makanan khas salatiga
freepik.com

Makanan Khas Salatiga: Nikmati Kelezatan Kuliner yang Unik

Posted on

Salatiga, sebuah kota kecil yang terletak di lereng Gunung Merbabu, tidak hanya terkenal dengan keindahan alamnya yang memesona, tetapi juga dengan kelezatan makanan khas nya.

Dengan berbagai pengaruh budaya Jawa, Tionghoa, dan Belanda, Salatiga menawarkan beragam kuliner tradisional yang menggugah selera.

Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa makanan khas Salatiga yang patut Anda coba ketika berkunjung ke kota ini.

Nasi Grombyang

Jika Anda mengunjungi Salatiga, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi Nasi Grombyang, makanan khas yang sangat terkenal di kota ini.

Nasi Grombyang terdiri dari nasi putih yang disajikan dengan berbagai macam lauk pauk, seperti ayam suwir, tahu goreng, tempe goreng, telur dadar, dan sambal khas Salatiga.

Keunikannya terletak pada penyajian yang menggunakan pincuk daun pisang sebagai wadahnya, sehingga memberikan aroma khas yang menyegarkan.

Tiwul

Salatiga juga terkenal dengan penganan khasnya yang bernama tiwul. Makanan ini terbuat dari singkong yang diolah menjadi tepung kasar.

Biasanya, disajikan dengan sambal atau sebagai pendamping dalam hidangan seperti gudeg.

Dengan tekstur yang kenyal dan rasanya yang gurih, tiwul menjadi hidangan yang mengenyangkan dan cocok untuk mengganjal perut di tengah perjalanan menjelajahi Salatiga.

Sate Blengong

Bagi pecinta daging kambing, Sate Blengong adalah hidangan yang wajib dicoba saat berkunjung ke Salatiga. Sate Blengong terbuat dari daging kambing yang dipotong kecil-kecil dan ditusuk menggunakan bambu.

Kemudian daging tersebut dibumbui dengan rempah-rempah khas dan dipanggang hingga matang. Biasanya disajikan dengan lontong dan sambal kacang yang lezat.

Artikel Menarik:  Mengenal Jenis-Jenis Alat Musik Tiup Tradisional¬†

Rasakan sensasi lezatnya daging kambing yang juicy dan cita rasa rempah yang menggugah selera.

Soto Salatiga

Soto Salatiga merupakan versi soto yang memiliki rasa khas Salatiga. Sup gurih ini terbuat dari daging ayam yang direbus dengan berbagai rempah-rempah seperti serai, daun jeruk, dan jahe.

Biasanya disajikan dengan irisan tahu, telur rebus, mi kuning, dan ditaburi bawang goreng serta daun seledri.

Dengan rasa kuah soto yang hangat, Soto ini menjadi salah satu hidangan yang cocok untuk dinikmati sebagai menu sarapan atau makan siang yang menghangatkan tubuh.

Bakpia Pathok

Jika Anda menginginkan camilan manis khas Salatiga, jangan lewatkan Bakpia Pathok. Bakpia Pathok adalah kue kering berbentuk bulat yang terbuat dari tepung terigu dan diisi dengan pasta kacang hijau yang manis.

Bakpia ini memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang begitu lezat. Jadi, sangat cocok dinikmati bersama secangkir teh hangat di sore hari.

Selain tu, camilan ini menjadi oleh-oleh khas Salatiga yang populer bagi wisatawan yang berkunjung ke kota ini.

Mie Gondangdia

Mie Gondangdia adalah makanan mie kuah pedas khas Salatiga yang patut dicoba saat berkunjung di kota ini. Makanan ini terbuat dari mie kuning yang disajikan dengan kuah kaldu yang kaya akan rasa dan aroma.

Dalam penyajiannya terdapat irisan daging sapi, tauge, dan potongan bakso. Rasakan kelezatan mie yang kenyal dengan perpaduan kuah pedas yang menggugah selera.

Pecel Madiun

Pecel Madiun salah satu hidangan sayur segar yang berasal dari kota Madiun, namun populer juga di Salatiga.

Makanan ini terdiri dari berbagai macam sayuran seperti kangkung, kacang panjang, tauge, dan daun singkong yang direbus.

Artikel Menarik:  Oleh-oleh Khas Blitar: Nikmati Kuliner & Keindahan Kerajinan Lokal

Sayuran-sayuran tersebut disiram dengan bumbu kacang yang khas dan sambal yang pedas. Biasanya disajikan dengan nasi dan dilengkapi dengan rempeyek sebagai pendamping.

Rujak Petis

Rujak Petis adalah hidangan buah segar yang diolah dengan bumbu petis, gula merah, dan cabai. Buah yang digunakan seperti mangga muda, jambu biji, nanas, timun.

Biasanya dicampur dengan bumbu rujak yang khas. untuk menciptakan perpaduan rasa manis dan pedas yang menggugah selera.

Rasakan kelezatan dan keunikan dari perpaduan rasa buah segar dengan bumbu petis yang memberikan sensasi yang unik dan segar di lidah Anda.

Lumpia Salatiga

Lumpia Salatiga menjadi salah satu camilan gurih yang terbuat dari adonan tepung terigu yang diisi dengan sayuran, daging ayam cincang, dan telur.

Kemudian, isian lumpia digulung dan digoreng hingga matang. Rasakan kelezatan lumpia yang renyah di luar dan lembut di dalamnya.

Biasanya disajikan dengan saus cabai dan bawang goreng sebagai pelengkap. Camilan ini cocok untuk dinikmati sebagai makanan ringan di sore hari atau sebagai pendamping saat minum teh dan kopi.

Kesimpulan

Salatiga bukan hanya menawarkan keindahan alam yang menakjubkan, tetapi juga kelezatan kuliner tradisional yang menggugah selera.

Dengan keberagaman kuliner yang dimiliki, Salatiga menjadi tempat yang menarik untuk dijelajahi dan menikmati kelezatan makanan khasnya.

Jadi saat berkunjung ke Salatiga, pastikan untuk mencoba makanan-makanan khas yang telah disebutkan di atas. Rasakan kelezatan kuliner tradisional yang autentik dan dapatkan pengalaman gastronomi yang tak terlupakan.

Artikel Menarik:  Makanan Khas Purwokerto: Menikmati Kelezatan Kuliner