makanan khas boyolali
freepik.com

Makanan Khas Boyolali: Nikmatnya Gurihnya Kuliner Nusantara

Posted on

Boyolali, sebuah kota kecil di Jawa Tengah, tak hanya terkenal sebagai kota pemilihan kepala daerah, tapi juga memiliki beragam kuliner khas yang menggugah selera.

Tak heran, kota ini menjadi destinasi wisata kuliner bagi banyak orang. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai macam makanan khas Boyolali yang wajib dicoba.

Sate Kelinci

Di Boyolali, sate kelinci merupakan makanan yang cukup populer dan banyak ditemukan di pedagang kaki lima. Sate kelinci ini diolah dari daging kelinci yang dipotong kecil-kecil dan disajikan dengan bumbu kacang yang khas.

Selain enak, sate kelinci juga dianggap sebagai makanan yang sehat dan rendah kolesterol.

Soto Boyolali

Soto Boyolali adalah soto dengan kuah bening yang terbuat dari rebusan daging sapi atau ayam yang disajikan dengan mi, tauge, emping, irisan ketupat, serta irisan bawang goreng dan seledri. Biasanya disajikan dengan tambahan sambal, kecap, dan jeruk nipis untuk memberi rasa segar.

Tiwul

Tiwul adalah makanan tradisional khas Jawa Tengah yang terbuat dari singkong yang dihaluskan menjadi tepung dan disajikan dengan lauk pauk seperti sayur, sambal, dan ayam suwir. Di Boyolali, tiwul menjadi salah satu makanan yang paling populer dan mudah ditemukan di warung-warung makan.

Nasi Grombyang

Nasi Grombyang adalah makanan khas Boyolali yang terbuat dari nasi yang diaduk dengan sayur-sayuran seperti labu, daun singkong, daun pepaya, dan lainnya. Biasanya nasi grombyang dihidangkan bersamaan dengan sambal terasi dan ayam goreng.

Artikel Menarik:  Kerajaan Belanda: Sejarah, Budaya, dan Kehidupan Modern

Nasi Liwet

Makanan yang terbuat dari nasi yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah ini banyak ditemukan di daerah Boyolali. Biasanya nasi liwet disajikan dengan lauk pauk seperti ayam goreng, ikan asin, atau telur pindang.

Kue Klepon

Kue klepon salah satu makanan khas Indonesia yang banyak ditemukan di berbagai daerah, termasuk Boyolali. Dimana terbuat dari tepung ketan yang dibentuk menjadi bola-bola kecil, diisi dengan gula merah cair, dan direbus dalam air mendidih.

Setelah matang, kue klepon ditaburi dengan kelapa parut yang telah dicampur dengan sedikit garam. Rasanya manis dan legit, sangat cocok sebagai camilan atau cemilan di saat bersantai.

Es Dawet Telasih

Es dawet telasih adalah minuman segar khas Boyolali yang terbuat dari santan, gula merah, tepung beras, dan telasih.

Dawet yang kenyal dan lembut dicampur dengan sirup gula merah yang kental dan santan yang gurih. Ditambah dengan es batu, membuat minuman ini cocok untuk menyegarkan diri di saat cuaca panas.

Tiwul Ayam Bacem

Tiwul ayam bacem adalah makanan khas Boyolali yang terbuat dari tiwul dan ayam yang dimasak dengan bumbu kacang dan kecap manis.

Rasanya gurih dan sedikit manis. Biasanya tiwul ayam bacem dihidangkan bersama dengan telur rebus dan tempe goreng. Cocok untuk dinikmati sebagai hidangan utama.

Bakso Kikil

Hidangan khas Boyolali ini terbuat dari daging sapi dan kikil yang dicampur dengan tepung tapioka dan rempah-rempah. Rasanya sangat lezat dan cocok dijadikan sebagai makanan ringan atau sebagai lauk saat makan nasi.

Getuk Goreng

Getuk goreng adalah makanan ringan yang terbuat dari singkong yang dihaluskan dan dibentuk seperti tali. Kemudian, tali getuk ini digoreng hingga kecoklatan dan disajikan dengan sambal kacang. Rasanya gurih dan renyah, cocok untuk disantap saat bersantai.

Artikel Menarik:  Tari Gegot, Kesenian Tari yang Dibawakan Secara Berpasangan

Peyek Kacang

Peyek kacang adalah makanan ringan yang terbuat dari kacang tanah yang dicampur dengan tepung terigu, tepung beras, dan bumbu-bumbu. Kemudian, adonan ini digoreng hingga kecoklatan dan dijadikan sebagai camilan yang lezat dan gurih. Peyek kacang juga cocok dijadikan sebagai oleh-oleh khas Boyolali.

Nasi Pindang

Nasi pindang adalah makanan khas Boyolali yang terbuat dari nasi yang dimasak dengan kaldu sapi atau ayam dan rempah-rempah seperti daun salam, serai, dan lengkuas. Biasanya, nasi pindang disajikan dengan lauk pauk seperti ayam atau sapi pindang, serta sambal atau acar untuk memberi rasa segar.

Kesimpulan

Makanan khas Boyolali sangat beragam dan memiliki cita rasa yang khas. Mulai dari makanan ringan seperti peyek kacang dan getuk goreng, hingga hidangan utama seperti tiwul ayam bacem dan nasi pindang, semuanya memiliki rasa yang lezat dan menggugah selera.

Tidak hanya makanan, minuman khas Boyolali seperti es dawet telasih dan es dawet campur juga sangat segar dan cocok untuk dinikmati di saat cuaca panas.

Jika Anda berkesempatan berkunjung ke Boyolali, jangan lupa untuk mencoba berbagai makanan dan minuman khas yang ada di sana. Selain memuaskan lidah, Anda juga dapat menikmati keindahan alam dan kearifan lokal yang ada di Boyolali. Selamat mencoba dan menikmati kuliner khas Boyolali!