Pengertian dan Manfaat Belajar Peta Buta Indonesia

Dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di tingkat sekolah dasar, ada satu materi yang dianggap memusingkan oleh para siswa yakni materi tentang peta buta Indonesia. Jika secara umum peta adalah gambar atau lukisan yang memberikan informasi tentang kondisi geografis sebuah wilayah lengkap dengan keterangannya, peta buta justru sebaliknya.

Peta buta Indonesia merujuk pada gambaran wilayah Indonesia secara keseluruhan, namun tidak memiliki keterangan berupa tulisan sama sekali. Yang ada biasanya hanya berupa batas wilayah dan keterangan ketinggian wilayah lewat warna saja.

Banyak orang beranggapan bahwa mempelajari peta buta itu tidak penting. Terlebih banyak siswa di sekolah yang merasa kesulitan menyelesaikan materi pembelajaran terkait peta buta. Padahal mempelajari peta buta Indonesia memiliki banyak sekali manfaat antara lain:

Melatih daya ingat

Melatih daya ingat
pixabay.com

Anak-anak terutama yang masih berada di bangku sekolah dasar memiliki daya ingat yang sangat baik karena pertumbuhan otaknya masih tinggi. Lewat materi pembelajaran peta buta, anak akan dilatih untuk mengenali bentuk (dalam hal ini bentuk suatu wilayah baik negara, provinsi atau kabupaten) dan mengasosiasikannya dengan nama daerah tersebut.

Mengenali letak-letak provinsi dan kota-kota di tanah air

Mengenali letak-letak provinsi dan kota-kota di tanah air
semuatentangprovinsi.blogspot.com

Saat melakukan perjalanan liburan misalnya saja ke Yogyakarta, alih-alih hanya sekadar tahu nama daerah, akan lebih baik lagi jika Anda juga paham posisinya. Dengan mempelajari peta buta Indonesia, Anda bisa menjawab berbagai pertanyaan seperti:

  • Berada di pulau manakah Provinsi Yogyakarta?
  • Provinsi mana saja yang berbatasan dengan Yogyakarta?
  • Jika ingin berangkat ke Yogyakarta dari kota asal, wilayah mana saja yang akan dilewati
  • Dll

 Mengetahui lebih jauh tentang pentingnya pemahaman membaca peta

Mengenali letak-letak provinsi dan kota-kota di tanah air
id.wikipedia.org

Tidak hanya di bangku sekolah, kemampuan membaca peta juga diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja untuk mencari tempat yang belum pernah didatangi sebelumnya. Lewat pelajaran peta buta Indonesia, kita akan semakin sadar tentang seberapa penting memahami peta untuk mencari keberadaan sebuah tempat.

Mengenali berbagai ciri khas dan hal-hal menarik dari daerah di Indonesia

Mengenali berbagai ciri khas dan hal-hal menarik dari daerah di Indonesia
petatematiki.wordpress.com

Dalam materi peta buta, karena tidak ada ada keterangan berupa tulisan, otak kita akan berpikir keras mencari apa yang khas dari tiap daerah agar lebih mudah dikenali. Misalnya saja, provinsi yang berada di paling ujung sebelah barat adalah Aceh. Atau provinsi yang terdiri dari pulau atau banyak kepulauan adalah Kepulauan Riau, Bali dan lain sebagainya. Selain itu batas-batas wilayah hingga garis pantainya juga dapat menjadi pertanda untuk mengenali masing-masing provinsi di tanah air.

Melihat betapa luasnya Indonesia dan dunia

Melihat betapa luasnya Indonesia dan dunia
pixabay.com

Saat tidak melihat peta secara keseluruhan, kita mungkin tidak akan tahu kalau Bali itu ternyata terdiri dari satu pulau. Kita juga mungkin tidak tahu kalau di Pulau Kalimantan wilayah  3 negara yakni Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam. Dengan melihat peta dunia secara utuh, kita akan lebih paham posisi Indonesia di bumi serta betapa luasnya dunia ini.

Demikianlah informasi terkait pengertian peta buta Indonesia dan manfaat mempelajarinya. Agar lebih mudah dalam mengingat wilayah-wilayah yang ada di tanah air, Anda bisa mencoba trik mudah untuk mempelajarinya. Dengan begitu materi peta buta tidak akan jadi pelajaran yang memusingkan lagi.

Leave a Comment