata yang digunakan untuk menjawabnya adalah saè atau pangestu. Sementara itu, untuk sapaan berpisah, kalimat yang paling umum digunakan adalah “Mangga, tipayun” yang bermakna mohon pamit secara sopan.

 Kosakata Umum untuk Sehari-hari

 Kosakata Umum untuk Sehari-hari
pixabay.com

Terakhir, tetapi tidak kalah penting, jangan lewatkan sederet kosakata umum bahasa Sunda yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Berikut adalah beberapa di antaranya.

Kosakata Umum dalam bahasa Sunda
terima kasih nuhun/hatur nuhun
sama-sama sami-sami/sawangsulna
maaf

hapunten (bahasa lemes)

hampura (bahasa loma)

permisi punten
bagaimana kumaha
apa naon
kapan iraha
ke mana ka mana
Mengapa naha
siapa saha
Iya muhun
tidak henteu

Itulah beberapa hal penting yang harus selalu diingat saat kamu sedang belajar bahasa Sunda. Selamat belajar!

Leave a Comment