sportstars.id

Sejarah Sepak Bola di Dunia: Teknik Dasar dan Peraturannya

361 View

Sepak bola merupakan salah satu olahraga terbesar yang terkenal di dunia.

Bahkan, sepak bola menjadi sebuah olahraga yang disukai banyak orang dari sejumlah negara di dunia salah satunya Indonesia.

Menurut Muhajir yang memiliki sebuah buku tentang pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan, sepak bola merupakan suatu permainan yang sering dilakukan dengan jalan menyepak yang bertujuan untuk memasukkan bola ke gawang lawan.

Dengan begitu, timnya sendiri dipertahankan agar tidak kemasukan bola.

Saat usia muda hingga tua, pria sangat menggemari olahraga ini, bahkan dengan berjalannya waktu wanita juga menyukai sepak bola. Jadi, nggak heran jika permainan sepak bola sangat terkenal di dunia.

Sejarah Sepak Bola yang Perlu Diketahui

Pada abad ke-3 dan 2 SM sejarah Sepak bola  terjadi di negara China yang bernama permainan cuju. Pada saat itu, cuju dimainkan dengan bentuk bola bundar dan di atasnya bentuk bidang tanah persegi.

Banyak sekali negara yang mengklaim, bahwa sepak bola hadir dengan diawali dari mereka sendiri, misalnya Yunani Kuno dan Roma. Namun, pada abad ke-12 cerita ini banyak diakui permainan sepak bola.

Dimana, saat itu juga sepak bola dimainkan di padang rumput dan jalanan Inggris. Dengan berjalannya waktu, muncul sebuah klub sepak bola.

Namun, kehadiran klub sepak bola ini dipercaya sudah ada sejak abad ke-15 yang terorganisir dengan baik dan tanpa status resmi apapun. Oleh sebab itu sangat sulit menentukan klub sepak bola yang hadir pertama kali di muka bumi ini.

Artikel Menarik:  Yuk, Kita Mengenal Alat Musik Talempong Dari Minangkabau

Pada tahun 1868, terdapat sejarawan Inggris yang meyakini bahwa ada klub profesional yang di bentuk di Inggris yang bernama klub Inggris Notts County.

Setahun setelah itu, permainan ini lahir pada tahun 1863 saat asosiasi sepak bola Inggris didirikan.

Kemudian, pada tahun 1883 berlangsungnya turnamen internasional pertama yang terkait dengan empat negara, yakni Inggris, Irlandia, Skotlandia dan Wales. Sepak bola sudah menjadi salah satu fenomena dari Inggris.

Pelan-pelan permainan ini akan menyebar ke negara Eropa lainnya. Pada tahun 1867, sepak bola dipertandingkan pertama kali di luar eropa, yakni argentina.

Pada tanggal 21 Mei 1904 Federation International Football Association (FIFA) tepat didirikan. Lalu, FIFA tersebut ditandatangani oleh tujuh negara, yakni Prancis, Belgia, Denmark, Belanda, Spanyol, Swedia dan Swiss.

Walaupun Inggris sangat identik dengan sejarah sepak bola, namun mereka tidak bergabung sejak awal. Mereka tetap bergabung di tahun berikutnya.

Semakin banyak yang menggemari olahraga sepak bola ini, maka semakin  diperkuat dengan menjadi olahraga resmi pada olimpiade tahun 1908.

Pada tahun 1930 piala dunia pertama kali dilaksanakan untuk memperkuat olahraga yang sangat populer di internasional. Sehingga, pada tahun 1996 sepak bola wanita ditambahkan untuk pertama kalinya.

Teknik Dasar Sepak Bola

Sepak bola mempunyai teknik dasar yang harus dimiliki oleh para pemainnya. Berikut teknik dalam bermain sepak bola, antara lain yaitu:

1. Dribble

Dribble merupakan teknik dasar menggiring bola. Teknik ini membawa bola dengan cara mengontrol kemajuan bola yang sedang dibawa.

2. Menendang

Menendang adalah teknik yang cukup mudah untuk dilakukan. akan tetapi, menendang juga memerlukan teknik tersendiri, seperti menendang dengan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki.

3. Mengumpan

Mengumpan adalah salah satu teknik dasar yang sangat penting sekali. Tanpa adanya umpan, tim sepak bola akan gagal dalam meraih kemenangan karena setiap tim tidak nggak bekerja sama.

