makanan khas bengkulu
freepik.com

Makanan Khas Bengkulu: Cita Rasa Unik yang Wajib Dicoba

Posted on

Bengkulu, sebuah provinsi kecil di pulau Sumatera, menyimpan banyak keunikan. Selain keindahan alamnya, Bengkulu juga terkenal dengan makanan khas nya yang unik dan lezat.

Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang berbagai macam makanan khas Bengkulu yang wajib dicoba.

Pempek Kulit

Makanan khas Bengkulu yang pertama adalah pempek kulit yang dibuat dengan kulit ikan yang dihaluskan. Rasanya sangat gurih dan nikmat. Biasanya disajikan dengan kuah cuka yang khas dan irisan timun.

Mie Celor

Selain pempek kulit, makanan khas Bengkulu yang juga patut dicoba adalah mie celor atau mie kuning yang disajikan dengan kuah santan pedas. Mie celor juga dihiasi dengan irisan telur rebus, udang, dan daun bawang yang segar.

Gulai Ikan Patin

Gulai ikan patin salah satu hidangan khas Bengkulu yang wajib dicoba. Ikan patin diolah menggunakan bumbu rempah yang kaya akan rasa seperti gurih dan pedas, jadi sangat cocok disantap dengan nasi hangat.

Sate Padang

Sate Padang adalah makanan khas Bengkulu yang cukup populer. Dimana terdiri dari daging yang dipotong kecil-kecil kemudian ditusuk dengan tusuk sate. Biasanya disajikan dengan kuah kacang yang khas dan pedas.

Soto Bengkulu

Hidangan sup khas Bengkulu ini terbuat dari daging ayam atau daging sapi yang dimasak dengan bumbu rempah yang kaya akan rasa. Biasanya disajikan dengan potongan ketupat, telur rebus, dan bawang goreng.

Nasi Gurih

Nasi gurih memiliki cita rasa yang khas dan gurih, jadi cocok untuk di coba . Biasanya, nasi gurih disajikan dengan lauk pauk seperti ayam goreng, ikan goreng, atau sayur.

Artikel Menarik:  Makanan Khas Jambi: Nikmati Kelezatan Kuliner yang Beragam

Rujak Bengkulu

Rujak Bengkulu menjadi makanan favorit para wisatawan. Dimana terbuat dari berbagai macam buah-buahan segar yang diiris-iris kemudian dicampur dengan bumbu rujak yang khas.

Keripik Sanjai

Keripik Sanjai merupakan camilan khas Bengkulu yang cukup unik dan lezat. Dimana terbuat dari tepung beras yang diaduk dengan air, kemudian dicetak dan digoreng hingga kering. Rasanya gurih dan renyah.

Gulai Tunjang

Gulai tunjang adalah hidangan khas Bengkulu yang terbuat dari bagian kaki sapi yang dimasak dengan bumbu rempah yang kaya akan rasa. Biasanya disajikan dengan nasi hangat dan sambal.

Ketupat Kandangan

Ketupat Kandangan adalah salah satu hidangan khas Bengkulu yang menjadi favorit para wisatawan. Makanan ini  terbuat dari ketan yang dikukus hingga matang kemudian dibungkus daun kelapa. Biasanya disajikan dengan kuah gulai atau sate Padang.

Ketupat Kulit

Hidangan khas Bengkulu yang terbuat dari ketan yang dibungkus dengan kulit ikan yang dihaluskan. Ketupat kulit biasanya disajikan dengan kuah gulai atau sate Padang.

Gulai Kepala Ikan

Gulai kepala ikan adalah hidangan khas Bengkulu yang terbuat dari kepala ikan yang dimasak dengan bumbu rempah yang kaya akan rasa. Rasanya gurih dan pedas, cocok disantap dengan nasi hangat.

Pindang Kerbau

Pindang kerbau adalah hidangan khas Bengkulu yang terbuat dari daging kerbau yang dimasak dengan bumbu rempah yang kaya akan rasa. Biasanya disajikan dengan nasi hangat dan sambal.

Sate Kerang

Sate kerang adalah hidangan sate yang terbuat dari kerang yang dipotong kecil-kecil kemudian ditusuk dengan tusuk sate. Biasanya disajikan dengan kuah kacang yang khas dan irisan timun.

Kesimpulan

Bengkulu memiliki banyak sekali makanan khas yang sangat lezat dan unik. Dari makanan berat seperti gulai tunjang dan pindang kerbau, hingga camilan seperti kemplang Palembang dan keripik sanjai, semuanya memiliki rasa yang sangat khas dan berbeda dari daerah lain.

Artikel Menarik:  Makanan Khas Brazil: Kenikmatan yang Membuat Lidah Bergoyang

Jika kamu berkunjung ke Bengkulu, jangan lewatkan untuk mencicipi makanan-makanan khasnya. Tidak hanya memuaskan lidah, tetapi juga memberikan pengalaman kuliner yang tidak terlupakan. Selamat mencoba!