Tari Kuntulan
idntimes.com

Yuk Kenali Tari Kuntulan yang Berasal dari Banyuwangi

Posted on

Sebenarnya, tari kuntulan menu sebuah kesenian yang berasal dari berbagai kreatifitas seni. Dimana kreativitas tersebut memadukan antara kesenian yang lahir dan berkembang di dunia Pesantren seperti seni Hadrah dengan seni tari Gandrung.

Tari kuntulan sendiri tentu mempunyai ciri khas yang terlihat dari busana, musik dan gerakan yang dilakukan penari. Secara umum, nama kuntulan diambil dari nama burung kuntul yang berada di sawah. 

Sejarah Tari Kuntulan

Sejarah Tari Kuntulan
idntimes.com

Pada awalnya, tarian ini sangat kental dengan nuansa Islam. Tahun 1950, tarian ini dimainkan oleh wanita menggunakan kendang maupun rebana.

Ternyata kesenian ini sudah ada pada masa penjajahan Belanda, bahkan masih dijaga dan dilestarikan sampai sekarang.

Dulunya tarian ini memang terinspirasi dari Tari Gandrung yang diciptakan oleh Raden Mas Alit, seorang Bupati Banyuwangi saat itu.

Dimana musik dan bait Islam yang khas menjadi salah satu ciri khas tarian tersebut. Dengan adanya tarian gandrung, mulai muncullah kesenian tari lain seperti tari kuntulan.

Tarian ini pun sekarang masih mengambil banyak ciri khas budaya Islam melalui musik bait dan busana yang dipakai tampak seperti Islami.

Properti Tari Kuntulan

Properti Tari Kuntulan
blogspot.com

Biasanya tarian ini menggunakan konsep tertentu supaya dapat menawarkan pesona di setiap pertunjukannya. Misalnya seperti yang sudah dijelaskan bahwa, tarian ini mendapatkan pengaruh besar dari budaya Islam.

Berikut ini ada beberapa properti yang digunakan penari, antara lain yaitu:

1. Kebaya

Busana atas yang digunakan penari wanita yaitu kebaya berwarna cerah. Kebaya yang dipakai pun berlengan panjang.

Artikel Menarik:  Makanan Khas Purbalingga: Surga kuliner di Tengah Jawa Tengah

Awalnya pakaian yang digunakan mirip seperti burung kuntul sehingga terdapat aksesoris tambahan yang digunakan.

Hal tersebut memang bentuk perkembangan yang dibawakan dalam tarian ini. Dimana mempunyai ciri khas busana yang sangat nyentrik.

2. Jarik

Para penari juga menggunakan jarik untuk bawahan. Jarik tersebut memiliki corak yang seragam, sehingga performa penari terlihat indah di atas panggung.

Kemudian penari juga menggunakan stagen di pecahan pinggang fungsinya untuk mengikat jarik supaya nggak mudah lepas saat sedang menari. 

3. Kerudung

Properti ini menggunakan warna senada supaya busana yang digunakan terlihat indah.

Selain itu, terdapat tambahan perhiasan seperti pecahan kepala sehingga performa penari lebih elok saat menari. Aksesoris yang digunakan pun senada agar terlihat kompak.

Yuk baca: Tari Kontemporer

Pola Lantai dan Gerak Tari Kuntulan

Pola Lantai dan Gerak Tari Kuntulan
dompetdhuafa.org

Dalam tarian ini, pola dan gerakan menjadi salah satu hal penting yang dapat membuat tarian ini sangat sakral bagi masyarakat Banyuwangi. Adanya pola lantai, gerakan yang dilakukan pun akan lebih teratur dan tertata.

Nah begitu juga dengan gerakan yang membutuhkan pola barisan agar pertunjukan bisa lebih luwes. Adapun pola dan gerakan yang ada dalam tarian ini sebagai berikut.

1. Horizontal

Pola horizontal yaitu pola yang dipakai penari secara sejajar dari kiri ke kanan maupun sebaliknya.

Pola tersebut diibaratkan manusia mempunyai derajat yang sama. Hla tersebut pastinya saling menghormati satu sama lain.

2. Gerak Tarian Kuntulan

Umumnya, gerakan tarian ini dibagi menjadi 4 poin utama. Nantinya gerakan tersebut akan dipentaskan dengan elok dan elegan menggunakan irama musik yang senada.

Gerakan-gerakan tersebut antara lain sebagai berikut.

  • Penari melakukan gerakan melompat ke kiri dan ke kanan.
  • Penari akan melakukan gerak langkah satu-satu.
  • Penari akan melakukan gerakan berjalan sambil berputar.
  • Penari akan melakukan gerakan hormat dan menjadi bagian gerak yang ada dalam pertunjukan.
Artikel Menarik:  Makanan Khas Purworejo: Kelezatan yang Menggugah Selera

Sebenarnya tarian ini lebih dikenal dengan Hadrah Kuntulan. Dimana busana yang dipakai tersebut menjadi ciri khas dan nggak semua tarian mempunyainya. Teriam kasih atas kunjungan Anda.