Dalam situasi yang masih belum lepas dari pandemic sepenuhnya ini, kita masih harus memperhatikan beberapa hal dalam menjamu tamu dan menggelar acara di rumah.

Tips Halal Bihalal Aman di Rumah Sesuai Protokol

472 View

Halal bihalal pada lebaran tahun 2022 akan semakin ramai karena kita sudah bisa mudik ke kampung halaman tercinta. Tentunya dengan mematuhi aturan yang ada, seperti sudah vaksin dan booster.

Momen lebaran ini tidak jauh-jauh dari tradisi maaf-maafan dalam keluarga yang biasa disebut sungkeman. Tradisi lainnya yaitu halal bihalal. Halal bihalal ngapain aja yaitu maaf-maafan dengan sanak saudara jauh maupun tetangga dan teman-teman lama di kampung.

Biasanya halal bihalal kita lakukan di rumah yang dituakan atau saudara tertua. Tidak jarang juga digelar di rumah nenek kakek kita. Selain itu juga halal bihalal di sekolah juga sering digelar saat masuk sekolah setelah libur lebaran.

Tips Mengatur Ruangan saat Menggelar Halal Bihalal

Dalam situasi yang masih belum lepas dari pandemic sepenuhnya ini, kita masih harus memperhatikan beberapa hal dalam menjamu tamu dan menggelar acara di rumah. 

Berikut adalah beberapa tips dalam mempersiapkan acara di rumah:

  • Atur Tempat dengan Baik

Pastikan Anda memiliki kursi yang cukup untuk memastikan Agenda Halal bihalal berjalan lancar di rumah

Menghitung berapa banyak jumlah orang yang menghadiri acara menjadi hal utama yang mempermudah mengatur tempat dengan benar. 

Ingatlah untuk menghitung jumlah anak yang tamu bawa, karena anak-anak harus diberikan arena bermain dan aktivitas khusus. 

Anda perlu mempertimbangkan ruang makan. Kemudian tentukan subjeknya, apakah lesehan, duduk atau kombinasi duduk dan lesehan.

Harap siapkan juga alas lantai dan sofa. Kebanyakan orang muda masih duduk dengan  nyaman  di atas karpet, tetapi tamu yang lebih tua sebaiknya duduk di sofa.  

Untuk ruang tambahan, buka pintu dan jendela untuk menyiapkan teras rumah. Selain itu, siapkan alas duduk dan bantal untuk menciptakan suasana yang lebih nyaman.  

Artikel Menarik:  Perkembangan Alat Musik Kolintang di Masa Kini

Pastikan Anda memiliki kursi yang cukup untuk memastikan Agenda Halal bihalal berjalan lancar di rumah. Dengan jumlah kursi yang tepat, setiap orang dapat duduk nyaman dan menikmati makanan yang Anda sajikan. Tentu saja, jarak tempat duduk  diatur paling tidak minimal 1 meter.  

  • Mendekorasi Lokasi Acara

Dengan beberapa renovasi, rumah Anda siap menjadi tempat Halal bihalal yang nyaman dan menyenangkan untuk semua tamu undangan. 

Penyelesaian masalah tersebut meliputi penambahan dekorasi ruang yang akan Anda jadikan lokasi Halal Bihalal

Pendekorasian itu bisa dilakukan dengan mudah. Cukup letakkan bunga hias dalam vas kaca dan letakkan di meja makan dan ruang tamu. Jenis bunga bisa Anda sesuaikan dengan tema dekorasi.

Meski terlihat sederhana, Anda bisa menambah kehangatan suasana dengan mendekorasi bunga hias di ruang keluarga. 

Selama acara, jangan lupa untuk memasang lampu hias di rumah Anda untuk menciptakan suasana cerah di sekitar meja makan Anda. 

Jika Anda tidak bisa menambah jumlah lampu, Anda bisa menggantinya dengan lilin dan lampion unik yang ada di pasaran. Selain diletakkan di tengah meja, lampu tambahan ini bisa diletakkan di sudut ruangan atau digantung di ketinggian yang rendah.

  • Menyiapkan Makanan 

Hidangan spesial Hari Raya Idul Fitri biasanya meliputi rendang, opor ayam, ketupat lengkap menggunakan sayurnya, dan kuliner spesial untuk halal bihalal berasal

Hidangan spesial Hari Raya Idul Fitri biasanya meliputi rendang, opor ayam, ketupat lengkap menggunakan sayurnya, dan kuliner spesial untuk halal bihalal berasal dari daerah kampung halaman lainnya. Untuk itu kuliner menjadi unsur primer rencana halal bihalal.

Siapkan juga makanan ringan berupa kudapan manis nastar, kastengel, puding, dan jenis desert lainnya menjadi pencuci mulut. 

