kerajaan tarumanegara
freepik.com

Kerajaan Tarumanegara: Sejarah dan Peninggalannya

Posted on

Kerajaan Tarumanegara adalah sebuah kerajaan yang berdiri di wilayah barat Pulau Jawa pada abad ke-4 hingga abad ke-7 Masehi. Kerajaan ini dikenal sebagai kerajaan Hindu-Buddha pertama di Indonesia. Nama “Tarumanegara” berasal dari nama sungai di wilayah tersebut yang dikenal sebagai “Tarum” dan kata “negara” yang berarti kerajaan.

Sejarah Kerajaan Tarumanegara

Kerajaan Tarumanegara didirikan oleh Maharaja Wisnu pada sekitar tahun 358 Masehi. Pada masa itu, wilayah Tarumanegara diperintah oleh seorang raja bernama Sang Hyang Tunggal. Setelah Sang Hyang Tunggal mangkat, kekuasaan di wilayah itu berpindah ke tangan Maharaja Wisnu.

Peninggalan Sejarah Kerajaan Tarumanegara

Kerajaan Tarumanegara meninggalkan banyak peninggalan sejarah yang masih dapat ditemukan hingga kini. Salah satu peninggalan yang terkenal adalah Candi Batujaya yang terletak di Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Candi ini diperkirakan dibangun pada abad ke-5 Masehi dan merupakan salah satu peninggalan sejarah terpenting dari Kerajaan Tarumanegara.

Pemerintahan Kerajaan Tarumanegara

Kerajaan Tarumanegara pada awalnya diperintah oleh seorang raja yang dianggap sebagai keturunan dewa. Namun, pada masa pemerintahan Raja Purnawarman, sistem pemerintahan berubah menjadi kerajaan yang diperintah oleh seorang raja yang dipilih oleh para pemimpin masyarakat.

Budaya dan Agama di Kerajaan Tarumanegara

Budaya dan agama Hindu-Buddha sangat kuat pada masa pemerintahan Kerajaan Tarumanegara. Hal ini terlihat dari peninggalan-peninggalan sejarah seperti Candi Batujaya dan batu prasasti yang ditemukan di sekitar wilayah kerajaan.

Artikel Menarik:  Makanan Khas Gorontalo: Nikmati Kuliner Sulawesi Utara

Ekonomi di Kerajaan Tarumanegara

Ekonomi di Kerajaan Tarumanegara didominasi oleh perdagangan dan pertanian. Wilayah Tarumanegara yang strategis di ujung barat Pulau Jawa menjadikan kerajaan ini sebagai pusat perdagangan yang penting pada masa itu. Pada masa pemerintahan Raja Purnawarman, kerajaan ini juga memiliki mata uang sendiri yang dikenal sebagai Gobog.

Pendidikan di Kerajaan Tarumanegara

Kerajaan Tarumanegara dikenal sebagai kerajaan yang peduli dengan pendidikan. Pada masa pemerintahan Raja Purnawarman, didirikanlah sebuah perguruan tinggi yang dikenal sebagai Perguruan Tinggi Tarumanegara. Perguruan tinggi ini kemudian menjadi salah satu pusat pendidikan yang terkemuka pada masa itu dan menawarkan program studi dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan agama.

Perdagangan di Kerajaan Tarumanegara

Perdagangan menjadi salah satu sektor ekonomi yang penting di Kerajaan Tarumanegara. Karena letaknya yang strategis di ujung barat Pulau Jawa, kerajaan ini menjadi pusat perdagangan penting pada masa itu. Kerajaan Tarumanegara menjalin hubungan dagang dengan kerajaan-kerajaan di Asia Tenggara, India, dan Tiongkok.

Peninggalan Sejarah Candi Batujaya

Candi Batujaya merupakan salah satu peninggalan sejarah yang paling terkenal dari Kerajaan Tarumanegara. Candi ini terletak di Kabupaten Karawang, Jawa Barat yang diperkirakan dibangun pada abad ke-5 Masehi dan merupakan salah satu situs arkeologi terpenting di Indonesia.

Batu Prasasti Tarumanegara

Selain Candi Batujaya, batu prasasti juga menjadi peninggalan sejarah yang penting dari Kerajaan Tarumanegara. Batu prasasti ini berisi catatan sejarah tentang pemerintahan Raja Purnawarman dan keberhasilannya dalam mempersatukan wilayah Tarumanegara.

Peninggalan Arkeologi Kerajaan Tarumanegara

Selain Candi Batujaya dan batu prasasti, masih banyak peninggalan arkeologi lain dari Kerajaan Tarumanegara yang dapat ditemukan di sekitar wilayah tersebut. Beberapa di antaranya adalah tembikar, benda-benda perunggu, dan perhiasan.

Artikel Menarik:  Oleh-Oleh Khas Cirebon: Kelezatan yang Menggoda Selera

Hubungan dengan Kerajaan Sriwijaya

Kerajaan Tarumanegara memiliki hubungan yang erat dengan Kerajaan Sriwijaya di Sumatra. Hubungan ini terjalin melalui jalur perdagangan yang menghubungkan kedua kerajaan. Kerajaan Sriwijaya juga memainkan peran penting dalam penyebaran agama Buddha di wilayah Tarumanegara.

Keruntuhan Kerajaan Tarumanegara

Kerajaan Tarumanegara mengalami keruntuhan pada abad ke-7 Masehi. Keruntuhan ini disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain serangan dari kerajaan-kerajaan lain, konflik internal, dan kerusakan lingkungan yang mengakibatkan berkurangnya hasil pertanian.

Peran Kerajaan Tarumanegara dalam Sejarah Indonesia

Meskipun hanya berdiri selama kurang lebih 3 abad, Kerajaan Tarumanegara memiliki peran penting dalam sejarah Indonesia. Kerajaan ini dikenal sebagai kerajaan Hindu-Buddha pertama di Indonesia dan meninggalkan banyak peninggalan sejarah yang masih dapat ditemukan hingga kini.

Kesimpulan

Kerajaan Tarumanegara merupakan kerajaan Hindu-Buddha yang berdiri di wilayah barat Pulau Jawa pada abad ke-4 hingga abad ke-7 Masehi. Kerajaan ini dikenal sebagai pusat perdagangan penting di Asia Tenggara dan memiliki hubungan yang erat dengan Kerajaan Sriwijaya di Sumatra. Candi Batujaya, batu prasasti, dan peninggalan arkeologi lainnya menjadi bukti keberadaan Kerajaan Tarumanegara yang masih dapat ditemukan hingga kini.