makanan khas bangka belitung
freepik.com

Makanan lezat Khas Bangka Belitung dari Pulau-Pulau Indah

Posted on

Bangka Belitung adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terdiri dari dua pulau utama, yaitu Bangka dan Belitung. Kedua pulau ini memiliki kekayaan alam yang melimpah, makanan yang khas dan lain sebagainya.

Makanan khas Bangka Belitung sangat terkenal dengan cita rasanya yang khas dan menggugah selera. Berikut adalah beberapa makanan khas Bangka Belitung yang wajib Anda coba.

1. Mie Belitung

Mie Belitung salah satu makanan khas yang paling terkenal dari Bangka. Dimana terbuat dari tepung terigu dan telur yang diolah dengan bumbu khas, seperti kecap, saus tiram, dan rempah-rempah.

Biasanya disajikan dengan irisan daging ayam, udang, dan sayuran segar. Rasanya yang gurih dan lezat membuat mie ini menjadi makanan favorit di daerah Bangka Belitung.

2. Lempah Kuning

Sup khas Bangka Belitung ini terbuat dari ikan laut dan bumbu rempah-rempah yang dicampur dengan kunyita, sehingga rasanya sangat gurih dan segar.

Makanan ini sangat populer di Bangka dan menjadi makanan yang wajib dicoba bagi wisatawan yang berkunjung ke daerah ini.

3. Otak-Otak

Makanan ini terbuat dari ikan tenggiri yang dihaluskan dan dicampur dengan bumbu rempah-rempah. Kemudian ikan tersebut dibungkus dengan daun pisang dan dibakar.

Otak-Otak ini memiliki rasa yang gurih dan pedas dan sering disajikan dengan saus kacang dan acar.

4. Gangan

Gangan salah satu hidangan khas Bangka Belitung yang terbuat dari ketan. Dimana diolah dengan bahan-bahan seperti kelapa parut, gula merah, dan garam, kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dikukus.

Artikel Menarik:  Makanan Khas Jepara: Nikmati Kelezatan dan Khasiatnya

Makanan ini memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang manis dan gurih, sehingga sangat cocok untuk dinikmati sebagai camilan atau dessert.

5. Mie Koba

Makanan khas Bangka Belitung ini terbuat dari mie kuning yang diolah dengan bahan-bahan seperti cuka, kecap manis, dan bawang goreng.

Biasanya disajikan dengan telur rebus, daging ayam, dan pangsit. Rasanya yang gurih dan sedikit asam membuat mie ini sangat cocok untuk dijadikan makanan ringan.

7. Soto Kuning

Soto Kuning adalah sup khas Bangka Belitung yang terbuat dari daging ayam atau sapi yang dimasak dengan bumbu kuning yang khas. Bumbu kuning tersebut terbuat dari kunyit, jahe, bawang putih, dan rempah-rempah lainnya.

Soto Kuning disajikan dengan mie, tauge, irisan ketupat, dan perkedel. Rasanya yang gurih dan sedikit pedas membuat soto ini menjadi hidangan yang cocok untuk dinikmati di waktu santai.

8. Sambal Lado

Sambal khas Bangka Belitung ini terbuat dari cabai rawit, tomat, dan bawang putih yang dihaluskan. Tidak heran jika memiliki rasa yang pedas dan segar.

Biasanya disajikan sebagai pelengkap untuk hidangan nasi atau makanan laut.

Kesimpulan

Bangka Belitung memiliki kekayaan kuliner yang sangat menarik untuk dijelajahi. Dari hidangan laut hingga hidangan darat, semuanya memiliki cita rasa yang khas dan unik.

Jika Anda berencana untuk berkunjung ke Bangka Belitung, jangan lupa untuk mencoba semua hidangan khas yang ada. Selamat menikmati kuliner khas Bangka Belitung!

Artikel Menarik:  Populer, Ini Penjelasan Tari Burung Enggang Kalimantan Timur