Sejarah Dan Perkembangan Internet
idcloudhost.com

Mengulik Sejarah Dan Perkembangan Internet di Dunia

338 View

Saat ini, siapa yang tidak mengenal kata internet. Kebutuhan jaringan internet dirasa sangat penting untuk bertukar informasi dan dijamin sudah modern sekarang.

Saat ini, internet hampir digunakan setiap hari dalam kegiatan dan kesempatan dalam kehidupan sehari-hari.

Banyak sekali kegiatan yang yang terbantu dengan adanya internet, sehingga semua pekerjaan bisa diselesaikan dengan cepat dari waktu yang seharusnya.

Pada tanggal 11 Maret kemarin, internet atau World Wide Web (www) genap berumur 30 tahun.

Tapi, sebenarnya sejarah internet sudah dimulai sejak lima puluh tahun yang lalu. Usia 30 tahun ini terhitung dari akses World Wide Wibe yang dikhususkan untuk publik pada tahun 1989.

Selama itu, internet sudah berkembang dan menjadi kesatuan gaya hidup yang tidak terpisahkan dari keseharian kita.

Contohnya mulai dari berita, memesan transportasi dan makanan, membeli tiket bahkan pekerjaan pun lebih mudah dilakukan dengan sentuhan jari.

Para ilmuwan dari masa ke masa selalu mengembangkan dan mempercanggih dunia internet agar bisa mencakup semua kebutuhan manusia.

Konsep kerja internet adalah menghubungkan komputer pengguna dengan komputer-komputer lain di seluruh penjuru dunia.

Memungkinkan pengguna agar bisa saling terhubung dan saling berinteraksi. Dari konsep itulah, sebutan online lahir dalam artian “dalam jaringan lahir”.

Sejarah Dan Perkembangan Internet

Perkembangan Internet

Internet dikenal sejak tahun 1960, dimana pada saat itu sedang dibuat suatu teknologi jaringan komputer. Teknologi jaringan komputer adalah kumpulan-kumpulan komputer yang saling berhubungan.

Internet pertama kali dibuat oleh J.C.R Licklider pada tahun 1962. Licklider memiliki ide bagaimana setiap orang bisa terhubung dengan data dan juga program menggunakan jaringan global.

Internet adalah singkatan dari interconnection-networking, yang artinya adalah jaringan komunikasi global yang menghubungkan milyaran jaringan komputer diseluruh penjuru dunia, dengan menggunakan media komunikasi seperti satelit dan telepon.

Artikel Menarik:  Sejarah Perkembangan Islam di Nusantara

Internet adalah jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang diberi nama ARPANET (Advanced Research Project Agency Network).

Proyek tersebut memperoleh hasil temuan mereka mengenai bagaimana perangkat lunak (software) komputer berbasis UNIX bisa berpadu padan dengan perangkat keras (hardware).

Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan seberapa besar informasi bisa dipindahkan dan akhirnya memiliki semua standar yang mereka tunjukan, menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang saat ini dikenal dengan nama TCP/IP (Transmission Control Protocol /Internet Protocol.

Sehingga, para pengembang mulai menyadari bahwa hal tersebut bisa membantu untuk berkomunikasi jarak jauh melalui telepon. Padahal, awalnya tujuannya adalah untuk kepentingan militer saja.

Setelah itu pada tahun 1983, Internet semakin berkembang dari waktu ke waktu, sehingga diperkenalkan dengan nama Domain Name System (DNS) oleh John Postel, Craig Partridge dan Paul Mockapetris.

Ketiga pengembang tersebut berhasil mengembangkan DNS yang sering kita gunakan sampai saat ini. Fungsi DNS adalah untuk pengamatan sistem dalam bentuk [email protected]

Kemudian pada tahun 1984, terdapat sejumlah domain yang diperkenalkan di dunia maya seperti .net, .com, .gov, .mil, dan .org. Selain perkembangan internet, kehadiran PC juga semakin banyak digunakan masyarakat.

Kemudian, pada tahun 2000-an internet sudah semakin berkembang dengan sangat pesat. Berawal dari sebuah proyek militer, penemuan internet semakin terus dikembangkan sampai pada akhirnya menjadi internet seperti yang kita kenal sekarang dan sejarahnya pun masih terus saja berkembang.

