makanan khas batam
pixabay.com

Makanan Khas Batam: Nikmati Hidangan yang Menggugah Selera!

Posted on

Batam merupakan sebuah kota yang terletak di Provinsi Kepulauan Riau, Indonesia. Kota ini terkenal sebagai kota industri dan pelabuhan internasional. Namun, selain itu, Batam juga memiliki beragam makanan khas yang patut dicoba. Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai makanan Batam yang populer dan enak.

Mie Tarempa

Mie Tarempa terbuat dari mie telur yang dicampur dengan saus pedas khas Batam yang. Biasanya disajikan dengan telur, ayam, dan kerupuk udang. Sehingga sangat cocok untuk dinikmati pada waktu malam hari.

Gulai Kepala Ikan

Gulai Kepala Ikan salah satu makanan Batam yang terkenal dengan rasa pedas dan gurih. Makanan ini terbuat dari kepala ikan yang dimasak dengan bumbu rempah yang khas dan biasanya disajikan dengan nasi putih.

Asam Pedas

Makanan khas Batam ini terbuat dari ikan atau daging yang dimasak dengan bumbu asam. Makanan ini memiliki rasa pedas dan asam yang segar.

Sop Ikan Batam

Sop Ikan Batam terkenal dengan kuah kaldu yang kaya akan rasa ikan segar. Makanan ini terbuat dari ikan yang direbus bersama dengan rempah-rempah dan sayuran.

Seafood Bakar

Seafood Bakar salah satu makanan khas Batam yang terbuat dari berbagai macam seafood seperti ikan, kepiting, udang, dan cumi yang dibakar dengan bumbu rempah-rempah.

Makanan ini biasanya disajikan dengan nasi putih, sambal, dan lalapan. Seafood Bakar merupakan salah satu hidangan yang wajib dicoba ketika berkunjung ke Batam.

Kerang Rebus

Kerang Rebus adalah makanan khas Batam yang terbuat dari kerang yang direbus dan disajikan dengan saus pedas.

Artikel Menarik:  Makanan Khas Jogja: Menikmati Kelezatan Kuliner Nusantara

Makanan disajikan dengan nasi putih, sambal, dan jeruk nipis. Kerang Rebus merupakan salah satu makanan ringan yang cocok untuk dinikmati ketika bersantai di pinggir pantai.

Tahu Tek-Tek

Tahu Tek-Tek adalah makanan khas Batam yang terbuat dari tahu yang digoreng dengan tepung yang renyah. Kemudian, tahu tersebut diiris-iris dan dicampur dengan kuah kacang yang khas.

Biasanya disajikan dengan kerupuk udang dan acar timun. Makanan ini sangat cocok untuk dinikmati pada waktu sore atau malam hari.

Kesimpulan

Makanan khas Batam sangat beragam dan memiliki cita rasa yang unik. Dengan mengenalkan kepada dunia, maka dapat meningkatkan kunjungan wisata ke Batam dan memperkenalkan kekayaan kuliner Indonesia kepada dunia internasional.

Jadi, jika Anda berkunjung ke Batam, jangan lupa untuk mencoba berbagai macam hidangan khas Batam yang lezat dan unik.