Logo UKS: Sejarah dan Artinya

Apa sih arti Logo UKS? Yuk, pelajari sejarah dan arti logo Unit Kesehatan Siswa di sini!

Pernahkah kamu memperhatikan logo UKS? Sudahkah kamu mengetahui artinya? Namun, sebelum berlanjut ke pembahasan mengenai arti logo tersebut, kamu harus paham lebih dulu apa itu UKS.

UKS merupakan singkatan dari Usaha Kesehatan Sekolah yang berfungsi sebagai wadah untuk menjaga lingkungan di sekolah tetap sehat. UKS sendiri telah berdiri sejak tahun 1956melalui project pilot di Bekasi dan Jakarta yang bekerja sama dengan Departemen Kesehatan.

UKS tercatat sebagai salah satu program pemerintah yang tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan, melainkan juga meningkatkan pendidikan kesehatan di lingkungan sekolah, termasuk pembinaan lingkungan sekolah sehat dan kemampuan hidup sehat bagi warga sekolah.

Melalui program ini, diharapkan para siswa maupun pembina dapat mengembangkan potensi siswa didik dan menumbuhkan kesadaran pentingnya hidup sehat agar menjadi generasi penerus bangsa yang berkualitas.

Bentuk Fisik Logo UKS

Bentuk Fisik Logo UKS
Blog kesehatan

Logo UKS memiliki bentuk segitiga. Di dalam segitiga terdapat sebuah lingkaran yang bersinggungan langsung dengan garis segitiganya. Di dalam lingkaran terdapat tulisan UKS berwarna putih yang ditulis secara vertikal dan horizontal dengan huruf K sebagai pusatnya. Logo Unik Kesehatan Siswa ini berwarna hijau.

Gambar segitiga memiliki arti sebagai trias UKS, yaitu pembinaan lingkungan kehidupan sekolah sehat, pendidikan kesehatan, dan pelayanan kesehatan. Sementara lingkaran yang ada di bagian dalam memiliki arti sebagai kegotongroyongan dan keterpaduan dalam pelaksanaan program Usaha Kesehatan Sekolah.

Untuk tulisannya sendiri diartikan sebagai usaha kesinambungan ke seluruh tingkatan. Artinya, pembinaan UKS adalah usaha yang berkaitan dan tidak ada hentinya diberikan ke seluruh tingkatan jenis pendidikan baik dari TK hingga SMA.

Sejarah UKS

Sejarah UKS
pixabay.com

Sebagaimana yang sudah dijelaskan di atas, Unit Kesehatan Siswa lahir dari kerja sama antara Departemen Dalam Negeri dengan Dinas Pendidikan dan Departemen Kesehatan melalui proyek UKS perkotaan di Jakarta dan UKS pedesaan di Bekasi.

Lantas, bagaimana sejarah perkembangan UKS di Indonesia? Berikut uraian singkatnya.

  • Tahun 1970, selang lima belas tahun dari berdirinya UKS, dibentuklah panitia bersama antara Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dengan Departemen Kesehatan.
  • Tahun 1980 muncul keputusan bersama Menteri Kesehatan dan Menteri Pendidikan Kebudayaan yang mengatur mengenai pembentukan kelompok kerja UKS.
  • Tahun 1982, piagam kerjasama antara Direktur Jendral Pembinaan Kesehatan Masyarakat dan Direktur Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam Departemen Agama tentang pembinaan anak dan perguruan agama Islam ditandatangani.
  • Tahun1984, dikeluarkan Surat Keputusan Bersama atau yang saat ini lebih dikenal dengan nama SKB4 yang isinya mengenai pembinaan UKS secara terpadu. Surat tersebut merupakan surat keputusan yang berasal dari Menteri Dalam Negeri, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, dan Menteri Kesehatan.

Dari hal tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa UKS memberikan dampak yang positif bagi anak didik, generasi penerus bangsa. Oleh karena itu, pengembangan dan pembinaan UKS harus diaplikasikan ke seluruh sekolah di Indonesia.

Landasan Hukum UKS

Landasan Hukum UKS
slideplayer.info

Sebagai program yang dicetuskan oleh pemerintah, UKS memiliki landasan hukum. Adapun landasan hukum UKS Berdasarkan buku Panduan Pendidikan Dasar dan Terapan Trias UKS Kelompok Studi dan Ekstrakurikuler Jurnalisme Adiwiyata Bermitra, di antaranya:

  • Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 yang mengatur tentang Sistem Pendidikan Nasional
  • Surat Keputusan Bersama Mendiknas, Menkes, Menag, dan Mendagri Nomor: MA/230B/2003, Nomor: 2/P/SKB/2003, Nomor: 445-404 Tahun 2003 Tanggal 23 Juli 2003.
  • Undang-undang Nomor 36 Tahun 2009 yang mengatur tentang Kesehatan

Demikianlah informasi mengenai sejarah singkat logo UKS yang perlu kamu ketahui. Ayo, bagikan artikel ini pada temannu!

Leave a Comment