makanan khas italia
pexels.com

Makanan Khas Italia yang Menarik dan Wajib di Cicipi

Posted on

Makanan Italia selalu menjadi magnet bagi wisatawan dunia. Tak heran, makanan khas Italia selalu menjadi primadona dan menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung ke negara itu.

Dari pasta hingga pizza, negara ini memiliki beragam makanan khas yang tidak hanya lezat tetapi juga sangat unik. Berikut ini adalah 20 makanan khas Italia yang wajib Anda coba saat berkunjung ke Italia.

Pizza

Pizza adalah makanan Italia yang paling terkenal di seluruh dunia. Di Italia, pizza biasanya dihidangkan dengan ukuran yang lebih kecil dan digunakan sebagai makanan pembuka sebelum hidangan utama.

Namun, pizza yang biasa kita kenal juga populer di Italia, terutama pizza Margherita yang terdiri dari tomat, mozzarella, dan basil.

Pasta

Pasta adalah hidangan khas Italia yang tidak boleh Anda lewatkan saat berkunjung ke negara ini. Ada banyak jenis pasta yang dapat Anda nikmati, seperti spaghetti, fettuccine, lasagna, dan ravioli.

Setiap jenis pasta memiliki tekstur yang berbeda-beda, dan biasanya dihidangkan dengan saus tomat, daging, atau seafood.

Gelato

Gelato adalah es krim ala Italia yang terkenal di seluruh dunia. Dimana dibuat dengan menggunakan bahan-bahan segar seperti susu, krim, dan buah-buahan, yang memberikan rasa yang lebih kaya dan lebih lezat dibandingkan es krim biasa.

Minestrone

Minestrone adalah sup khas Italia yang dibuat dengan menggunakan sayuran segar seperti wortel, kentang, tomat, dan kacang hijau. Biasanya disajikan sebagai hidangan pembuka sebelum hidangan utama.

Artikel Menarik:  Mengulik Keunikan dan 4 Rumah Adat Batak Sumatera Utara 

Risotto

Risotto adalah hidangan nasi khas Italia yang sangat populer di seluruh dunia. Biasanya, risotto dibuat dengan menggunakan beras Arborio dan dihidangkan dengan berbagai bahan, seperti jamur, keju, atau udang.

Bruschetta

Bruschetta adalah roti panggang yang dipanggang dengan bawang putih dan diberi topping tomat, basil, dan keju. Hidangan ini sangat populer di Italia dan biasanya dihidangkan sebagai makanan pembuka.

Osso Buco

Osso Buco adalah hidangan daging sapi yang populer di wilayah Lombardi, Italia. Daging sapi yang digunakan biasanya adalah daging pada tulang kering, dan disajikan dengan saus tomat dan rempah-rempah.

Polenta

Polenta adalah hidangan khas Italia yang dibuat dengan menggunakan jagung kuning. Biasanya disajikan sebagai pengganti nasi atau kentang, dan dihidangkan dengan berbagai saus, seperti saus tomat atau saus jamur.

Caprese Salad

Caprese Salad adalah salad khas Italia yang terdiri dari tomat segar, mozzarella, dan basil. Salad ini biasanya disajikan sebagai hidangan pembuka sebelum hidangan utama atau sebagai hidangan ringan di siang hari.

Carpaccio

Carpaccio adalah hidangan daging mentah yang sangat tipis dan biasanya disajikan sebagai hidangan pembuka. Daging yang digunakan biasanya adalah daging sapi atau ikan, dan disajikan dengan saus lemon dan keju Parmesan.

Tiramisu

Tiramisu adalah hidangan penutup khas Italia yang terbuat dari keju mascarpone, telur, dan kopi. Hidangan ini sangat lezat dan sering dihidangkan di restoran Italia di seluruh dunia.

Panzanella

Panzanella adalah hidangan salad yang berasal dari wilayah Tuscany, Italia. Salad ini terbuat dari roti panggang, tomat, bawang merah, dan basil, dan dihidangkan dengan saus balsamico.

Tagliatelle al Ragù

Tagliatelle al Ragù adalah hidangan pasta yang terkenal di wilayah Emilia-Romagna, Italia. Pasta ini dihidangkan dengan saus daging yang biasanya terbuat dari daging sapi, tomat, dan sayuran.

Artikel Menarik:  Tari Bedana Lampung yang Terikat Dengan Adat Istiadat

Arancini

Arancini adalah bola nasi yang digoreng dan diisi dengan keju, daging, atau sayuran. Hidangan ini berasal dari wilayah Sicily, Italia, dan biasanya disajikan sebagai makanan ringan atau hidangan pembuka.

Prosciutto di Parma

Prosciutto di Parma adalah daging ham yang berasal dari wilayah Parma, Italia. Daging ini terkenal di seluruh dunia karena rasanya yang lezat dan teksturnya yang tipis.

Calzone

Calzone adalah hidangan pizza yang dilipat seperti kalzone dan diisi dengan berbagai bahan, seperti sosis, jamur, dan keju.

Hidangan ini sangat populer di seluruh Italia dan biasanya disajikan sebagai makanan siang atau makanan ringan.

Cannoli

Cannoli adalah hidangan penutup khas Italia yang terbuat dari kulit pastry yang digoreng dan diisi dengan keju ricotta. Hidangan ini biasanya dihiasi dengan kacang pistachio atau buah kering.

Orecchiette

Orecchiette adalah hidangan pasta khas Italia yang terbuat dari tepung terigu dan air. Pasta ini biasanya dihidangkan dengan saus tomat, daging, atau sayuran, dan sangat populer di seluruh Italia.

Amatriciana

Amatriciana adalah hidangan pasta yang berasal dari kota Amatrice di Italia. Pasta ini dihidangkan dengan saus tomat, daging, dan keju Parmesan, dan sangat populer di seluruh Italia.

Pollo alla Cacciatora

Pollo alla Cacciatora adalah hidangan ayam panggang yang disajikan dengan saus tomat dan rempah-rempah. Hidangan ini berasal dari wilayah Tuscany, Italia, dan sangat populer di seluruh Italia.

kesimpulan

Itulah makanan khas Italia yang sangat lezat dan terkenal di seluruh dunia. Makanan Italia bukan hanya tentang cita rasa yang enak, tetapi juga tentang tradisi dan budaya yang kental di dalamnya.

Jika Anda ingin merasakan makanan yang otentik, pastikan untuk mengunjungi restoran Italia yang asli dan mencicipi hidangan yang disajikan dengan cara yang benar. Selamat menikmati!

Artikel Menarik:  12 Jenis Alat Musik Idiophone di Indonesia yang Harus Diketahui