Apabila ingin lebih simpel terutama pada momen pandemi misalnya seperti saat ini, Anda dapat memakai alat-alat makan & minum sekali pakai. Misalnya gelas plastik atau piring kertas. 

Artikel Menarik:  Bumbu Ikan Bakar yang Lezat dan Bikin Lidah Bergoyang

Kendati demikian, untuk penyajian makanan panas atau hangat usahakan untuk menyiapkan wadah kaca. Sesuaikan pula hidangan bagi anak-anak agar tetap nyaman untuk disantap. 

Tips Mengadakan Acara Halal Bihalal yang Aman di Rumah Selama Pandemi 

Menurut penjelasan dari covid19.go.id, laju penularan virus COVID-19 pada strata Rukun Tetangga (RT) terus memperlihatkan tingkat perbaikan. Hal ini terlihat menggunakan jumlah zona hijau yang semakin tinggi dan persentasenya mencapai 97%. 

Pencapaian ini tidak terlepas dari pelaksanaan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat taraf desa & kelurahan (PPKM Mikro) yang kita jalani untuk melakukan penanganan COVID-19 pada strata terkecil. 

Oleh karenanya, mempertimbangkan syarat yang ada, jika Anda sanggup mengadakan halal bihalal pada tempat tinggal Anda, maka perlu menggunakan dan  memastikan protokol kesehatan yang ketat yakni menjaga 5M. 

Apa saja 5M tersebut? Penjelasannya adalah sebagai berikut.

  • Tertib Memakai Masker 

Apabila Anda mengadakan halal bihalal pada tempat tinggal Anda, ingatlah untuk selalu menjaga jarak antara satu sama lain.

Pastikan Anda dan famili Anda selaku tuan rumah yang menggelar acara untuk terus memberi contoh dengan tertib menggunakan masker. 

Begitu pula pada tamu yang hadir untuk halal bihalal, jaga supaya mereka terus memakai masker.

Jika memungkinkan, Anda juga bisa menyediakan masker gratis yang bisa tamu gunakan. 

  • Mencuci Tangan 

Sediakan area cuci tangan pada teras depan tempat tinggal Anda dan sediakan sabun beserta tisu pembasuh tangan agar cepat kering.

Kemudian minta supaya tamu yang hadir untuk mencuci tangan terlebih dulu sebelum masuk ke dalam tempat halal bihalal. Lakukan cuci tangan memakai air mengalir beserta sabun secara berkala. 

Jika tidak ada tempat cuci tangan maka dapat menyediakan hand sanitizer pada beberapa sudut rumah. Misal di dekat pintu masuk, di meja tamu, di meja makan atau lainnya.

  • Menjaga Jarak atau Social Distancing

Apabila Anda mengadakan halal bihalal pada tempat tinggal Anda, ingatlah untuk selalu menjaga jarak antara satu sama lain. 

Artikel Menarik:  Ingin Memiliki Avanza Modif, Ini Hal Yang Perlu Dilakukan

Jarak yang baik merupakan satu sampai dua meter dari jarak orang kurang lebih di sekitar Anda.

Dengan menjaga jarak akan meminimalkan kontak antar orang yang dating sehingga tetap aman.

  • Menjauhi Kerumunan 

Sebisa mungkin untuk menjauhi kerumunan atau membuat kerumunan terpusat sehingga tidak ada jarak.

Sebisa mungkin untuk menjauhi kerumunan atau membuat kerumunan terpusat sehingga tidak ada jarak. 

Ingat, dengan semakin berkerumun dan tak berjarak, Anda akan berdekatan dengan orang lainnya. Bahkan terjadi kontak fisik yang meningkatkan kemungkinan terinfeksi corona menjadi semakin tinggi.

  • Mengurangi Mobilitas

Apabila tidak terdapat keperluan yang mendesak, tetaplah berada pada tempat tinggal Anda. 

Meski Anda dalam keadaan sehat dan tidak terdapat tanda-tanda penyakit, belum tentu Anda pergi ke tempat lainnya dengan keadaan dan kondisi tubuh yang masih sama.

Jika Anda menghadiri acara Halal Bihalal usahakan untuk tetap duduk atau berada di tempat Anda dan tidak berjalan-jalan berkeliling sehingga. Dengan mengurangi mobilitas maka tingkat resiko pencemaran virus akan lebih rendah.

Memang perlu komitmen dan kepatuhan yang disiplin agar pandemic ini segera usai. Maka dari itu tetap patuhi segala protocol kesehatan yang berlaku agar tetap aman dan terjaga.

Jika sekiranya Anda masih belum bisa menyelenggarakan halal bihalal secara offline seperti di rumah sendiri maupun menghadiri acara di rumah orang lain, maka Anda masih bisa melakukan halal bihalal online sebagaimana yang kita lakukan beberapa waktu terakhir ini.