makanan khas lampung
unsplash.com

Makanan Khas Lampung yang Menggugah Selera

Posted on

Lampung merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki banyak ragam kuliner khas. Makanan khas Lampung mempunyai cita rasa yang khas dan unik.

Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa makanan khas yang patut untuk dicoba.

Pindang Tulang

Pindang tulang merupakan salah satu hidangan khas Lampung yang terkenal. Hidangan ini dibuat dari tulang ikan yang direbus dengan campuran bumbu-bumbu yang khas.

Sehingga menghasilkan kuah yang kental dengan cita rasa gurih dan pedas.

Laksa

Laksa menjadi hidangan yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Lampung. Karena kuah makanan ini terbuat dari santan dan rempah-rempah yang disajikan dengan mie kuning, irisan ketupat, telur rebus, tauge, dan sayuran lainnya.

Gulai Daun Singkong

Gulai daun singkong menjadi hidangan khas Lampung yang terkenal. Dimana terbuat dari daun singkong yang dimasak dengan bumbu rempah yang kaya akan rasa dan aroma. Biasanya, disajikan dengan nasi putih dan ikan goreng.

Sambal Bebalung

Sambal bebalung terbuat dari paru sapi yang dimasak dengan bumbu rempah yang kaya akan rasa. Biasanya, hidangan ini disajikan dengan nasi putih dan sayuran hijau.

Gangan Sayur

Hidangan khas Lampung ini terbuat dari berbagai macam sayuran seperti kangkung, labu, dan terung yang dimasak dengan bumbu rempah yang khas. Gangan sayur Biasanya disajikan dengan nasi putih dan ikan goreng.

Tempoyak

Tempoyak khas Lampung terbuat dari durian yang difermentasi dengan garam. Hidangan ini memiliki cita rasa yang khas dan sedikit asam dan biasanya disajikan sebagai lauk-pauk.

Artikel Menarik:  Makanan Khas Bengkulu: Cita Rasa Unik yang Wajib Dicoba

Ikan Mas Pindang

Ikan mas pindang merupakan hidangan khas Lampung yang terkenal. Hidangan ini terbuat dari ikan mas yang direbus dengan campuran bumbu-bumbu yang khas. Kuah yang kental memiliki cita rasa gurih dan pedas.

Cumi Goreng Tepung

Makanan khas Lampung ini terbuat dari cumi-cumi yang dibaluti dengan tepung, kemudian digoreng hingga matang. Hidangan ini biasanya disajikan dengan saus sambal yang pedas.

Kemplang

Kemplang adalah camilan khas Lampung yang terbuat dari ikan tenggiri yang dicincang halus dan dicetak bulat.

Kemudian, adonan ikan tersebut dipanggang hingga matang. Biasanya disajikan sebagai camilan atau makanan ringan.

Seruit

Seruit terbuat dari ikan teri yang dibumbui dengan bumbu rempah dan kemudian digoreng. Hidangan ini biasanya disajikan dengan nasi putih dan sayuran hijau.

Kue Lumpang

Kue lumpang adalah kue khas Lampung yang terbuat dari tepung ketan yang dibentuk bulat dan kemudian dipanggang diatas arang. Biasanya disajikan dengan gula merah cair.

Mi Ketoprak

Hidangan khas Lampung ini terbuat dari mie kuning yang disajikan dengan sayuran hijau, tahu, telur rebus, dan bumbu kacang yang kental. Biasanya disajikan sebagai makanan ringan atau menu sarapan.

Gethuk

Gethuk adalah makanan khas Lampung yang terbuat dari singkong yang dihaluskan dan dicampur dengan gula merah. Kemudian, adonan singkong tersebut dibentuk bulat dan disajikan sebagai camilan atau makanan ringan.

Kesimpulan

Itulah beberapa makanan khas Lampung yang patut untuk dicoba. Tidak hanya memiliki cita rasa yang lezat, makanan Lampung juga memiliki keunikan dalam bahan-bahannya yang digunakan dan cara penyajiannya.

Jadi, jika kamu sedang berkunjung ke Lampung, jangan lupa untuk mencoba beberapa makanan khas Lampung yang sudah disebutkan di atas. Selain itu, kamu juga dapat menjelajahi kuliner-kuliner lainnya yang ada di Lampung untuk mendapatkan pengalaman kuliner yang berkesan. Selamat mencoba!

Artikel Menarik:  Kerajaan Mataram Kuno: Kejayaan dan Kekayaan Budaya di Tanah Jawa