Gambar Sepeda dan Seluk-Beluk Sepeda yang Wajib Anda Tahu!

Saat melihat gambar sepeda, apakah Anda bisa langsung mengambil keputusan untuk membeli? Ada berbagai macam jenis sepeda yang perlu Anda ketahui terlebih dulu.

Apakah Anda memiliki sepeda? Sepeda merupakan salah satu alat transportasi yang tidak menggunakan motor, berbeda dengan sepeda motor maupun mobil. Untuk menggerakkan sepeda, Anda perlu mengeluarkan tenaga yaitu dengan mengayuh pedalnya. Semakin cepat intensitas kayuhan, sepeda akan melaju semakin cepat. Kecepatan kayuhan sangat erat kaitannya dengan tenaga atau energi yang ada.

Ada banyak gambar sepeda masa kini yang menarik perhatian. Fiturnya pun semakin lengkap sehingga membuat pengendara sepeda semakin nyaman. Bagi Anda yang hobi bersepeda, mengetahui perkembangan kendaraan ini dari zaman ke zaman tentu akan sangat menarik.

Alasan Memilih Sepeda

Alasan Memilih Sepeda
pixabay.com

Sebagian orang mungkin menganggap bahwa sepeda bukanlah kendaraan yang praktis karena lambat saat dikendarai. Namun, ada pula yang lebih memilih sepeda untuk bepergian karena beberapa alasan berikut:

  • Lebih hemat

Alasan utama mengendarai sepeda adalah lebih hemat karena tidak membutuhkan bahan bakar. Berbeda dengan motor atau mobil yang membutuhkan bahan bakar supaya bisa bergerak, sepeda hanya membutuhkan tenaga manusia. Ini berarti, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi untuk bepergian dari satu tempat ke tempat lain.

  • Lebih murah

Harga sepeda dengan model standar tentu sangat jauh berbeda dengan harga motor. Bagi yang tidak memiliki uang cash untuk membeli motor, sepeda adalah pilihan terbaik. Ini juga berarti bahwa Anda tidak perlu mengambil kredit demi membeli motor idaman. Dengan uang seadanya yang dimiliki, Anda sudah bisa membawa pulang sebuah sepeda biasa.

  • Lebih ramah lingkungan

Kondisi bumi semakin lama semakin rusak, apalagi jika tidak dijaga. Karena itu, berbagai cara dilakukan supaya bumi tidak semakin tercemar. Salah satunya adalah mengurangi penggunaan kendaraan bermotor yang menghasilkan asap. Sepeda dalam hal ini adalah solusi yang sangat tepat. Sepeda memang sama sekali tidak menghasilkan asap kendaraan.

  • Lebih sehat

Beraktivitas dengan sepeda adalah salah satu cara untuk membakar kalori. Hal ini bisa Anda lakukan saat berangkat kerja atau pulang kerja. Jadi, keuntungan lain menggunakan sepeda sebagai kendaraan sehari-hari adalah memiliki tubuh yang sehat. Bagi Anda yang peduli dengan isu kesehatan, aktivitas bersepeda bisa menjadi opsi yang menarik.

Meskipun memiliki sejumlah keuntungan, ada pula beberapa kelemahan menggunakan sepeda. Pertama, tidak memiliki ruang yang banyak. Satu sepeda idealnya untuk kendaraan satu orang. Sepeda juga tidak bisa menempuh jarak yang jauh. Sepeda tidak praktis digunakan jika Anda harus membawa banyak barang dalam perjalanan.

Jenis-Jenis Sepeda

Jenis-Jenis Sepeda
pixabay.com

Lalu, apa saja jenis-jenis sepeda yang bisa Anda pertimbangkan sebagai kendaraan pribadi? Simak beberapa di antaranya berdasarkan gambar sepeda.

  • Sepeda Gunung

Sepeda gunung adalah sepeda yang umum digunakan untuk menempuh medan yang berat. Istilah untuk menyebut sepeda gunung adalah all terrain bike (ATB) atau mountain bike (MTB). Sepeda gunung pertama kali dikenal pada 1970. Sepeda ini digunakan oleh pesepeda di perbukitan San Franscisco. Menariknya, sepeda ini pernah dinaiki hingga puncak Gunung Kilimanjaro.

Ciri-ciri sepeda gunung adalah ringan, memiliki kerangka dari baja dan aluminium. Ada pula yang terbuat dari komposit serat karbon. Sepeda gunung juga memiliki shock breaker atau peredam guncangan. Hal ini karena sepeda gunung biasanya melewati tanjakan atau turunan yang rentan mengalami guncangan.