Pada saat itu, Departemen Pertahanan Amerika Serikat (Us Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital, agar bisa mengatasi masalah kalau terjadi serangan nuklir.

Artikel Menarik:  Tari Ronggeng, Kesenian Peninggalan Jawa Barat

Awalnya internet ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja, yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara dan University of Utah.

Dimana pada tahun 1969, mereka membentuk suatu jaringan terpadu dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada Oktober 1972.

Kemudian proyek ARPANET berkembang pesat di seluruh daerah dan semua universitas di negara ingin bergabung, sehingga membuat proyek ini mengalami  kesulitan untuk mengaturnya.

Oleh karena itu, ARPANET dipecah menjadi dua bagian, yaitu “MILNET” untuk digunakan untuk keperluan militer dan “ARPANET” baru yang lebih kecil untuk keperluan lain. Misalnya seperti universitas atau yang lainnya.

Akhirnya gabungan kedua jaringan tersebut dikenal dengan nama DARPA Internet, yang disederhanakan menjadi Internet.

Pada tahun 80-an, ARPANET juga memiliki sekitar 200 host yang terhubung untuk membantu masyarakat.

Era tersebut juga membantu BITNES agar memiliki pelayanan lain yang sampai saat ini masih diminati masyarakat seperti e-mail, FTP (File Transfer Protocol) dan juga mailing list.

Ada milyaran situs di dunia maya dan bisnis online yang menggunakan internet yang kita kenal dengan nama bisnis online. Dengan adanya internet, maka kita bisa melakukan semua pekerjaan dengan mudah.

Bahkan banyak orang yang dapat mengubah hidup mereka dengan internet. Jadi, tidak heran kalau banyak milyarder yang sukses berbisnis karena internet.

Internet adalah bukti revolusi teknologi yang berkembang begitu sangat pesat di dunia. Semakin lama pengguna internet akan semakin banyak, karena memiliki berbagai macam fungsi dan manfaat.

Dengan adanya internet kita bisa mengetahui berbagai jenis informasi dan hiburan. Internet juga membantu manusia dalam menemukan teknologi lainnya. Sehingga jangan ragu untuk mengubah hidup Anda dengan internet.

Manfaat Internet

Manfaat Internet
revistapetra.com

Secara garis besar, internet memiliki banyak manfaat yang bisa diperoleh kalau seseorang memiliki akses ke internet. Berikut ini sebagian dari manfaat yang tersedia di internet, yaitu:

  • Informasi untuk kehidupan pribadi seperti kesehatan, rekreasi, hobby, pengembangan pribadi, rohani dan sosial.
  • Informasi untuk kehidupan profesional/pekerja. Misalnya sains, teknologi, perdagangan, saham, komoditas, berita bisnis, asosiasi profesi, asosiasi bisnis dan berbagai macam forum komunikasi.
Artikel Menarik:  Filosofi Dibalik Pesona Pakaian Adat Aceh 

Satu hal yang paling menarik adalah keanggotaan internet yang tidak mengenal batas negara seperti ras, kelas, ekonomi, ideologi atau faktor lain yang bisa menghambat pertukaran pikiran.

Internet adalah suatu komunitas dunia yang sifatnya sangat demokratis dan memiliki kode etik yang dihormati segenap anggotanya.

Manfaat internet yang paling utama adalah diperoleh melalui kerjasama antar pribadi atau berkelompok tanpa mengenal batas jarak dan waktu.

Selain itu, jumlah pengguna internet sudah semakin besar dan semakin berkembang serta mewujudkan budaya internet. Internet juga memiliki pengaruh yang besar atas ilmu dan pandangan dunia.

Dengan hanya memanfaatkan mesin pencari Google, maka pengguna di seluruh dunia memiliki akses Internet yang mudah atas berbagai informasi. Perkembangan internet juga sudah mempengaruhi perkembangan ekonomi.

Berbagai macam transaksi jual beli yang biasanya dilakukan dengan cara tatap muka (atau melalui pos atau telepon), namun saat ini sudah sangat mudah dan sering dilakukan melalui internet.

Agar lebih meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia, maka sudah waktunya para profesional Indonesia menggunakan jaringan internet dan menjadi bagian dari masyarakat informasi dunia.

Demikianlah pembahasan mengenai sejarah dan perkembangan internet di dunia. Semoga bisa menambah ilmu pengetahuan dan wawasan para pembaca sekalian.