4 Langkah Memulai Bisnis Pisang Keju yang Sukses

Pisang keju adalah jenis camilan yang banyak disukai. Simak 4 langkah sukses memulai bisnis pisang keju berikut ini!

Pisang keju sebenarnya bukanlah menu baru. Cara pembuatannya yang mudah serta rasanya yang enak membuat kudapan ini disukai berbagai kalangan. Apalagi pisang juga dikenal sebagai buah yang memiliki kandungan gizi tinggi. Tidak heran jika sampai sekarang peluang untuk berbisnis pisang keju masih sangat luas.

Jika Anda tertarik untuk memanfaatkan pisang keju sebagai menu yang ingin dijual, ada beberapa tips mudah agar Anda sukses memulainya. Simak uraiannya berikut ini!

Cari Resep yang Berbeda

Cari Resep yang Berbeda
pixabay.com

Meskipun pedagang camilan ini sangat mudah ditemukan, tapi tidak semua orang bisa sukses menjalankannya. Salah satu alasannya adalah resep yang itu-itu saja. Agar sajian yang Anda jual lebih menarik, cobalah untuk bereksperimen dengan menggunakan berbagai resep.

Jangan hanya bergantung pada ide konvensional seperti pisang bakar yang ditaburi cokelat dengan keju atau pisang goreng crispy yang diberi topping serupa. Coba cari ide lain misalnya dengan membuat pisang menjadi nugget atau lumpia. Selain cokelat dengan keju, tambahkan juga topping lain tak kalah populer seperti Oreo, matcha dan lain sebagainya.

Tentukan Lokasi yang Tepat

Tentukan Lokasi yang Tepat
pixabay.com

Pemilihan lokasi merupakan hal yang krusial ketika Anda memutuskan untuk memulai bisnis. Untuk berdagang pisang keju, Anda dapat memilih tempat yang dekat dengan sekolah, kampus atau perumahan. Jika usaha yang Anda dirikan masih menggunakan gerobak dorong, Anda bisa memindahkan lokasi dengan mudah jika dirasa kurang sesuai. Tapi kalau berniat membuka kafe atau ruko, carilah kawasan strategis dengan banyak penjual makanan juga.

Buat Nama dan Packaging yang Menarik

Buat Nama dan Packaging yang Menarik
pixabay.com

Saat ini bisnis makanan tidak lagi bergantung pada rasa. Kelihaian Anda dalam memasarkan produk adalah kunci yang tak kalah pentingnya. Hal ini terbukti dengan banyaknya camilan mainstream yang beranjak populer berkat trik pemasarannya yang bagus.

Untuk usaha pisang keju Anda, cobalah cari nama yang menarik, nyentrik dan mudah diingat. Kesan terhadap nama kadang jauh lebih ampuh untuk membuat orang merasa penasaran. Selain nama yang unik, buat logo dan pengemasan yang bagus pula. Dengan kedua modal ini, hanya tinggal menunggu waktu sampai bisnis Anda semakin populer dan laris.

Lakukan Promosi

Lakukan Promosi
pixabay.com

Memiliki lokasi bagus, nama serta kemasan produk yang menarik saja tidaklah cukup untuk membuat publik tahu tentang bisnis Anda. Lakukan promosi, kalau perlu temukan cara yang berbeda. Salah satu trik jitu yang banyak dimanfaatkan oleh tenant makanan adalah dengan memberikan promo berupa kupon. Jadi setiap satu kali pembelian, pelanggan akan mendapatkan 1 kupon. Setelah kupon terkumpul misalnya 10 lembar, mereka bisa menukarnya dengan menu pisang keju yang Anda jual.

Langkah lain yang juga bisa Anda coba adalah dengan memberikan promo buy 1 get 1 free selama 1 atau 2 bulan pertama. Ini adalah trik yang cukup ampuh untuk membuat bisnis Anda dibicarakan orang-orang. Kalau ingin lebih maksimal lagi (dan dananya tersedia), iklankan usaha Anda melalui media lokal. Tidak ada bujet? Manfaatkan media sosial sebagai cara untuk beriklan gratis.

Memulai bisnis makanan yang sudah banyak dijual memang susah-susah gampang. Tapi selagi Anda berani mencoba dan berani bereksperimen, usaha dagang pisang keju pun bisa jadi ladang uang yang menggiurkan.

Leave a Comment