makanan khas ntt
unsplash.com

Makanan Khas NTT: Nikmati Sensasi Rasa yang Berbeda

Posted on

Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan provinsi yang kaya akan keindahan alam, budaya, dan tentunya makanan khas.

Salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke NTT adalah mencicipi makanan khasnya yang begitu beragam. Dari makanan berat hingga camilan, semua bisa dinikmati dengan cita rasa yang khas dan unik.

Ikan Woku Belanga

Makanan khas pertama yang wajib dicoba adalah Ikan Woku Belanga. Ikan yang sering digunakan seperti ikan kakap, tuna, atau ikan merah.

Makanan ini memiliki bumbu yang khas dengan rempah-rempah seperti kunyit, ketumbar, dan jahe.

Ikan yang dimasak dalam belanga (periuk tanah liat) membuat rasa ikan semakin terasa. Jangan lupa untuk mencicipi makanan ini ketika berada di NTT.

Sate Maranggi

Jika kamu berkunjung ke daerah Kupang, cobalah untuk mencicipi Sate Maranggi. Sate ini terbuat dari daging kambing yang dibumbui dengan rempah khas NTT dan dibakar hingga matang.

Sensasi pedas dan asam dari sambal kacang yang disajikan membuat makanan ini semakin nikmat.

Ayam Taliwang

Makanan khas NTT yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi, sebab terbuat dari ayam yang dibumbui dengan bawang merah, bawang putih, cabai rawit, dan kencur.

Makanan ini memiliki cita rasa pedas dan gurih yang membuat lidah bergoyang.

Nasi Campur

Nasi Campur adalah makanan yang terdiri dari nasi putih, lauk pauk, sayur, dan sambal. Makanan ini bisa ditemukan di berbagai daerah di NTT.

Artikel Menarik:  Tari Indang Asal Minangkabau yang Eksis Sampai Sekarang

Setiap daerah memiliki varian nasi campur yang berbeda-beda. Di NTT, nasi campur seringkali disajikan dengan ikan asin atau telur asin.

Sate Babi

Bagi yang suka dengan daging babi, cobalah Sate Babi yang menjadi makanan khas NTT. Daging babi dibakar dengan bumbu khas dan disajikan dengan sambal kecap.

Makanan ini bisa ditemukan di berbagai tempat di NTT dan menjadi salah satu makanan yang paling dicari oleh wisatawan.

Mie Titi

Mie Titi merupakan mie khas NTT yang terbuat dari tepung sagu dan dicampur dengan air laut. Kemudian mie direbus dan disajikan dengan berbagai jenis lauk pauk seperti ikan, daging, atau sayur.

Sensasi kenyal dan gurih dari mie ini membuat makanan ini begitu populer di kalangan masyarakat

Se’i

Se’i adalah daging sapi atau babi yang diasap dengan cara tradisional. Proses pengasapan ini membuat daging menjadi beraroma khas dan memiliki cita rasa yang unik.

Daging se’i biasanya disajikan dengan nasi atau ketupat dan sayur-sayuran. Makanan ini sangat populer di Kalabahi, ibukota Kabupaten Alor.

Sup Kaledo

Sup Kaledo adalah makanan khas Flores, NTT. Makanan ini terbuat dari daging sapi yang direbus bersama dengan jeroan sapi seperti limpa, hati, dan usus.

Kuah supnya sangat gurih dan memiliki rasa yang khas. Biasanya disajikan dengan nasi atau ketupat.

Wajik

Wajik salah satu makanan tradisional dari NTT yang terbuat dari ketan dan dicampur dengan gula kelapa serta parutan kelapa.

Makanan ini dibentuk seperti segitiga atau seperti kotak kecil dan dihidangkan sebagai camilan. Wajik menjadi salah satu makanan khas NTT yang paling populer dan mudah ditemukan di berbagai daerah.

Artikel Menarik:  Makanan Khas Bima yang Menggugah Selera

Sambal Matah

Sambal Matah bukanlah makanan utama, namun menjadi pelengkap dari berbagai makanan di NTT.

Bahan pembuatannya berupa cabai rawit, bawang merah, bawang putih, dan serai yang diiris halus. Sambal Matah memiliki rasa pedas, asam, dan segar yang dapat meningkatkan selera makan.

Nasi Jaha

Nasi Jaha adalah makanan khas Rote, NTT yang terbuat dari beras dan dicampur dengan kelapa parut serta dibungkus dalam daun pisang.

Setelah itu, nasi ini dipanggang dengan cara tradisional. Makanan ini memiliki aroma kelapa yang khas dan rasa yang gurih.

Babi Kecap

Babi Kecap adalah makanan khas Timor, NTT. Daging babi yang telah dipotong-potong direbus dengan bumbu-bumbu seperti bawang putih, jahe, dan kecap manis.

Makanan ini memiliki cita rasa manis dan gurih. Biasanya disajikan dengan nasi putih dan sayur-sayuran.

Gogos

Gogos salah satu makanan khas Flores yang terbuat dari sagu yang dihaluskan dan dicampur dengan kelapa parut.

Makanan ini biasanya disajikan sebagai camilan atau oleh-oleh khas Flores. Gogos memiliki rasa manis dan tekstur yang kenyal.

Nasi Kolo

Nasi Kolo merupakan makanan khas Manggarai, Flores. Makanan ini terbuat dari beras yang dicampur dengan daun kemangi dan bawang merah yang diiris halus.

Biasanya disajikan dengan daging sapi atau babi dan sayur-sayuran. Nasi Kolo memiliki aroma yang khas dan rasa yang lezat.

Kesimpulan

Makanan khas NTT sangat beragam dan memiliki cita rasa yang khas. Mulai dari ikan bakar, se’i, sampai dengan wajik, semua makanan khas NTT dapat membuat lidah anda bergoyang.

Selain itu, makanan yang ada di NTT juga dapat menjadi daya tarik wisata kuliner bagi para wisatawan yang berkunjung ke NTT. Jangan lupa untuk mencoba beberapa makanan khas NTT ketika berkunjung ke daerah tersebut!

Artikel Menarik:  Kenali Tari Jaran Kepang yang Dianggap Sebagai Tarian Mistis