makanan khas banjarnegara
pixabay.com

Makanan Khas Banjarnegara yang Harus Anda Coba

Posted on

Banjarnegara adalah sebuah kota di provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Terkenal dengan berbagai keindahan alamnya seperti Pegunungan Slamet dan Danau Telaga Warna. Selain itu, Banjarnegara juga mempunyai berbagai makanan khas yang wajib dicicipi saat berkunjung ke kota ini.

Sate Klathak

Salah satu makanan khas Banjarnegara yang terkenal adalah sate klathak. Sate klathak terbuat dari daging kambing yang dibumbui dengan bumbu kacang dan kemudian dibakar di atas arang.

Ciri khas dari sate klathak adalah bumbu kacang yang disajikan dengan tekstur yang kasar karena bahan bumbunya diulek dengan batu.

Sate klathak biasanya disajikan dengan lontong atau nasi putih, dan bumbu kecap serta irisan cabai rawit sebagai pelengkap.

Rasanya yang gurih dan pedas membuat sate klathak sangat cocok sebagai hidangan utama ketika berkumpul bersama keluarga atau teman-teman.

Soto Kerbau

Soto kerbau adalah makanan khas Banjarnegara yang wajib dicoba saat berkunjung ke kota ini. Seperti namanya, soto kerbau terbuat dari daging kerbau yang dimasak dengan berbagai rempah-rempah dan sayuran.

Soto kerbau disajikan dengan nasi putih dan kerupuk sebagai pelengkap. Rasa kuahnya yang gurih dan pedas membuat soto kerbau menjadi hidangan yang sangat menggugah selera.

Selain itu, daging kerbaunya yang empuk membuat hidangan ini sangat cocok sebagai makanan berat di siang hari.

Sego Kucing

Jika Anda suka mencicipi berbagai hidangan kecil, maka sego kucing adalah makanan yang tepat untuk Anda. Sego kucing merupakan makanan kecil yang terdiri dari nasi putih, lauk pauk, dan sambal.

Artikel Menarik:  Kerajaan Siak: Sejarah dan Kebudayaan

Namun, yang membedakan sego kucing dengan nasi kotak lainnya adalah ukurannya yang sangat kecil sehingga dapat dimakan hanya dengan satu gigitan.

Sego kucing biasanya dijual di warung-warung kecil atau di pinggir jalan. Anda dapat menemukan berbagai macam lauk pauk seperti ayam goreng, tempe goreng, ikan goreng, dan masih banyak lagi.

Rasanya yang enak dan praktis membuat sego kucing menjadi makanan yang sangat populer di kalangan masyarakat Banjarnegara.

Es Podeng

Jika Anda sedang berkunjung ke Banjarnegara pada musim panas, jangan lewatkan untuk mencicipi es podeng. Es podeng terbuat dari serutan es yang dicampur dengan sirup dan santan kelapa.

Biasanya, es podeng disajikan dengan potongan nangka atau durian sebagai pelengkapnya.

Es podeng adalah makanan yang sangat segar dan cocok dijadikan sebagai penyejuk tenggorokan pada siang hari yang panas. Anda dapat menemukan es podeng di berbagai warung makan dan kafe di Banjarnegara.

Nasi Goreng Babat

Nasi goreng babat adalah salah satu hidangan khas Banjarnegara yang terkenal. Hidangan ini terbuat dari nasi yang digoreng dengan bumbu-bumbu rempah seperti kemiri, bawang putih, dan cabai.

Kemudian, nasi goreng ini disajikan dengan babat yang dimasak dengan bumbu kacang dan petis. Ada juga variasi dari nasi goreng babat yang menggunakan daging sapi atau ayam sebagai pengganti babat.

Rasanya yang gurih dan pedas membuat nasi goreng babat menjadi hidangan yang sangat menggugah selera. Anda dapat menemukan nasi goreng babat di berbagai warung makan dan kafe di Banjarnegara.

Sate Telur Puyuh

Jika Anda menyukai hidangan sate, maka sate telur puyuh adalah makanan yang harus Anda coba saat berkunjung ke Banjarnegara.

Artikel Menarik:  Makanan Khas Majalengka: Kelezatan yang Menggugah Selera

Sate telur puyuh terbuat dari telur puyuh yang dibalut dengan daging sapi cincang. Kemudian, sate ini dibakar di atas arang dan disajikan dengan bumbu kacang dan kecap.

Rasanya yang gurih dan lezat membuat sate telur puyuh menjadi hidangan yang sangat populer di kalangan masyarakat Banjarnegara. Anda dapat menemukan sate telur puyuh di berbagai warung makan dan kafe di Banjarnegara.

Nasi Liwet

Nasi liwet adalah hidangan khas Banjarnegara yang terbuat dari nasi yang dimasak dengan santan kelapa dan berbagai rempah-rempah seperti serai, daun salam, dan lengkuas.

Kemudian, nasi liwet ini disajikan dengan berbagai lauk pauk seperti ayam suwir, tahu tempe goreng, dan sayuran hijau.

Rasanya yang gurih dan lezat membuat nasi liwet menjadi hidangan yang sangat populer di kalangan masyarakat Banjarnegara. Anda dapat menemukan nasi liwet di berbagai warung makan dan kafe di Banjarnegara.

Tahu Petis

Tahu petis adalah makanan khas Banjarnegara yang terbuat dari tahu yang digoreng dan disajikan dengan petis dan bawang goreng. Dimana memiliki rasa yang unik dan khas karena petisnya yang dibuat dari udang.

Anda dapat menemukan tahu petis di berbagai warung makan dan kafe di Banjarnegara. Hidangan ini sangat cocok sebagai makanan ringan atau sebagai teman makan nasi.

Kesimpulan

Setiap daerah di Indonesia memiliki keunikan dan kekhasannya sendiri dalam hal kuliner. Banjarnegara tidak ketinggalan dalam hal ini, dengan berbagai hidangan khas yang lezat dan unik.

Jangan ragu untuk mencoba hidangan-hidangan khas Banjarnegara ketika Anda berkunjung ke sana. Nikmati sensasi baru dalam mencicipi kuliner yang berbeda dari daerah lainnya di Indonesia.

Artikel Menarik:  Makanan Khas Suku Nias: Hidangan Ikonik yang Menggoda Selera