Yuk, Mengenal Kerangka Manusia Lebih Dekat!

Apa sih kerangka manusia itu? Ayo, pelajari seluruh bagian kerangka manusia dan fungsi tulang di sini!

Kerangka manusia merupakan pendukung fisik semua makhluk hidup. Rangka manusia dibentuk dari susunan tulang, baik tunggal maupun gabungan seperti tengkorak. Rangka ini ditunjang struktur lain, mulai dari ligamen, otot, tendon, hingga organ tubuh lainnya.

Secara umum, sistem rangka manusia dibedakan ke dalam tiga tipe, yakni tipe eksternal, tipe internal, dan tipe rangka hidrostatik (basis cairan). Meskipun demikian, sistem rangka hidrostatik seringkali dikelompokkan terpisah dari dua jenis lainnya karena tidak memiliki struktur penunjang.

Fungsi Tulang Manusia

Fungsi Tulang Manusia
pixabay.com

Rata-rata manusia yang telah beranjak dewasa memiliki ekitar dua ratus enam tulang. Namun, jumlah ini dapat berbeda antara individu yang satu dengan lainnya. Dengan adanya penopang tersebut, manusia bisa melakukan berbagai kegiatan, seperti melompat, berguling, duduk, dan berdiri.

Selain itu, tulang juga menyimpan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, seperti mineral, lipid, dan sel darah yang berperan vital dalam melindungi tubuh dari infeksi penyakit.

Lantas, apa saja fungsi tulang? Pada dasarnya, tulang manusia memiliki sejumlah fungsi yang sangat penting, di antaranya:

  • Memudahkan manusia berdiri dan duduk secara tegak.
  • Melindungi organ dalam atau organ vital dari benturan.
  • Penopang kerangka sehingga manusia memiliki bentuk tubuh.

Bagian Kerangka Manusia

Bagian Kerangka Manusia
pixabay.com

Kerangka manusia sendiri dikelompokkan ke dalam tiga bagian, yakni kerangka otak, tubuh, dan anggota badan. Bentuk dan ukuran dari bagian kerangka tidaklah sama. Masing-masing golongan memiliki susunan yang berbeda. Agar lebih jelas, simak uraian berikut ini.

  • Kerangka Otak
Kerangka Otak
identimes.com

Fungsi dari kerangka otak adalah untuk melindungi otak dan seluruh bagian yang terdapat di dalam kepala. Kerangka tengkorak memiliki dua jenis susunan, yakni kerangka bagian depan dan kerangka bagian belakang.

Pada bagian depan, kerangka tersusun dari satu tulang hidung, dua tulang air mata, satu tulang rahang atas dan rahang  bawah, dua tulang langit-langit, dua tulang pipi, dan satu tulang lidah.

Sementara di bagian belakang, kerangka tersusun dari beberapa bagian tulang tengkorak, yakni tulang tapis, tulang baji, tulang ubun-ubun, tulang pelipis, dan tulang dahi. Tulang dahi, tulang ubun-ubun, dan tengkorak belakang berfungsi sebagai penutup tulang tengkorak bagian depan, tengah dan belakang.

  • Kerangka Tubuh
Kerangka Tubuh
pixabay.com

Kerangka tubuh merupakan tulang yang terdapat di bagian badan. Kerangka tubuh tersusun dari tulang belakang, tulang dada, tulang rusuk, tulang panggul, dan tulang selangka. Masing-masing tulang ini tersusun dari beberapa tulang, di antaranya sebagai berikut.

  • Tulang belakang terdiri dari tiga puluh tiga ruas dengan tujuh ruas tulang leher, dua belas ruas tulang punggung, lima ruas tulang pinggang, lima ruas tulang kelangkang, dan empat tulang ekor.
  • Tulang rusuk yang menyatu dengan tulang dada dan tulang belakang berfungsi untuk melindungi paru-paru dan jantung. Komposisi tulang ini terbentuk dari 7 ruas tulang rusuk sejati, sepasang tulang rusuk pertama, tulang hulu dan badan, tulang rawan rusuk, tulang dada taju pedang, dua ruas tulang rusuk melayang, dan tiga ruas tulang rusuk palsu.
  • Tulang bagian terdiri dari tulang belikat dan selangka.
  • Tulang bagian terdiri dari tulang duduk, tulang kemaluan, dan tulang usus.
  • Kerangka Anggota Gerak
Kerangka Anggota Gerak
pixabay.com

Kerangka anggota gerak terbagi menjadi dua jenis, yakni:

  • Kerangka kaki
Kerangka kaki
duslyk.ru

Tulang ini terbentuk dari tulang paha, tulang usus, tulang tempurung, tulang kering dan betis, tulang pergelangan kaki, tulang telapak kaki, dan jemari kaki.

  • Kerangka Tangan
Kerangka Tangan
pixabay.com

Kerangka tangan terdiri dari tulang lengan atas, tulang pengumpil, tulang pergelangan tangan, tulang telapak tangan, tulang hasta, dan tulang jari tangan.

Demikianlah informasi mengenai kerangka manusia beserta penjelasan singkat yang perlu kamu ketahui.

Leave a Comment