makanan khas bandung
pixabay.com

Makanan Khas Bandung: Nikmati Sensasi Kuliner yang Lezat

Posted on

Bandung adalah kota yang terkenal dengan keindahan alam dan juga kulinerannya yang lezat dan unik. Ada banyak makanan khas Bandung yang patut dicoba, mulai dari hidangan tradisional hingga modern.

Berikut adalah beberapa makanan khas Bandung yang wajib dicicipi:

1. Sundanese Food

Sundanese food salah satu makanan khas Bandung yang menggunakan bahan-bahan alami dan berkualitas.

Beberapa makanan khas Sundanese yang wajib kamu coba adalah nasi timbel, sate maranggi, sayur asem, dan lalapan. Semuanya memiliki cita rasa yang khas dan menggugah selera.

2. Soto Bandung

Makanan khas ini sangat populer di Bandung, sebab memiliki sup segar dengan menggunakan daging sapi atau kambing sebagai bahan utama.

Biasanya disajikan dengan potongan ketupat dan mie. Selain enak, Soto Bandung juga memiliki nilai gizi yang tinggi karena menggunakan bahan-bahan yang segar dan berkualitas.

3. Batagor

Batagor (Baso Tahu Goreng) salah satu makanan khas Bandung yang terbuat dari campuran ikan tenggiri dan tepung tapioka yang dibalut dengan tahu, kemudian digoreng hingga matang.

Biasanya disajikan dengan bumbu kacang yang khas dan kuah kental yang lezat. Selain rasanya yang gurih dan kaya protein, Batagor juga dapat menjadi pilihan yang tepat bagi vegetarian karena menggunakan bahan utama tahu.

4. Cireng

Makanan ringan asal dari Bandung ini terbuat dari tepung tapioka dan diberi bumbu kacang yang gurih. Cireng bisa menjadi camilan yang enak dan mengenyangkan.

5. Martabak Manis

Martabak Manis adalah dessert yang terbuat dari adonan tepung terigu dan telur yang dipanggang, kemudian diolesi dengan topping-manis seperti coklat, kacang, atau keju.

Artikel Menarik:  Makanan Khas Karawang: Nikmati Sensasi Kuliner Jawa Barat

Makanan ini juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk teman ngobrol santai di Bandung, terutama saat malam hari.

6. Cuanki

Cuanki salah satu makanan khas Bandung, terdiri dari bola-bola tepung tapioka yang diisi dengan daging cincang dan sayuran, kemudian direbus dalam kuah pedas.

Biasanya disajikan dengan tauge dan irisan daun bawang yang segar. Jika kamu suka makanan pedas, Cuanki bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk mencoba kuliner Bandung.

7. Nasi Kalong

Makanan ini sejenis nasi yang dicampur dengan telur dan daging sapi yang telah dipotong kecil-kecil. Biasanya disajikan dengan acar dan sambal sebagai pelengkap.

Nasi kalong khas Bandung ini cocok untuk kamu yang ingin mencoba kuliner yang sederhana tapi tetap enak dan mengenyangkan.

8. Mie Kocok

Mie khas Bandung ini terdiri dari mie yang disajikan dengan kuah yang kental dan gurih, serta daging sapi yang empuk.

Biasanya disajikan dengan tauge, irisan daun bawang, dan emping sebagai pelengkap.

9. Bubur Ayam

Bubur Ayam adalah makanan khas Bandung yang terdiri dari bubur yang disajikan dengan ayam dan bahan pelengkap lainnya seperti cakwe, kerupuk, dan kacang goreng.

Biasanya disajikan dengan kuah yang gurih dan tambahan bumbu seperti kecap manis, sambal, dan jeruk nipis. Bubur Ayam bisa menjadi pilihan yang tepat untuk sarapan atau makan siang yang lezat dan mengenyangkan.

10. Cimol

Cimol salah satu makanan ringan yang terbuat dari campuran tepung tapioka dan bumbu kacang. Biasanya dijajakan di gerobak atau kedai kaki lima dan bisa menjadi camilan yang enak dan mengenyangkan.

Jika kamu ingin mencoba makanan khas Bandung yang sederhana tapi lezat, Cimol bisa menjadi pilihan yang tepat.

Artikel Menarik:  Tari Kelinci yang Ditampilkan Sebagai Bentuk Pelestarian Budaya

Kesimpulan

Kota Bandung memiliki banyak makanan khas yang unik dan lezat. Jadi jangan lupa untuk mencoba beberapa makanan Bandung seperti Nasi Timbel, Batagor, Sate Maranggi, Siomay, dan Lontong Kari saat berkunjung ke Kota Kembang ini.

Semoga artikel ini bisa membantu kamu mengetahui lebih banyak tentang makanan Bandung dan memudahkan kamu dalam mencari kuliner yang lezat di kota ini. Selamat mencoba!