Tari Padang
wikimedia.org

Kenali, 3 Jenis Tari Padang Beserta Fungsi dan Propertinya

Posted on

Sumatera Barat merupakan sebuah provinsi yang berada di Pulau Sumatera dengan ibu kota Padang. Wilayah ini tentu mempunyai berbagai jenis bentuk budaya,mulai dari rumah adat, alat musik tradisional, senjata tradisional dan kesenian tari. Nah kali ini kita akan membahas tentang ragam jenis tari yang ada di Padang.

Meskipun sebagian sudah jarang dipentaskan, namun perlu diketahui bahwa tari Padang ini masih dijaga dan dilestarikan sampai sekarang.

Ragam Jenis Tari Padang

Ragam Jenis Tari Padang
wikimedia.org

Berbicara tentang jenis-jenis tarian, tentu memiliki keunikan dan ciri khasnya masing-masing. Namun apa saja sih jenis tarian yang ada di padang tersebut? Yuk simak ulasan berikut untuk mengetahui lebih jelasnya!

1. Tari Rantak

Tari Rantak
ypkm.or.id

Tari rantak adalah salah satu tari asal Minangkabau, Provinsi Sumatera Barat yang dinamis dan menarik untuk ditonton.

Tarian ini dibawakan oleh beberapa laki-laki dan perempuan menggunakan busana berwarna merah yang dilengkapi dengan benang emas.

Saat ditampilkan,  para penari akan membawakan tarian ini dengan menekankan pada ketajaman gerakan penarinya. Biasanya dipentaskan dalam berbagai acara seperti upacara adat, acara resepsi pernikahan, menyambut tamu dan lain sebagainya.

Ternyata tarian ini terinspirasi dari gerakan pencak silat atau ilmu bela diri asal Indonesia yang dinamis. 

Gerakan tersebut mempunyai ciri khas yang tegas dan hentakan kaki yang menimbulkan bunyi, seperti gerakan pencak silat. Nggak heran jika tarian ini sering membuat penonton terpukau dengan gerakannya.

2. Tari Randai

Tari Randai
wikimedia.org

Selain tari Manipuren, Tari asal Minangkabau ini mempunyai fungsi yang sama seperti tari pasambahan, yaitu untuk  menyambut tamu-tamu terhormat, mempelai pengantin dan sebagainya.

Artikel Menarik:  Mengulik Keunikan dan 4 Rumah Adat Batak Sumatera Utara 

Kemudian, ada beberapa gerakan yang memadukan gerakan pencak silat dan kesenian. Bentuk dan gerakannya tergolong unik, sebab dikombinasikan dengan berbagai elemen menjadi satu di bawah hentakan musik pengiring.

Misalnya seperti unsur pencak silek Minang, seni gerak, sastra, musik dan suara. Untuk menghidupkan pementasan seni tari, biasanya terdapat peran pemusik dengan instrumen yang dimainkan.

Alat musik yang sering dimainkan dalam tarian ini, yaitu talempong, saluang, rabab, bansi dan canai khas Sumatera Barat.

Biasanya dimainkan oleh pria dan wanita menggunakan busana yang berbeda-beda. Busana tersebut seperti guntiang cino, celana galembong dan busana anak daro.

3. Tari Tempurung

Tempurung
bisniswisata.co.id

Tari minangkabau selanjutnya yaitu tari tempurung yang berfungsi sebagai media komunikasi masyarakat di Batu Manjulur. Selain itu, tarian ini juga menjadi salah satu aspek hiburan masyarakat setempat.

Properti utama yang digunakan tarian ini yaitu tempurung. Jika dilihat sejarahnya, ternyata tarian ini sudah ada sejak tahun 1952, lalu terus berkembang di tahun 1970-1980.

Berjalannya waktu, tarian ini pun masih dilestarikan dan dikembangkan sampai sekarang.

Fungsi Tari Padang

Fungsi
dictio.id

Tahukah Anda gimana fungsi dari tari Padang secara menyeluruh? Secara umum, fungsinya dapat disesuaikan dengan jalan cerita yang digambarkan.

Pastinya, ada beberapa fungsi yang sering muncul dalam tarian ini. Fungsi tersebut seperti:

  • Sebagai sarana hiburan masyarakat.
  • digunakan untuk acara adat dan penghormatan para leluhur
  • Digunakan sebagai media penyambutan tamu penting
  • Untuk menyampaikan rasa syukur atas limpahan hasil bumi. 

Semua fungsi di atas bisa dilihat dengan berbagai pertunjukan tariannya. Tapi nggak semua pertunjukan tariannya menggunakan semua fungsi yang ada. Itulah sebabnya kenapa tarian ini tergolong menarik dengan segala fungsi dasarnya. 

Artikel Menarik:  Yuk Nikmati 10 Oleh-Oleh Khas Bekasi yang Harus Anda Coba!

Properti Tari Padang

Properti Tari Padang
saribundo.biz

Sama seperti tari lainnya, dimana tarian ini tentunya mempunyai aneka macam properti dasar di setiap pertunjukannya. Setiap tarian akan mengenakan jenis properti yang berbeda-beda, tapi disesuaikan dengan jalan ceritanya.

Adapun beberapa properti yang sering muncul dalam tarian ini, diantaranya yaitu:

  • Piring
  • Lilin
  • Payung
  • Selendang
  • Kostum penari
  • Senjata bikinan
  • Make up
  • Hiasan atau aksesoris

Secara umum, semua properti di atas sangat penting. Jadi nggak heran jika dalam suatu tarian akan digunakan beberapa properti berlawanan sebagai penggambaran tokoh.

Dengan properti yang pas, karakter dan penggambaran penokohan lebih menyeluruh di setiap penari yang menampilkan tariannya.

Demikianlah, penjelasan tentang ragam jenis tari Padang beserta fungsi dan properti yang digunakan. Adanya penjelasan diatas, semua pihak dapat mendalami budaya Padang secara menyeluruh sehingga penting sekali untuk dilestarikan.