kerajaan jenggala
freepik.com

Kerajaan Jenggala: Sejarah, Budaya Serta Peninggalannya

Posted on

Kerajaan Jenggala adalah salah satu kerajaan yang terkenal di Indonesia, terletak di Jawa Tengah. Kerajaan ini memiliki sejarah yang panjang dan memiliki kebudayaan yang kaya.

Di artikel ini, kita akan membahas tentang sejarah, budaya, dan peninggalan kerajaan yang membawa bangga.

Sejarah Kerajaan Jenggala

Menurut sejarah, kerajaan ini didirikan pada abad ke-11 oleh Raja Airlangga. Pada masa kejayaannya, kerajaan ini menjadi pusat perdagangan dan memiliki kekuatan militer yang besar.

Selama pemerintahan Raja Airlangga, kerajaan ini terkenal sebagai kerajaan yang maju dan stabil.

Pada abad ke-13, kerajaan ini diserang oleh Kerajaan Singhasari dan akhirnya diambil alih oleh Kerajaan Majapahit.

Meskipun sudah tidak berdiri lagi, namun kebudayaannya masih terus dilestarikan hingga saat ini.

Budaya Kerajaan Jenggala

Kerajaan Jenggala memiliki kebudayaan yang kaya dan unik. Salah satu contoh kebudayaannya adalah seni ukir kayu yang sangat terkenal karena keindahannya dan keahlian para pengrajinnya.

Selain itu, kerajaan ini juga memiliki seni keramik yang sangat halus dan indah. Biasanya digunakan untuk membuat perlengkapan rumah tangga dan kerajinan tangan.

Budayanya juga ditunjukkan melalui seni batik yang terkenal karena pola-pola rumit dan warna-warna cerah. Batik ini biasanya digunakan sebagai pakaian adat.

Peninggalan

Peninggalan Kerajaan ini masih dapat dilihat hingga saat ini. Salah satu peninggalan kerajaan yang paling terkenal adalah Candi Singosari.

Candi ini merupakan salah satu peninggalan sejarah dari Kerajaan Singhasari yang mengambil alih Kerajaan Jenggala. Selain itu, terdapat juga beberapa candi dan bangunan-bangunan sejarah yang masih ada hingga saat ini.

Artikel Menarik:  6 Rumah Adat Kalimantan Tengah yang Dijuluki Rumah Betang

Bangunan-bangunan ini biasanya memiliki arsitektur yang indah dan menjadi tempat wisata sejarah bagi masyarakat setempat maupun wisatawan yang berkunjung.

Kesimpulan

Kerajaan Jenggala memiliki sejarah, budaya, dan peninggalan yang membanggakan. Sebagai salah satu kerajaan terbesar di Indonesia, kerajaan ini berhasil menciptakan seni dan budaya yang kaya dan unik.

Peninggalan-peninggalan kerajaan ini masih ada hingga saat ini, misalnya seperti Candi Singosari dan bangunan-bangunan sejarah yang menjadi bukti kejayaan kerajaan pada saat itu.