Rekrutmen BUMN tahun 2022 akan segera memasuki tahapan Tes Kompetensi Dasar atau TKD dan Core Values BUMN.

Sering Terjadi! 10 Kendala Saat Tes Rekrutmen BUMN Beserta Solusinya

454 View

Rekrutmen BUMN tahun 2022 akan segera memasuki tahapan Tes Kompetensi Dasar atau TKD dan Core Values BUMN. Pelaksanaan ujian TKD dan Core Values BUMN akan digelar mulai dari tanggal 19 hingga tanggal 24 Mei 2022. 

Namun, sebelum mengikuti ujian tersebut, peserta yang ingin berlatih dapat mengikuti trial Tes rekrutmen BUMN yang pelaksanaannya selama tanggal 14 sampai tanggal 17 Mei 2022. Hal ini bisa membantu peserta dalam menyesuaikan diri menggunakan platform online Tes dan melakukan penilaian terhadap perangkat online Tes yang digunakan. 

Untuk susunan soalnya terdiri atas 100 soal untuk Tes Kompetensi Dasar sedangkan lainnya yaitu 54 soal untuk Core Value BUMN. 

Peserta akan mendapatkan instruksi pengerjaan soal dan model soal dalam masing-masing subtes pada bagian awal sebelum mengerjakan soal yang sebenarnya. Peserta harus memakai personal komputer PC atau Laptop yang dilengkapi perangkat web camera dan mouse.

Penggunaan handphone, tablet, ataupun smartphone tidak diperkenankan. Selama memakai aplikasi online Tes, beberapa hal mungkin dapat terjadi sebagai hambatan bagi peserta, contohnya masalah listrik padam, browser yang crash, koneksi internet yang tiba-tiba mati atau hal yang lainnya. 

Beberapa Hambatan Tes Rekrutmen BUMN dan Cara Mengatasinya

Inilah beberapa hal yang  sering menjadi kendala dan cara untuk mengatasinya ketika ujian Tes Kompetensi Dasar dan Core Values BUMN:

1. Username dan Password Tidak Bisa Dipakai

Apabila username dan password yang diberikan pada akun tidak bisa Anda pakai ketika login ke pada page Online Tes, apa yang seharusnya kita lakukan?

Apabila username dan password yang diberikan pada akun tidak bisa  Anda pakai ketika login ke pada page Online Tes, apa yang seharusnya kita lakukan? 

Artikel Menarik:  Ini Dia Pengertian Koperasi dan Jenis-jenisnya

Lantaran sistem login bersifat case sensitive, jadi pastikan penggunaan alfabet besar dan kecil atau angka/simbol telah tepat. 

Sebelum menginput username dan password ke page login link Tes, peserta bisa melakukan copy-paste terlebih dahulu ke notepad perangkat, hal ini untuk memastikan tidak terdapat spasi atau tanda baca misalnya petik yang mengakibatkan gagal login. 

Apabila masih mengalami hambatan, segera hubungi help desk melalui email dan telegram ketika Trial Tes dan aplikasi online Tes berlangsung. Peserta bisa menginformasikan data nama, email dan angka peserta supaya bisa dibantu permasalahannya.

2. Loading Lama Pada Saat Menuju Halaman Soal

Ketika telah login dan halaman masih pada posisi loading dan usang untuk membuka soal, apa yang harus kita lakukan? 

Apabila pada kurun waktu 1 menit soal tak kunjung muncul, jangan risau terlebih dulu. Cukup muat ulang atau refresh halaman juga pastikan Anda menggunakan jaringan internet yang stabil. 

Pastikan peserta memakai browser Mozila Firefox dan Google Chrome versi terbaru, mengaktifkan fitur Javascript, dan memakai jaringan internet yang memadai. Hubungi Help Desk apabila masih mengalami hambatan. 

3. Gangguan Koneksi, Listrik Mati atau Browser Crash 

Apabila username dan password yang diberikan pada akun tidak bisa Anda pakai ketika login ke pada page Online Tes, apa yang seharusnya kita lakukan?

Ketika pada proses pengerjaan peserta mengalami gangguan koneksi, pemadaman listrik atau browser crash, apa yang kita lakukan?

Jawaban sebelumnya sudah tersimpan oleh sistem, asalkan peserta memakai browser dan perangkat yang sama. 

Peserta bisa mengakses ulang Online Tes selama terdapat pesan mengerjakan tes melalui email undangan pada inbox/spam/all mail. Disarankan mengakses link tes melalui email.  Atau website rekrutmen BUMN pada link pendaftaran BUMN login di halaman ‘Lamaran Saya tombol Detail Jadwal’ atau ‘Jadwal Hari Ini’. 

