makanan khas palangkaraya
freepik.com

Makanan Khas Palangkaraya yang lezat dan Patut Dicoba

Posted on

Palangkaraya, ibu kota Provinsi Kalimantan Tengah, dikenal sebagai kota yang kaya akan budaya dan kuliner. Tidak hanya memiliki keindahan alam, Palangkaraya juga memiliki banyak makanan khas yang lezat dan menggugah selera.

Inilah beberapa makanan khas Palangkaraya yang wajib dicoba jika berkunjung ke kota tersebut.

Soto Banjar

Soto Banjar salah satu makanan khas yang populer di Palangkaraya. Makanan ini terbuat dari daging ayam atau sapi yang dimasak dengan bumbu rempah dan disajikan dengan mie kuning, telur rebus, dan koya.

Soto ini memiliki rasa yang khas dan cocok disantap pada pagi atau siang hari.

Ketupat Kandangan

Ketupat Kandangan adalah makanan khas yang berasal dari daerah Kandangan, Hulu Sungai Selatan. Namun, makanan ini juga dapat ditemukan di Palangkaraya.

Ketupat Kandangan terbuat dari nasi yang dimasukkan ke dalam anyaman daun kelapa muda yang kemudian direbus.

Biasanya disajikan dengan sayur labu siam, ayam atau daging rendang, dan sambal. Rasanya yang gurih dan lembut membuat Ketupat Kandangan menjadi salah satu makanan khas yang populer di Palangkaraya.

Botok Tawon

Botok Tawon terbuat dari daging ikan, seperti ikan patin atau ikan gabus, yang dicampur dengan bumbu rempah dan dibungkus dengan daun pisang.

Kemudian, dibakar atau dikukus hingga matang. Botok Tawon memiliki rasa yang lezat dan nikmat jika disantap bersama nasi hangat.

Gulai

Makanan khas ini terbuat dari daging ayam atau daging sapi yang dimasak dengan bumbu rempah.

Gulai memiliki rasa yang gurih dan pedas yang dapat menggugah selera. Biasanya disajikan dengan nasi putih atau lontong dan sayuran tumis.

Artikel Menarik:  Makanan Khas Subang: Kuliner Ikonik yang Mengenyangkan

Nasi Goreng Pinang Muda

Makanan khas Palangkaraya ini terbuat dari nasi goreng yang dicampur dengan daging sapi atau ayam, telur, dan rempah-rempah.

Biasanya disajikan dengan acar dan kerupuk. Rasanya yang lezat dan gurih membuat makanan ini menjadi salah satu makanan khas yang wajib dicoba jika berkunjung ke daerah tersebut

Kerupuk Ampang

Kerupuk Ampang salah satu makanan ringan khas Palangkaraya yang terbuat dari campuran tepung tapioka, udang, bawang putih, dan bumbu-bumbu lainnya.

Tekstur yang dimilikinya sangat kriuk dan rasanya gurih. Makanan ringan ini dapat disajikan sebagai teman makan atau dijadikan oleh-oleh untuk keluarga atau teman.

Bubur Pedas

Bubur Pedas khas Palangkaraya terbuat dari nasi yang dimasak dengan bumbu pedas dan disajikan dengan telur, daging, dan kerupuk. Dengan cita rasa yang pedas dan gurih, jadi sangat cocok disantap pada pagi atau malam hari.

Selain itu, bubur pedas menjadi salah satu makanan khas yang populer dan sering dijadikan sebagai sarapan atau makan malam.

Pindang Patin

Pindang Patin adalah makanan khas Kalimantan Tengah yang biasa ditemukan di Palangkaraya. Makanan ini terbuat dari ikan patin yang dimasak dengan bumbu-bumbu rempah dan daun kemangi.

Makanan ini memiliki rasa yang gurih dan segar, dan cocok disajikan dengan nasi putih dan sayur asem.

Pindang Patin menjadi salah satu hidangan khas Palangkaraya yang harus dicoba oleh para pecinta kuliner.

Kesimpulan

Palangkaraya merupakan kota yang kaya akan keanekaragaman budaya dan kuliner. Makanan khas Palangkaraya memiliki cita rasa yang khas dan unik, dan bisa menjadi alternatif bagi para pecinta kuliner yang ingin mencoba pengalaman baru.

Artikel Menarik:  Ketahui Tari Kipas Pakarena Asal Gowa Sulawesi Selatan

Semoga artikel ini dapat memberikan informasi dan inspirasi bagi para pembaca yang ingin menjelajahi dunia kuliner khas Palangkaraya.