makanan khas banten
unsplash.com

Makanan Khas Banten: Lezatnya Kuliner Khas Bumi Serang

Posted on

Banten terkenal dengan keindahan pantai dan budayanya yang khas. Namun, salah satu kekayaan budaya yang tak kalah menarik adalah makanan khas Banten.

Kuliner khas Banten memiliki cita rasa yang unik dan menggugah selera. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai jenis makanan Banten yang patut dicoba.

Nasi Sumsum

Hidangan  khas Banten yang pertama adalah nasi sumsum. Nasi sumsum adalah nasi yang dimasak dengan menggunakan sumsum sapi yang diambil dari tulang belakang sapi.

Nasi sumsum ini biasanya disajikan dengan gulai kikil atau sambal terasi. Rasanya sangat lezat dan cocok dijadikan sebagai makanan sarapan atau makan siang.

Empal Gentong

Empal gentong adalah salah satu makanan khas Banten yang terkenal. Makanan ini terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah dan kuah santan yang kental.

Empal gentong biasanya disajikan dengan nasi dan sambal terasi. Rasanya sangat gurih dan nikmat.

Soto Bandung

Meskipun namanya mengandung kata “Bandung”, soto Bandung sebenarnya adalah makanan khas Banten. Soto Bandung terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah dan kuah santan yang kental.

Biasanya disajikan dengan nasi, tauge, kentang goreng, dan emping. Rasanya sangat lezat dan cocok dijadikan sebagai makan siang atau makan malam.

Nasi Uduk

Makanan khas Indonesia ini sangat populer di Banten. Dimana dibuat dari beras yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah khas Indonesia.

Nasi uduk biasanya disajikan dengan lauk pauk seperti ayam goreng, telur dadar, atau tempe goreng. Rasanya sangat lezat dan cocok dijadikan sebagai sarapan atau makan siang.

Artikel Menarik:  10 Jenis Makanan Enak di Jogja yang Menggugah Selera

Kue Serabi

Kue serabi salah satu makanan Banten yang terbuat dari tepung beras dan dicampur dengan santan serta gula. Biasanya disajikan dengan kuah gula merah atau kaya. Rasanya sangat manis dan lezat.

Pindang Serani

Makanan khas Banten ini terbuat dari ikan gabus yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah dan asam jawa. Pindang serani biasanya disajikan dengan nasi dan sambal terasi. Rasanya sangat gurih dan asam segar.

Cimol

Cimol adalah makanan khas Banten yang dibuat dari tepung tapioka yang dicampur dengan bawang putih, daun bawang, dan bumbu-bumbu lainnya. Biasanya digoreng dan disajikan dengan saus kacang atau sambal. Rasanya sangat gurih dan renyah.

Ketoprak

Ketoprak adalah makanan khas Jakarta yang juga populer di Banten. Dimana terbuat dari lontong yang diiris-iris, tahu, bihun, dan sayuran seperti tauge dan kacang panjang.

Umumnya disajikan dengan bumbu kacang yang khas dan kerupuk. Rasanya sangat lezat dan segar.

Nasi Grombyang

Nasi grombyang terbuat dari nasi yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah khas Banten. Biasanya disajikan dengan lauk seperti ayam goreng, telur dadar, atau tempe goreng. Rasanya sangat gurih dan cocok dijadikan sebagai makan siang atau makan malam.

Kesimpulan

Banten memiliki kekayaan kuliner yang tak kalah menarik dibandingkan dengan keindahan pantainya dan budayanya yang khas.

Berbagai jenis makanan khas Banten seperti nasi sumsum, empal gentong, soto Bandung, kue serabi, dan masih banyak lagi, memiliki cita rasa yang unik dan menggugah selera. Jika Anda berkunjung ke Banten, jangan lupa mencicipi kuliner khasnya yang lezat dan nikmat. Selamat menikmati!

Artikel Menarik:  Tari Gantar yang Menjadi Kesenian dari Pemuda Suku Dayak