Mengenal Tabel Trigonometri dalam Pelajaran Matematika

Untuk mengenal lebih banyak tentang trigonometri, pahami juga yang disebut dengan tabel trigonometri. Berikut ulasannya.

Pelajaran matematika sering kali menjadi momok bagi para siswa. Hal ini terjadi karena adanya kesan bahwa matematika rumit untuk dipelajari. Padahal, jika proses dan metode pembelajarannya menyenangkan dan ringkas, matematika sebenarnya mudah dipahami.

Nah, salah satu topik pembelajaran dalam matematika adalah trigonometri. Pada pelajaran ini, dikenal istilah tabel trigonometri. Apa itu tabel trigonometri? Secara umum, fungsinya adalah untuk membantu menyelesaikan nilai trigonometri dari suatu sudut.

Mengenal Trigonometri

Mengenal Trigonometri
trikhidayanti.web.com

Trigonometri berasal dari bahasa Yunani yaitu trigonon yang berarti tiga sudut dan metron yang berarti mengukur. Jadi, trigonometri adalah bagian dari matematika yang mengulas tentang hubungan panjang dan sudut segitiga.

Trigonometri mulai dikenal pada abad ke-3 SM yaitu terkait dengan penggunaan geometri dalam pelajaran astronomi. Aplikasinya adalah untuk berbagai fenomena di bidang astronomi, musik, statistika, biologi, farmasi, arsitektur, dan sebagainya.

Pada masa itu, para astronom mencatat panjang sisi dan sudut pada sebuah segitiga siku-siku. Jika salah satu panjang sisi tersebut diketahui serta nilai sudutnya, secara algoritme semua panjang sisi dan sudut lainnya juga dapat diketahui. Inilah yang disebut dengan fungsi trigonometrik.

Fungsi trigonometrik merupakan fungsi dari sudut yang menghubungkan antara sudut-sudut lain serta sisi-sisi dalam sebuah segitiga.

Ada 3 nilai trigonometri dari suatu sudut, yaitu sinus, cosinus, dan tangen. Sinus (sin) adalah perbandingan sisi segitiga yang terletak di depan sebuah sudut dengan sisi segitiga yang miring. Cosinus (cos) adalah perbandingan sisi segitiga yang ada di sudut dengan sisi segitiga miring.

Sementara itu, tangen (tan) adalah perbandingan sisi segitiga yang berada di depan sudut dengan sisi segitiga di sudut. Rumus ini berlaku apabila salah satu sudutnya berukuran 90 derajat.

Tabel Trigonometri

tabel trigonometri
extramarks.id

Tabel trigonometri berguna untk menemukan sudut bangun dalam perhitungan sudut istimewa. Sudut istimewa adalah sudut yang memiliki nilai perbandingan trigonometri  yang bisa dicari nilainya tanpa tabel atau kalkulator. Sudut tersebut adalah 0°, 30°, 45°, 60°, dan 90°. Untuk nilai perbandingan trigonometri pada sudut-sudut istimewa dapat dilihat sebagai berikut.

α 30° 45° 60° 90° 180° 270° 360°
Sin α 0 ½ ½ √2 ½ √3 1 0 -1 0
Cos α 1 ½ √3 ½ √2 1/2 0 -1 0 1
Tan α 0 1/3√3 1 √3 0 0

Selanjutnya, perlu diketahui pula prinsip dan rumus-rumus yang berlaku dalam bidang trigonometri. Apa saja di antaranya?

  • Identitas trigonometri

Ada yang disebut identitas trigonometri, yaitu:

sin2 A + cos2 A = 1

1 + tan2 A = 1/cos2 A = sec2 A

1 + cot2 A = 1/sin2 A = csc2 A

  • Rumus jumlah dan selisih sudut

Selanjutnya, ada pula yang disebut dengan rumus jumlah dan selisih sudut, yaitu:

sin (A+B) = sinAcosB + cosAsinB

sin (A-B) = sinAcosB – cosAsinB

cos (A+B) = cosAcosB + sinAsinB

cos (A-B) = cosAcosB – sinAsinB

tan (A+B) = tanA+tanB/1-tanAtanB

tan (A-B) = tanA-tanB/1+tanAtanB

  • Rumus perkalian trigonometri

Rumus perkalian trigonometri adalah sebagai berikut:

2sinAcosB = sin (A+B) + sin (A-B)

2cosAsinB = sin (A+B) – sin (A-B)

2cosAcosB = cos (A+B) + cos (A-B)

2sinAsinB = -cos (A+B) + cos (A-B)

Nah, inilah beberapa prinsip dan perhitungan dasar pada tabel trigonometri yang perlu diketahui. Tidak terlalu sulit, bukan? Semoga bermanfaat.

Leave a Comment