4. Waktu Habis Sebelum Selesai Mengerjakan

Anda belum sempat mengklik tombol “Selesai Tes”, akan tetapi waktu tes telah habis. 

Artikel Menarik:  Homo Wajakensis: Sejarah Penemuan dan Ciri-cirinya

Terdapat batas waktu akses dan pengerjaan tes pada setiap soal. Ketika waktu mengerjakan telah berakhir, operator pusat akan otomatis merampungkan segala aktivitas tes Anda. Semua jawaban Anda bagi soal yang terjawab akan tersimpan. 

5. Menutup Browser Tanpa Sengaja

Rekrutmen BUMN

Ketika Anda tidak sengaja menutup browser pada proses pengerjaan tes, apakah Anda masih dapat melakukan tes lagi?

Jawabannya adalah masih bisa, selama peserta bisa masuk lagi melalui email undangan. Saran: mengakses link tes melalui email. Atau website rekrutmen BUMN dalam page ‘Lamaran Saya tombol Detail Jadwal’ atau ‘Jadwal Hari Ini’. 

6. Tidak Selesai Mengerjakan 

Bagaimana bila belum selesai pada saat mengerjakan Online Tes namun waktu sudah habis? 

Aplikasi akan otomatis tertutup bila waktu telah habis. Jawaban yang berhasil terjawab akan tersimpan pada database operator Online Tes. 

7. Mengakses Online Tes Sebelum Waktunya

Rekrutmen BUMN

Bagaimana bila Anda mengakses halaman Online Tes sebelum waktunya? 

Apabila mengakses pelaksanaan online Tes sebelum waktunya, maka akan ada pesan. Pesan yang mengharuskan peserta menunggu hingga menggunakan waktu yang sudah ada. 

Peserta bisa menunggu pada halaman ini, bila telah tiba waktunya maka operator secara otomatis akan mengarahkan peserta ke halaman login. 

8. Terlambat Mengerjakan Online Tes

Bagaimana bila kita terlambat mengakses halaman sehingga terlambat mengerjakan Online Tes? 

Contohnya seharusnya mulai jam 08.00 WIB, akan tetapi Anda login jam 09.30 WIB. Akan ada pesan khusus apabila peserta terlambat mengakses page Online Tes berdasarkan jadwal yang sudah terjadwal. 

Peserta perlu mengerjakan Online Tes sinkron dengan jadwal yang sudah ada. Risiko dari kelalaian peserta yang terlambat mengakses Online Tes sesuai jadwal menjadi tanggung jawab peserta. 

9. Tidak Muncul Timer Pada Setiap Soal Tes

Rekrutmen BUMN

Apabila tidak terdapat penunjuk waktu atau timer pada setiap bagian soal, apakah itu adalah hal yang wajar? 

Artikel Menarik:  Teks UUD 1945 dan Nilai-Nilai di Dalamnya

Setiap bagian soal wajib beserta timer, lantaran tes rekrutmen BUMN berbatas waktu. Apabila tidak terdapat timer maka yang wajib Anda lakukan merupakan cek JavaScript di browser atur posisi enable. 

10. Tidak Bisa Mengakses Link Tes Rekrutmen BUMN

Bagaimana apabila peserta tidak bisa mengakses link Tes dan ada notifikasi Laman web tidak tersedia pada browser? Maka peserta sebaiknya mengubah jaringan ke provider lain. 

Hal ini terjadi karena terdapat security block dalam jaringan. Misal wifi tempat kerja yang mengakibatkan perangkat tidak dapat mengakses link Tes. 

Catatan tambahan bagi peserta bila terjadi kendala: Apabila terjadi hal-hal seperti berikut ini: listrik mati, koneksi terputus, browser tidak sengaja tertutup. Peserta bisa mengakses melalui akun website rekrutmen BUMN dari lampiran Lamaran Saya. Bisa juga melakukan refresh dalam browser. 

Apabila terjadi soal yang tidak tampil secara sempurna, peserta bisa melakukan refresh pada browser. Kedua poin di atas tidak akan merubah jumlah soal yang telah berhasil sang peserta jawab. Sebagai akibatnya peserta bisa melanjutkan tes menggunakan soal yang tersisa dan waktu yang tersedia. 

Dengan catatan, tidak melakukan clear history apapun dalam browser dan mengakses link Online Tes memakai perangkat yang sama.

Itulah beberapa solusi dari hambatan yang kemungkinan terjadi ketika menjalani Tes kompetensi dasar dan core values BUMN di rekrutmen BUMN tahun 2022. Semoga berhasil dan sampai jumpa di pengumuman rekrutmen BUMN 2022!