Ban sepeda gunung juga berbeda dengan ban biasa. Ban ini didesain untuk dapat mencengkeram tanah dengan lebih baik. Selain itu, sepeda ini juga memiliki 18-30 gear yang membuat kecepatan sepeda berbeda-beda. Hal ini berfungsi untuk menambah kenyamanan pesepeda.

  • Sepeda Lipat

Selanjutnya, ada pula yang disebut sepeda lipat. Ini adalah sepeda yang unik karena dapat dilihat. Hal ini dimungkinkan dengan keberadaan engsel pada rangka sepeda. Alasan melipat sepeda adalah untuk kepraktisan. Jika harus menyimpan sepeda, misalnya, akan lebih praktis dan ringkas jika telah dilipat. Hal ini sangat berguna jika Anda bepergian dengan sepeda dan selanjutnya memilih transportasi umum.

Sepeda lipat menjadi pilihan bagi para pesepeda yang ingin tetap bersepeda tetapi harus menempuh jarak yang jauh. Dengan memanfaatkan transportasi umum, jarak tempuh dapat dipangkas. Sementara itu, untuk rute-rute pendek, pesepeda dapat menggunakan kembali sepedanya.

Gambar sepeda lipat terlihat sangat unik. Tidak seperti sepeda pada umumnya, kedua rodanya akan tampak bertumpuk. Dengan demikian, Anda pun akan dengan mudah membawanya. Ukuran sepeda lipat cukup kecil, antara lain 16-20 inci hingga 24 inci.

  • Sepeda Balap

Jika Anda menyukai olahraga bersepeda, cobalah balap sepeda. Sepeda balap memiliki bentuk yang cukup berbeda dengan sepeda pada umumnya. Hal ini untuk memastikan pesepeda dapat meraih kecepatan optimal saat sedang mengayuh sepeda.

Balap sepeda merupakan olahraga yang menarik bagi sebagian orang. Di Indonesia sendiri, event balap sepeda cukup sering diadakan, bahkan hingga diikuti oleh peserta dari berbagai negara. Anda tentu harus memiliki sepeda balap khusus jika ingin serius di bidang olahraga ini.

  • Sepeda Anak

Selain untuk orang dewasa, ada pula sepeda untuk anak-anak. Model sepeda anak bermacam-macam. Pada umumnya, ada 2 kategori sepeda anak, yaitu sepeda biasa dan sepeda roda tiga. Sepeda biasa ditujukan khusus untuk anak-anak. Ukurannya tentu lebih kecil dibandingkan sepeda dewasa. Namun, seluruh fiturnya sama dengan sepeda dewasa.

Sementara itu, sepeda roda tiga adalah jenis sepeda yang memiliki roda penopang di bagian belakang. Dengan keberadaan roda tersebut, sepeda tetap seimbang dan berdiri tegak. Sepeda ini ditujukan bagi anak-anak yang belum bisa mengendalikan keseimbangan saat sedang bersepeda. Saat anak dianggap telah siap, roda pendukung ini bisa dilepas dan anak bisa belajar mengendarai sepeda seperti biasa.

  • Sepeda Listrik

Dari gambar sepeda yang menunjukkan sepeda listrik, kendaraan ini mirip dengan sepeda motor. Sepeda listrik memang bisa digunakan seperti sepeda motor apabila dayanya tersedia. Sepeda listrik memiliki pedal seperti sepeda pada umumnya. Namun, sepeda ini juga dilengkapi dengan baterai isi ulang untuk menambah tenaga motor listrik.

Sepeda listrik biasanya ditujukan untuk orang-orang yang ingin bersepeda, tetapi memiliki keterbatasan fisik. Jadi, saat tidak bisa mengayuh, sepeda bisa digerakkan oleh motor listrik. Para lansia biasanya memilih sepeda listrik untuk menyeimbangkan aktivitas fisik. Selain itu, laju sepeda listrik juga tidak terlalu cepat sehingga lebih aman.

Tips Memilih Sepeda

tips memilih sepeda
pixabay.com

Apakah Anda pernah tertarik untuk membeli sebuah sepeda hanya karena melihat gambar sepeda tersebut? Sebaiknya, jangan terburu-buru untuk memutuskan sepeda yang akan dibeli tanpa memperhatikan fitur-fitur yang tersedia. Pastikan terlebih dahulu faktor kenyamanan saat bersepeda sehingga Anda tidak menyesal membelinya.

Dari segi harga, ada sepeda yang sangat mahal. Hal ini tentu dibarengi dengan keasyikan selama menggunakan kendaraan ini. Namun, membeli sepeda biasa juga sebenarnya sudah cukup. Asalkan semua komponennya berkualitas, aktivitas bersepeda tetap menyenangkan. Nah, selamat melatih fisik dengan bersepeda!

Leave a Comment