Artikel Menarik:  Tips Halal Bihalal Aman di Rumah Sesuai Protokol

4. Kontrol

Kontrol merupakan salah satu teknik untuk menghentikan bola. Teknik ini mempunyai peran penting dalam pertandingan, yakni dapat menjaga ritme permainan dan menjaga penguasaan bola supaya permainan lawan tidak akan berkembang.

5. Sundul

Dalam permainan sepak bola, duel udara tentu akan terjadi karena adanya umpan silang dan juga umpan lambung. Oleh sebab itu, teknik ini harus dimiliki supaya para pemain lawan tidak mencetak gol dari sundulannya tersebut.

6. Lemparan ke dalam

Lemparan kedalam merupakan salah satu teknik dasar sepak bola yang termudah. Hal ini dikarenakan pemain cuma perlu melemparkan bola ke pemain lain.

Walaupun terlihat mudah, teknik ini juga harus dilakukan dengan baik supaya bola benar-benar tertuju ke rekan tim sehingga tidak meleset atau direbut oleh pemain lawan.

7. Tekel

Tekel merupakan teknik dasar merebut bola dari pemain lawan dengan meluncurkan diri. Teknik ini cukup sulit untuk dilakukan.

Biasanya para pemain kebanyakan gagal dalam melakukan tekel dengan bersih, bahkan sebagiannya justru bisa mencederai pemain lawan.

8. Intersep

Intersep merupakan teknik dasar memotong operan atau umpan lawan. Setiap pemain tentu mempunyai keterampilan ini, khususnya para pemain bertahan.

9. Juggling

Juggling adalah salah satu teknik yang jarang digunakan saat pertandingan berlangsung. walaupun begitu, semua pemain harus memiliki teknik ini.

Teknik ini dapat mempertahankan bola supaya tetap di atas, dan tidak menyentuh tanah sama sekali.

10. Menjaga Gawang

Teknik menjaga gawang atau yang sering disebut dengan goalkeeping. Teknik ini harus benar-benar dimiliki oleh kiper.

Dengan mempunyai teknik ini, kiper dapat menghalau bola supaya tidak masuk ke gawangnya. Selain itu, teknik ini  terdiri dari menangkap, menepis dan memblok bola.

Peraturan Dasar dalam Permainan Sepak Bola

Setai permainan tentu memiliki peraturan khusus, salah satunya sepak bola. Aturan ini menyangkut banyak hal, mulai dari yang terjadi saat pertandingan maupun sebelum pertandingan.

Artikel Menarik:  Ini Dia 5 Negara Terbesar di Dunia Berdasarkan Luas Wilayah

Aturan tersebut menjadi aturan mendasar yang nggak banyak diketahui orang, bahkan para pemainnya sendiri. Sehingga, banyak pemain yang protes, namun nggak diindahkan wasit karena sudah termasuk di Laws of the Game.

Berikut peraturan dalam permainan sepak bola, yaitu:

1. Kiper hanya boleh memegang bola selama 6 detik

Hanya kiper yang boleh memegang dengan menggunakan tangannya. Akan tetapi, kiper hanya bisa menguasai bola selama 6 detik saja. Aturan ini diadakan supaya kiper nggak membuang waktu saat bermain.

2. Memiliki Jarak dengan Pagar Betis

Pemain lawan hanya boleh menempelkan pagar ke betis saat sudah mendapatkan situasi tendangan bebas. Akan tetapi, aturan ini diubah menjadi adanya jarak antara pagar betis dan pemain.

Aturan ini diciptakan supaya nggak ada gangguan dalam menghalau bola tendangan bebas. Jaraknya sekitar 1 m di sekitar pagar betis saat ingin menguasai tendangan bebas.

3. Minimal hanya Ada 7 Pemain Lapangan

Permainan sepak bola dikenal dengan 11 orang pemain. Ternyata, pertandingan ini resmi dimainkan meskipun salah satu tim hanya memiliki 7 pemain saja.

Hal ini berlaku saat suatu tim telah mendapat kartu merah. Maksudnya, setiap tim cuma bisa mendapat maksimal empat kartu merah di satu pertandingan dan dapat melanjutkan pertandingan dengan 7 pemain saja.

Jika ada satu tim yang mendapat lebih dari empat kartu merah saat pertandingan, maka tim tersebut dinyatakan kalah dari lawannya.

Nah, itulah penjelasan tentang sejarah sepak bola yang perlu diketahui. Saat ini, sudah banyak masyarakat yang menyukai permainan sepak bola. Jadi, jangan heran jika permainan ini sangat terkenal di dunia. Terima kasih atas kunjungan Anda.