Ini Dia 5 Negara Terbesar di Dunia Berdasarkan Luas Wilayah

Dari waktu ke waktu, negara-negara di dunia terus mengalami perubahan. Tidak hanya dari segi ekonomi dan jumlah penduduk, luas negara-negara di dunia pun mengalami perubahan. Bisa karena kondisi politik (seperti perpecahan) hingga faktor lainnya. Ada banyak kasus di mana negara terbesar di dunia harus kehilangan wilayahnya karena sebagian daerah kekuasaannya memerdekakan diri. Misalnya saja Uni Soviet.

Lalu bagaimana posisi negara terbesar di dunia berdasarkan wilayah saat ini? Simak uraiannya berikut ini!

Rusia

Rusia
pixabay.com

Rusia dikenal sebagai negara induk yang menjadi ‘kepala’ bagi Uni Soviet di masa kekuasannya dulu. Meski sudah runtuh, Rusia masih menyandang predikat sebagai negara terbesar di dunia dengan luas wilayah 17,1 kilometer persegi. Secara geografis, Rusia berbatasan dengan 14 negara berbeda.

Rusia diketahui memiliki cadangan minyak yang sangat banyak di bawah hutan dan tundranya yang beku. Namun karena biaya dan kesulitan untuk ekstraksi, minyak ini belum bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh pemerintah setempat.

Kanada

Kanada
blog.reservasi.com

Dengan luas wilayah hampir 10 juta kilometer persegi, Kanada menjadi negara terbesar pertama di belahan bumi barat dan kedua terluas setelah Rusia. Kanada tercatat memiliki penduduk sebanyak 35 juta jiwa. Artinya, jika lahan di sana dibagi-bagikan, masing-masing orang akan dapat bagian 61 hektar.

Bertetangga dekat dengan kutub utara, tundra beku miliki Kanada membentang hingga ke poros utara bumi. Sementara itu di bagian timur, ada Pegunungan Rocky yang jadi area padang rumput sekaligus perkebunan kanola yang luas.

Amerika Serikat

Amerika Serikat
midspot.com

Sedikit lebih kecil dari Kanada, negara adidaya ini menjadi negara terbesar ketiga di dunia dengan luas wilayah 9,63 juta kilometer persegi.Berbatasan dengan Meksiko di bagian selatan dan Kanada di sebelah utara, Amerika Serikat tidak hanya terkenal dengan berbagai kemajuannya tapi sekaligus menjadi rumah bagi beragam populasi geografi dan satwa-satwa liar.

Cina

Cina
idntimes.com

Bersama dengan Amerika Serikat dan Kanada, Cina adalah salah satu negara yang menempati kurang dari 7 persen permukaan bumi. Perbedaan luas antara negeri tirai bambu ini dengan Amerika Serikat sangatlah tipis yakni sekitar 0,03 juta kilometer persegi saja. Cina berbatasan dengan 14 negara berbeda termasuk Afghanistan di sebelah barat, Rusia di utara dan Vietnam di Selatan. Cina juga merupakan negara terbesar di kawasan Benua Asia.

Secara umum kondisi iklim dan penduduk Cina sangat bervariasi. Di bagian utara, suhu sangat dingin sementara di area tengah negara ada Gurun Gobi yang merupakan padang pasir terbesar keempat di dunia. Di bagian selatan, iklim tropis dapat dengan mudah ditemukan.

Cina memiliki 1,35 miliar penduduk dengan 56 kelompok etnis yang diakui. Negara ini memiliki jumlah penduduk yang berprofesi sebagai dokter lebih banyak daripada seluruh populasi di Qatar.

Brazil

Brazil
gotravelly.com

Brazil tercatat sebagai negara terbesar di kawasan Amerika Selatan dengan luas wilayah 8,51 kilometer persegi. Negara ini memiliki banyak hutan hujan ropis, salah satunya adalah Amazon yang merupakan hutan hujan terbesar di dunia.

Brazil juga memiliki garis pantai Atlantik yang panjang di sebelah timur, membentang sejauh 8.000 kiloemter. Sebagian kota-kota utamanya termasuk Rio de Jeneiro dan Sao Paulo juga berada di dekat garis pantai.

Itulah 5 negara terbesar di dunia berdasarkan luas wilayahnya. Selain kelima negara tersebut masih ada nama-nama lain seperti Australia, India, Argentina dan lain-lain yang menyusul di bawahnya.

Leave a Comment