makanan khas banjarmasin
freepik.com

Makanan Khas Banjarmasin: 9 Hidangan Lezat yang Wajib Dicoba

Posted on

Banjarmasin merupakan salah satu kota di Kalimantan Selatan yang memiliki kekayaan kuliner yang sangat menarik.

Berbagai hidangan khas Banjarmasin memiliki cita rasa yang unik dan menggugah selera. Berikut ini adalah beberapa makanan khas Banjarmasin yang patut untuk dicoba.

1. Soto Banjar

Soto Banjar adalah hidangan khas Banjarmasin yang terbuat dari daging ayam atau sapi yang dimasak dengan bumbu rempah yang khas.

Biasanya disajikan dengan irisan telur rebus, kentang goreng, dan perkedel jagung. Hidangan ini sangat cocok untuk dinikmati di waktu makan siang atau malam.

2. Sate Banjar

Makanan khas Banjarmasin ini terbuat dari daging ayam atau sapi yang dipotong kecil-kecil dan ditusuk dengan tusuk sate.

Biasanya disajikan dengan bumbu kacang yang khas dan irisan ketupat. Hidangan ini sangat cocok untuk dinikmati sebagai camilan atau hidangan pendamping.

3. Ketupat Kandangan

Ketupat Kandangan salah satu hidangan khas Banjarmasin yang terbuat dari ketupat yang dibungkus dengan daun pisang dan dimasak dengan bumbu rempah yang khas.

Hidangan ini disajikan dengan sambal goreng krecek atau sambal terasi. Ketupat Kandangan sangat cocok untuk dinikmati di waktu makan siang atau malam.

4. Soto Ambengan

Makanan khas Banjarmasin satu ini terbuat dari daging ayam atau sapi yang dimasak dengan bumbu rempah yang khas.

Soto Ambengan biasanya disajikan dengan irisan telur rebus, kentang goreng, dan perkedel jagung. Hidangan ini sangat cocok untuk dinikmati di waktu makan siang atau malam.

Artikel Menarik:  Makanan Khas Jawa Tengah: Nikmati Kelezatan Kuliner Nusantara

5. Sambal Tempoyak

Sambal Tempoyak adalah makanan khas Banjarmasin yang terbuat dari durian yang sudah difermentasi.

Biasanya disajikan sebagai pelengkap untuk hidangan nasi atau makanan laut. Sambal ini memiliki rasa yang unik dan menggugah selera.

6. Pindang Patin

Pindang Patin merupakan hidangan khas Banjarmasin yang terbuat dari ikan patin yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah.

Biasanya disajikan dengan irisan tomat, daun bawang, dan cabai rawit. Hidangan ini sangat cocok untuk dinikmati di waktu makan siang atau malam.

7. Sambal Goreng Krecek

Sambal Goreng khas Banjarmasin ini terbuat dari krecek sapi yang dimasak dengan bumbu rempah. Hidangan ini disajikan sebagai pelengkap untuk hidangan nasi atau ketupat Kandangan.

Dengan rasa yang pedas dan gurih, jadi cocok untuk dinikmati bersama dengan nasi.

8. Kue Barandam

Barandam salah satu kue khas Banjarmasin yang terbuat dari tepung ketan, kelapa parut, dan gula merah. Kue ini dibungkus dengan daun pisang dan dimasak dengan cara dibakar.

Selain itu, kue ini juga memiliki rasa yang manis dan lembut, sehingga sangat cocok untuk dinikmati sebagai camilan atau hidangan penutup.

9. Sup Merah

Hidangan khas Banjarmasin yang terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan bumbu rempah yang khas.

Sup Merah disajikan dengan irisan tomat, daun bawang, dan cabai rawit. Sehingga sangat cocok untuk dinikmati di waktu makan siang atau malam.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa hidangan khas Banjarmasin yang bisa kamu coba ketika berkunjung ke sana. Selain enak, hidangan-hidangan tersebut juga memiliki cita rasa yang khas dan unik.

Jangan lupa untuk mencicipi semua hidangan khas Banjarmasin yang sudah kami sebutkan di atas ketika berkunjung ke kota tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang ingin mencari referensi tentang kuliner khas Banjarmasin.

Artikel Menarik:  Tari Lenggang Nyai yang Terinspirasi dari Kisah Nyai Dasimah