makanan khas klaten
freepik.com

Makanan Khas Klaten yang lezat dan Wajib Dicoba

Posted on

Klaten adalah salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang terkenal dengan makanan khas yang lezat dan menggugah selera.

Tidak hanya enak, makanan-makanan khas Klaten ini juga punya sejarah dan cerita yang menarik. Jadi, jika kamu berkunjung ke Klaten, jangan lewatkan untuk mencicipi beberapa makanan khasnya berikut ini.

Sate Klathak

Jika kamu suka sate, maka sate klathak menjadi salah satu makanan khas Klaten yang harus dicoba. Sate ini terbuat dari daging sapi yang dipotong kecil-kecil dan ditusuk menggunakan tusuk sate.

Agar terlihat istimewa, makanan ini ditaburi dengan bumbu kacang yang lezat dan gurih. Bumbu tersebut dibuat dari kacang tanah, bawang putih, gula merah, garam, dan rempah-rempah.

Setelah diblender, bumbu kacang ini dicampur dengan petis dan air asam untuk memberikan rasa yang khas. Biasanya disajikan dengan lontong dan irisan ketimun serta bawang merah.

Gudeg Klaten

Gudeg merupakan makanan khas Yogyakarta yang sangat populer juga di Klaten. Namun, makanan Klaten ini memiliki ciri khas yang berbeda dengan gudeg Yogyakarta.

Gudeg Klaten lebih cenderung manis dan berwarna coklat kehitaman karena menggunakan gula aren sebagai pemanisnya. Bahan yang digunakan untuk membuat seperti nangka muda, telur, santan, dan bumbu rempah.

Semua bahan tersebut dimasak dalam panci dan diaduk secara terus-menerus agar bumbu meresap ke dalam nangka muda. Biasanya makanan ini disajikan dengan ayam suwir, krecek, dan nasi putih.

Tahu Gimbal

Makanan khas Klaten ini terdiri dari tahu goreng yang dipotong kecil-kecil dan dicampur dengan lontong, kol, toge, dan telur rebus.

Artikel Menarik:  Makanan Khas Solo: Nikmati Kelezatan Kuliner Jawa Tengah

Semua bahan tersebut disiram dengan kuah kacang yang terbuat dari kacang tanah, gula merah, bawang putih, dan rempah-rempah. Rasa yang pedas dan gurih menjadi salah satu makanan favorit bagi orang-orang yang menyukai makanan pedas.

Sate Telur Puyuh

Seperti namanya, sate ini terbuat dari telur puyuh yang ditusuk menggunakan tusuk sate, kemudian dibalut dengan adonan tepung dan digoreng hingga berwarna kuning kecoklatan.

Biasanya sate ini disajikan dengan sambal yang terbuat dari kecap manis, bawang putih, cabai merah, gula merah, dan air jeruk nipis.

Kombinasi antara rasa manis dan pedas dari sambal kecap dan kelezatan dari telur puyuh yang digoreng membuat sate telur puyuh menjadi salah satu makanan khas Klaten yang patut dicoba.

Soto Klaten

Makanan khas ini terbuat dari ayam, telur, tauge, dan bumbu rempah. Biasanya disajikan dengan lontong atau nasi putih dan taburan bawang goreng serta irisan daun seledri.

Soto ini terlihat istimewa, sebab kuahnya kental terbuat dari bumbu rempah seperti serai, daun salam, dan jahe, serta santan yang kental.

Semua bumbu ini dimasak bersama ayam dan telur hingga matang dan bumbu meresap ke dalam daging ayam. Rasanya yang gurih dan lezat membuat soto menjadi salah satu makanan yang populer di Klaten.

Telor Balado

Telor balado adalah salah satu makanan khas Klaten yang terbuat dari telur rebus yang digoreng dengan bumbu balado. Bumbu balado terbuat dari cabai merah, bawang putih, garam, gula, dan air asam.

Biasanya disajikan dengan nasi putih dan kerupuk. Rasanya yang pedas dan gurih membuat makanan ini banyak diminati di Klaten.

Artikel Menarik:  Yuk, Ketahui Lebih Jauh Tentang Alat Musik Harmonika

Keripik Tempe

Keripik tempe salah satu makanan ringan yang terbuat dari tempe yang dipotong tipis dan kemudian digoreng hingga renyah. Untuk membuatnya, tempe dipotong tipis dan dicampur dengan bumbu seperti garam, cabai, dan bawang putih.

Kemudian tempe digoreng hingga renyah dan garing. Dengan rasa yang renyah dan gurih biasanya disajikan sebagai makanan ringan atau sebagai pelengkap makanan.

Getuk Goreng

Makanan khas Klaten ini terbuat dari ketela pohon yang dipotong-potong dan kemudian digoreng hingga matang dan berwarna kuning kecoklatan. Biasanya disajikan sebagai makanan ringan atau sebagai pelengkap makanan.

Untuk membuatnya, ketela pohon diparut halus dan kemudian dicampur dengan gula merah. Adonan ketela pohon ini kemudian dibentuk bulat dan digoreng hingga matang.

Pecel Klaten

Pecel Klaten merupakan makanan khas Klaten yang terdiri dari sayuran seperti kangkung, kacang panjang, daun singkong, dan tauge yang disiram dengan bumbu kacang yang pedas dan gurih.

Biasanya disajikan dengan nasi putih dan lauk seperti tempe goreng atau tahu goreng. Rasa pedas dan gurih dari bumbu kacang menjadi makanan yang nikmat dan lezat.

Kesimpulan

Makanan khas Klaten yang telah disebutkan di atas menunjukkan kekayaan kuliner dari daerah tersebut. Setiap makanan memiliki ciri khas dan cita rasa yang berbeda-beda namun semuanya memiliki keunikan dan kelezatan tersendiri.

Bagi Anda yang ingin mengunjungi Klaten, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba makanan khas daerah tersebut. Selain menikmati keindahan alam dan budaya yang dimiliki, Anda juga dapat merasakan kelezatan kuliner Klaten yang tidak dapat ditemukan di tempat lain.

Artikel Menarik:  Makanan Khas Vietnam: Kenikmatan yang Menggoda Selera