Mengenal Arti, Fungsi, dan Contoh Seni Budaya

Seni budaya merupakan aspek mendasar yang dibutuhkan manusia untuk memenuhi nilai-nilai fungsional maupun estetika.

Frasa ‘seni budaya’ pastilah tidak asing bagi Anda. Istilah ini sudah sering diperkenalkan sejak di bangku awal sekolah dan selalu ada dalam percakapan sehari-hari dalam bermasyarakat. Namun sebenarnya, apa yang dimaksud dengan seni budaya? Apa fungsi dan nilai penting dari sebuah seni budaya sehingga begitu melekat dengan kehidupan? Apa saja yang termasuk dalam wujud seni budaya?

Memahami Arti Seni Budaya

Istilah seni budaya berasal dari gabungan dua buah kata yakni seni dan budaya. Keduanya memiiki keterkaitan yang sangat kuat sebab dalam setiap nilai seni yang dihasilkan pastilah mengandung sebuah kebudayaan tersendiri. Pun sebaliknya, di setiap kebudayaan selalu tersimpan nilai seni tersendiri kendati tak selamanya terlihat dalam bentuk fisik.

Istilah Seni dan Budaya

Secara umum, seni dapat didefinisikan sebagai segala sesuatu yang dibuat oleh manusia dan memiliki unsur keindahan serta mampu membangkitkan perasaan orang lain. Adapun kata seni sendiri berasa dari bahasa Sansekerta (sani) yang memiliki arti persembahan, pemujaan, dan pelayanan yang berhubungan dengan upacara keagamaan.

Sementara itu, budaya dapat didefinisikan sebagai cara hidup yang telah berkembang bersama dalam sebuah kelompok tertentu dan diwariskan secara turun-temurun. Sebuah budaya pun terbentuk dari beragam unsur yang kompleks dan berbagai aspek kehidupan masyarakat. Adapun asal kata budaya berasal dari bahasa Sansekerta (buddhayah) yang memiliki arti hal-hal yang berkaitan dengan akal budi manusia.

Dengan demikian, seni budaya dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang diciptakan oleh manusia tentang cara hidup dan berkembang dalam sebuah kelompok tertentu dengan cara diwariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Pengertian Seni Budaya Menurut Para Ahli

Beberapa ahli pun memiliki pandangan dan gagasannya tersendiri mengenai apa yang dimaksud dengan seni budaya. Sebagai gambaran, berikut adalah definisi seni budaya menurut beberapa tokoh.

  • Thoyibi
  1. Thoyibi merupakan seorang filsuf yang memilih pengaruh cukup besar di Indonesia. Menurutnya, seni budaya adalah sebuah penjelmaan rasa seni yang sudah membudaya—yang termasuk dalam aspek kebudayaan dan dapat dirasakan dan diresapi oleh banyak orang dalam rentang perjalanan sejarah peradaban manusia.
  • Ida Bagus Putu Perwita

Ida Bagus Putu Perwita merupakan seorang tokoh seni kawakan yang berasal dari Bali. Menurutnya, seni budaya adalah penunjang sarana dalam melaksanakan aktivitas dan upacara adat.

  • Harry Sulastianto

Harry Sulastianto adalah seorang dosen seni rupa dari Universitas Indonesia. Menurutnya, seni budaya adalah sebentuk keahlian dalam aktivitas mengekspresikan ide-ide dan pemikiran estetika, termasuk di dalamnya adalah mewujudkan kemampuan dan imajinasi pandangan atas beberapa benda, karya, ataupun suasana yang dapat menghadirkan rasa indah dan menciptakan peradaban manusia yang lebih maju.

  • Sartono Kartodirdjo

Sartono Kartodirdjo adalah seorang ahli sejarah Indonesia yang juga dikenal sebagai pelopor dalam penulisan sejarah dengan pendekatan multidimensi. Menurutnya, seni budaya adalah sebuah sistem koheren yang dapat digunakan untuk menjalankan komunikasi bersifat efektif melalui sebuah (satu) bagian seni yang dapat menunjukkan keseluruhan maksudnya.

Fungsi Seni Budaya

Secara umum, fungsi dari keberadaan seni budaya terbagi atas dua, yakni fungsi praktis dan fungsi estetis.

Fungsi Praktis

Fungsi Praktis
fotomelia.com

Fungsi praktis dari sebuah seni budaya berarti sebuah karya seni memiliki kegunaan sebagai pemenuhan kebutuhan manusia dari segi fungsional. Seperti contoh adalah furnitur meja dan kursi dari Jepara yang terkenal akan keindahan ukiran dan kualitas kayunya. Meja dan kursi tersebut memberikan fungsi khusus bagi penggunanya sekaligus didukung dengan estetika yang memberikan perasaan senang, bergairah, dan semacamnya kepada yang menikmatinya.

