Syarat, Prosedur, dan Biaya Balik Nama Mobil

Pahami syarat, prosedur, dan estimasi biaya balik nama mobil sebelum berkunjung ke Samsat.

Salah satu bentuk kewajiban seorang warga negara yang memiliki kendaraan adalah turut membayar pajak yang telah ditetapkan. Hal ini berlaku baik jika Anda membeli mobil baru maupun mobil bekas.

Namun bila Anda bukanlah pemilik pertama mobil yang saat ini dimiliki alias membeli mobil bekas, maka ada satu hal yang perlu diperhatikan. Syarat untuk dapat melakukan pembayaran pajak adalah adanya kesesuaian antara identitas yang tertuang dalam BPKB, STNK, dan KTP. Artinya, jika surat-surat kendaraan yang dipunyai masih atas nama orang lain, Anda harus meminjam KTP orang tersebut setiap akan melakukan pembayaran pajak.

Sebagai solusinya, Anda perlu melakukan proses balik nama. Dengan demikian, Anda tak perlu mengeluarkan lebih banyak usaha yang tidak efisien setiap akan membayar pajak kendaraan setiap tahunnya.

Prosedur Balik Nama Mobil

Prosedur Balik Nama Mobil
cintamobil

Tak hanya menyiapkan biaya balik nama mobil, ada baiknya Anda juga memahami terlebih dahulu apa saja dokumen yang perlu dipersiapkan berikut prosedur yang nantinya akan dilakukan.

Menyiapkan Dokumen yang Dibutuhkan

Agar tak bolak-balik sehingga menghabiskan banyak waktu dan tenaga, persiapkan dengan baik seluruh dokumen yang dibutuhkan sebelum mendatangi kantor Samsat. Adapun beberapa dokumen yang diperlukan adalah sebagai berikut.

  1. KTP asli dan salinan (fotokopi) pemilik mobil baru.
  2. BPKB mobil asli dan salinan (fotokopi).
  3. STNK mobil asli dan salinan (fotokopi).
  4. Kuitansi asli jual beli mobil bermaterai Rp6.000,00 yang telah ditandatangani dan salinan (fotokopi).
  5. Hasil cek mobil (ini baru akan didapatkan setelah dilakukan pengecekan oleh petugas di kantor Samsat).

Sebagai saran, gunakan map khusus untuk menyimpan dokumen-dokumen penting di atas. Hal ini untuk mengurangi risiko tercecernya dokumen.

Mendatangi Kantor Samsat

Mendatangi Kantor Samsat
sulteng terkini

Langkah selanjutnya adalah dengan mendatangi kantor Samsat. Anda tidak harus membuat perjanjian terlebih dahulu, tetapi ada baiknya mengamati jadwal dan pola. Seperti misal, kantor Samsat Anda beroperasional mulai hari Senin hingga Sabtu, tetapi dengan panjang jam operasional yang berbeda. Selain itu, memilih timing yang pas juga akan menghindarkan Anda dari menunggu terlalu lama sehingga banyak waktu produktif yang terbuang.

Saat datang ke tempat ini, pastikan Anda juga membawa mobil yang akan diproses. Pasalnya setelah sampai di lokasi Anda akan diminta untuk langsung menuju lokasi cek fisik mobil. Mengenai titik persis pengecekannya akan diarahkan langsung dengan jelas oleh petugas sehingga Anda tak perlu bingung.

Melakukan Pengecekan Fisik Mobil

Melakukan Pengecekan Fisik Mobil
Seva.id

Seperti namanya, tahapan ini memang difungsikan untuk melakukan pengecekan fisik mobil yang telah Anda beli. Anda perlu turut mendampingi petugas selama pengecekan. Adapun beberapa contoh pengecekan yang dimaksud antara lain memeriksa nomor rangka dan nomor mesin mobil yang dilakukan dengan cara menggosokkan stiker.

Mengisi dan Menyerahkan Formulir

Mengisi dan Menyerahkan Formulir
Klikpajak

Setelah selesai melakukan pengecekan fisik, petugas akan memberikan Anda sebuah formulir. Isilah data-data tersebut dengan lengkap dan sesuai dengan informasi yang tertera pada STNK mobil Anda.

Usai mengisi, serahkan berkas formulir tersebut beserta STNK asli kepada petugas loket. Tunggulah beberapa saat hingga petugas memanggil nama sesuai dengan yang tertera pada STNK tersebut (nama pemilik lama).

