makanan khas ngawi
unsplash.com

Makanan Khas Ngawi: Menikmati Kuliner yang Lezat dan Autentik

Posted on

Ngawi adalah sebuah kota kecil yang terletak di ujung timur Provinsi Jawa Timur. Meski terbilang kecil, Ngawi memiliki kekayaan kuliner yang tidak kalah dengan kota-kota besar lainnya di Indonesia. Makanan khas Ngawi sangat lezat dan autentik, dan pastinya menjadi daya tarik bagi para wisatawan yang ingin mengeksplorasi kuliner Indonesia.

Nasi Jamblang

Jika berbicara tentang kuliner khas Ngawi, maka yang pertama kali terlintas di pikiran kita pasti adalah Nasi Jamblang.

Kuliner legendaris ini terbuat dari nasi putih yang disajikan dengan beragam lauk pauk, seperti ayam goreng, sate, tahu, tempe, dan lain sebagainya.

Nasi yang digunakan dalam sajiannya yaitu nasi yang diaduk dengan air daun jati, sehingga memberikan aroma yang khas dan nikmat.

Selain itu, lauk pauk yang disajikan juga menggunakan bahan-bahan segar dan rempah-rempah yang menghasilkan rasa yang lezat.

Bakso Rusuk

Selain Nasi Jamblang, Ngawi juga memiliki kuliner yang tidak kalah populer yaitu Bakso Rusuk.

Kuliner ini terbuat dari daging sapi cincang yang dicampur dengan tepung tapioka dan rempah-rempah yang kemudian dibentuk menjadi bola-bola kecil.

Kemudian, bakso direbus dan disajikan dengan kuah kaldu sapi yang gurih.

Nama “Bakso Rusuk” sendiri berasal dari cara penyajiannya yang menggunakan tulang rusuk sapi sebagai wadah untuk menyajikan bakso. Hal ini memberikan tampilan yang unik dan menarik bagi pengunjung.

Sate Ponorogo

Ngawi juga memiliki kuliner khas yang tak kalah terkenalnya dengan kota Ponorogo, yaitu Sate Ponorogo.

Kuliner ini terbuat dari daging ayam atau sapi yang dipotong-potong kecil dan ditusuk menggunakan bambu. Kemudian sate dibakar dan disajikan dengan bumbu kacang yang gurih dan sedap.

Artikel Menarik:  Kerajaan Galuh: Kisah Mistis di Tanah Sunda

Rawon Ngawi

Rawon merupakan makanan khas ngawi yang sajian kuahnya cukup terkenal di Jawa Timur.

Kuah Rawon tersebut dibuat dari campuran bahan-bahan seperti daging sapi, bumbu rempah, kacang tanah, dan keluwak yang berwarna hitam pada kuah.

Biasanya makanan ini disajikan dengan nasi putih, tauge, dan potongan daging sapi yang empuk. Anda juga bisa menambahkan sambal atau kerupuk sebagai pelengkapnya.

Soto Ngawi

Soto merupakan makanan khas Indonesia yang cukup populer di seluruh Indonesia. Ngawi juga memiliki varian Soto yang tidak kalah lezatnya.

Soto Ngawi terbuat dari kaldu ayam yang gurih, dengan tambahan bahan-bahan seperti mie, tauge, suwiran ayam, dan rempah-rempah yang memberikan rasa yang nikmat.

Biasanya disajikan dengan nasi putih dan kerupuk sebagai pelengkap. Anda juga bisa menambahkan sambal atau perasan jeruk nipis untuk memberikan rasa yang lebih segar.

Bakmi Jowo

Kuliner khas Jawa Timur yang terkenal di seluruh Indonesia yaitu Bakmi Jowo. Ngawi juga memiliki varian Bakmi Jowo yang tidak kalah lezatnya.

Bakmi ini terbuat dari mie kuning yang digoreng dan disajikan dengan kuah kaldu ayam atau sapi, dengan tambahan bahan-bahan seperti tauge, suwiran ayam atau sapi, dan rempah-rempah yang memberikan rasa yang maknyus.

Nasi Gandul

Nasi Gandul salah satu makanan khas Ngawi yang sangat terkenal. Makanan ini terbuat dari nasi yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah, dengan tambahan irisan daging sapi atau ayam, telur, dan sayur-sayuran.

Biasanya nasi ini disajikan dalam pincuk daun pisang, sehingga aroma daun pisang dapat memberikan rasa yang khas pada nasi tersebut. Anda juga bisa menambahkan sambal atau kerupuk sebagai pelengkap.

Artikel Menarik:  Jelajahi 10 Oleh-Oleh Khas Gresik yang Unik & Menggoda Rasa

Kesimpulan

Ngawi adalah kota kecil di Jawa Timur yang memiliki beragam kuliner khas yang lezat dan unik. Kuliner-kuliner tersebut mempunyai cita rasa yang khas dan berbeda dengan kuliner di daerah lain.

Selain kelezatan, makanan khas Ngawi juga memiliki nilai sejarah dan keunikan tersendiri. Jika Anda berkunjung ke Ngawi, jangan lewatkan untuk mencoba kuliner-kuliner tersebut.