Fungsi Estetis

Fungsi Estetis
moondoggiesmusic.com

Fungsi estetis dari sebuah seni budaya berarti sebuah karya seni yang dihasilkan lebih menitikberatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia dari segi estetika atau hiasan. Seperti contoh bentuk aplikatif fungsi ini adalah lukisan, arca, dan sebagainya. Selain itu, fungsi estetis dari seni budaya juga termasuk di antaranya adalah dalam melakukan ritual keagamaan.

Contoh Seni Budaya

Sejatinya, sebuah seni budaya tak akan pernah lekang oleh waktu selama terus dilestarikan. Di sisi lain, tak menutup kemungkinan bahwa sebuah seni budaya juga dapat mengalami pergeseran bila masyarakatnya tidak lagi mempertahankan warisan tersebut dan memilih untuk menciptakan budaya baru yang dirasa lebih sesuai dengan kondisi saat ini.

Terlepas dari kemungkinan adanya pergeseran nilai dan bentuk aplikatifnya, keberadaan seni budaya selalu dapat ditemui. Adapun wujud konkretnya dapat ditemukan dalam beberapa bentuk berikut ini.

Seni Musik

Seni Musik
romadecade.org

Seni musik adalah salah satu cabang seni yang memiliki fokus dalam penggunaan melodi, irama, tempo, dan harmoni dari instrumen yang digunakan. Bentuk seni budaya yang satu ini digunakan sebagai sarana untuk menuangkan perasaan penciptanya.

Secara umum, seni musik dibedakan menjadi tiga jenis, yakni :

  • Musik tradisional

Biasanya masih menggunakan lirik berbahasa kedaerahan, tidak memiliki notasi, dan diwariskan turun-temurun dari nenek moyang. Adapun instrumen yang digunakan antara lain gamelan, angklung, dan sebagainya.

  • Musik Modern

Sudah mulai menggunakan teknologi akibat adanya akulturasi dengan kehidupan modern.

  • Musik Kontemporer

Masa-masa kejayaan music kontemporer di Indonesia adalah sekitar tahun 1990-an. Ciri-cirinya antara lain adalah variasi nada yang kompleks, ritme bervariasi, dan sumber bunyi tidak hanya dari music instrumental.

Seni Tari

Seni Tari
smkn19bandung.sch.id

Seperti musik, seni tari juga masih diminati oleh masyarakat secara luas. Tujuan dibentuknya sebuah tari pun tak lain sebagai bentuk ekspresi penciptanya juga, baik untuk memenuhi kepuasan pribadi maupun untuk hal-hal yang lebih sakral seperti pemujaan kepada Tuhan atau nenek moyang, menyambut tamu, dan lain-lain.

Seni Rupa

Seni Rupa
moondoggiesmusic.com

Setiap seni rupa dibuat dengan melakukan pengolahan yang cermat terhadap konsep titik, garis, bidang, bentuk, volume, warna, dan lain-lain serta berujung pada menghasilkan sebuah keindahan (estetika) khusus. Bentuk seni rupa sendiri dibedakan menjadi dua macam, yakni seni rupa murni (seperti lukisan, patung, film, fotografi, dan lain-lain) dan seni rupa terapan (objek yang dihasilkan juga memiliki nilai fungsional seperti furnitur).

Seni Teater

Seni Teater
merdeka.com

Seni teater adalah seni yang memperlihatkan gerak manusia lengkap dengan dialog dan akting yang dilakukan oleh pemainnya. Jenis seni ini sebenarnya masih banyak digelar dalam masyarakat, tetapi sayangnya peminat seni teater tak terlalu luas. Oleh karena itu, sebuah pementasan teater kebanyakan dihadiri oleh orang-orang tertentu saja yang memang memiliki ketertarikan khusus dengan jenis seni budaya ini.

Seni Kriya

Seni Kriya
lifepal.co.id

Wujud seni budaya yang satu ini merupakan sebuah karya seni yang sengaja diciptakan menggunakan tangan pembuatnya dan memperhatikan keseimbangan antara aspek estetika dan fungsionalnya. Contohnya pun sangat banyak, seperti baju batik, kerajinan asbak dari kayu atau logam, dan lain-lain.

Pada hakikatnya, seni budaya dibutuhkan manusia untuk menjalani kehidupan dengan menyeimbangkan antara kebutuhan emosional maupun fisiknya. Tentunya, seni budaya yang berkembang di antara sebuah wilayah boleh jadi sangat berbeda dengan seni budaya di daerah lainnya. Hal ini tak lain dikarenakan oleh kebutuhan berikut kultur yang berkembang dalam masing-masing wilayah tersebut.

Leave a Comment