Mengumpulkan Berkas Lainnya

Mengumpulkan Berkas Lainnya
motorplus.online.com

Setelah dipanggil, Anda juga akan diminta untuk mengumpulkan beberapa berkas lainnya seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Pengumpulan ini dilakukan di gedung utama Samsat. Anda hanya perlu menunggu beberapa saat selagi petugas melakukan proses verifikasi dan penggantian nama. Kali berikutnya, petugas akan memanggil nama Anda sebagai pemilik baru untuk mengembalikan berkas.

Menuju Loket Khusus

Setelah kembali mendapatkan berkas, Anda harus kembali menyerahkannya ke loket khusus. Tanyakan saja pada petugas loket mana yang dimaksud. Di loket ini, Anda juga akan memperoleh lampiran tagihan yang harus diselesaikan sebagai syarat penyelesaian proses balik nama mobil.

Membayar Tagihan

Membayar Tagihan
Easycryptoinfo

Anda harus melunasi biaya balik nama mobil dengan nominal yang tertera pada lembar tagihan tersebut. Perlu diingat, jika Anda juga belum membayar pajak, maka Anda akan diminta untuk menyelesaikan pula tanggungan pajak tersebut. Bila semua biaya telah diselesaikan, maka Anda akan mendapatkan cap lunas beserta tanda terima dari berkas-berkas yang dikumpulkan. Anda pun akan memperoleh STNK asli dengan nama yang baru.

Membuat BPKB Baru

Membuat BPKB Baru
cintamobil

Kepentingan Anda di kantor Samsat berhenti setelah mendapat tanda lunas dan STNK dengan nama baru. Namun, Anda juga masih perlu untuk pergi ke Polda setempat guna membuat BPKB baru.

Biaya Balik Nama Mobil

Biaya Balik Nama Mobil
tabungwakaf,com

Besarnya biaya balik nama mobil di setiap daerah boleh jadi berbeda sesuai kebijakan setempat. Adapun komponen biaya ini terdiri atas biaya pajak (biaya-biaya yang tetera di STNK) dan biaya luar pajak.

Biaya Pajak

Biaya Pajak
caragadai.com
  • PKB

Pajak Kendaraan Bermotor alias PKB dapat Anda lihat langsung di STNK mobil. Besarnya biaya ini tidak akan berubah naik, tetapi justru lebih mungkin untuk menurun karena dipengaruhi oleh faktor usia mobil. Tentunya hal ini berbeda jika Anda terkena pajak progresif.

  • BBN KB

Biaya Balik Nama Kendaraan Bermotor nilainya bergantung pada besarnya nilai PKB Anda. Adapun untuk di Jakarta misalnya, hitungannya adalah 1% x PKB.

  • SWDKLLJ

Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu lintas Jalan ini dikenakan untuk seluruh jenis mobil penumpang yang bukan angkutan umum. Besarnya SWDKLLJ adalah Rp143.000,00.

  • Biaya Administrasi STNK dan TNKB

Besarnya kedua biaya ini juga ditentukan oleh pemerintah dan berbeda antara kendaraan roda empat dan roda dua.

Biaya Luar Pajak

Biaya Luar Pajak
jateng.idntimes.com

Biaya luar pajak mencakup biaya-biaya yang tidak tertera di STNK seperti pendaftaran balik nama STNK, pendaftaran balik nama BPKB, pengesahan hasil cek fisik kendaraan, dan sebagainya.

Mengingat adanya kebijakan di masing-masing daerah dan beberapa faktor lain, tentu biaya balik nama mobil di satu tempat dan tempat yang lain berbeda. Setidaknya, rerata siapkan nominal sekitar 5 juta rupiah. Bila ingin lebih aman, kumpulkan informasi akurat mengenai rincian biaya pasti di daerah Anda.

Selain itu, hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah denda. Bila pemilik sebelumnya tidak melunasi pajaknya, maka Anda harus melunasi denda akibat kelalaian tersebut. Karena itu, ada baiknya sedari awal Anda benar-benar sudah memahami betul kondisi baik secara fisik maupun administrasi mobil bekas yang akan dibeli.

Mengurus proses balik nama mobil sebenarnya tidak terlalu repot, tetapi ada banyak hal yang perlu dipersiapkan. Selain itu, karena tahapannya cukup banyak, ada baiknya Anda benar-benar meluangkan waktu khusus untuk menyelesaikannya. Dengan demikian, fokus Anda tidak akan terpecah.

Bila ini akan menjadi kali pertama Anda untuk mengurus pembalikan nama kendaraan pun, tak perlu khawatir. Jangan ragu untuk bertanya kepada petugas bila ada hal-hal yang dirasa kurang jelas.

Nah, demikianlah informasi seputar syarat, prosedur, dan biaya balik nama mobil bekas. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment