makanan khas pakistan
freepik.com

Makanan Khas Pakistan: Nikmati Aroma dan Rasa yang Kaya

Posted on

Pakistan adalah negara yang terletak di Asia Selatan dan memiliki keanekaragaman budaya dan kuliner yang sangat kaya. Makanan khas Pakistan merupakan campuran dari berbagai pengaruh kuliner, mulai dari pengaruh Mughal, Turk, Persia, dan India.

Beberapa kuliner khas Pakistan yang terkenal di dunia adalah Biryani, Nihari, Kebab, Roti, dan masih banyak lagi.

Biryani

Biryani adalah makanan khas Pakistan yang terkenal di dunia. Makanan ini terbuat dari nasi yang dimasak dengan rempah-rempah, daging atau ayam, dan bumbu yang kaya akan aroma.

Setiap wilayah di Pakistan memiliki variasi biryani yang berbeda, seperti biryani Karachi, biryani Hyderabad, dan biryani Lahore.

Nihari

Salah satu makanan khas Pakistan yang biasa dimakan untuk sarapan yaitu Nihari.

Nihari terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan rempah-rempah kaya akan aroma, seperti jahe, bawang putih, dan kapulaga. Biasanya disajikan dengan roti tandoori atau roti naan.

Kebab

Kebab terbuat dari daging cincang yang dicampur dengan rempah-rempah dan dibentuk menjadi bulat atau lonjong. Biasanya disajikan dengan saus yoghurt dan roti tandoori, jadi sangat cocok dijadikan camilan.

Roti

Roti adalah makanan pokok yang tak pernah hilang dari meja makan orang Pakistan. Makanan ini terbuat dari tepung gandum atau tepung jagung yang diolah menjadi adonan dan dipanggang diatas tungku.

Biasanya roti disajikan  dengan berbagai makanan khas Pakistan, seperti nihari, kebab, dan biryani.

Shami Kebab

Shami kebab khas Pakistan ini sering dihidangkan saat acara perayaan besar.

Makanan ini terbuat dari daging cincang yang dicampur dengan kacang polong, tepung kacang hijau, dan rempah-rempah. Biasanya disajikan dengan chutney dan roti tandoori.

Artikel Menarik:  Kerajaan Aceh: Kisah Legendaris di Tanah Rencong

Chapli Kebab

Chapli kebab merupakan makanan khas dari provinsi Khyber Pakhtunkhwa di Pakistan.

Dimana terbuat dari daging sapi atau domba yang dicampur dengan rempah-rempah, seperti adas, merica, jahe, bawang putih, dan bawang merah. Biasanya disajikan dengan roti tandoori dan saus yoghurt.

Kulfi

Makanan penutup yang lezat dan populer di Pakistan disebut juga dengan Kulfi. Kulfi terbuat dari susu yang dimasak dengan gula dan bumbu-bumbu seperti kacang pistachio dan kismis.

Biasanya disajikan dingin dan tersedia dalam berbagai rasa seperti vanilla, coklat, mangga, dan lain-lain.

Korma

Korma salah satu makanan khas Pakistan yang sering dihidangkan saat acara khusus, seperti pernikahan atau pesta.

Makanan ini terbuat dari daging atau ayam yang dimasak dengan rempah-rempah, seperti kayu manis, kapulaga, dan jintan. Biasanya di makan bersama dengan roti naan atau roti tandoori.

Pakora

Pakora merupakan camilan yang enak dan mudah disajikan. Camilan ini terbuat dari sayuran seperti kentang, bawang, atau cabe yang dicampur dengan tepung kacang polong dan rempah-rempah seperti kunyit.

Pakora biasanya disajikan dengan saus yoghurt atau chutney.

Tandoori Chicken

Tandoori chicken adalah makanan khas Pakistan yang terkenal di seluruh dunia.

Makanan ini terbuat dari ayam yang dimasak dalam tungku tandoor yang diberi rempah-rempah seperti paprika, kunyit, dan jahe. Biasanya makanan ini disajikan dengan roti naan atau nasi biryani.

Naan

Naan salah satu roti yang lembut dan gurih yang biasa disajikan bersama dengan makanan khas Pakistan lainnya.

Roti ini terbuat dari tepung gandum yang diolah menjadi adonan dan dipanggang di dalam tungku tandoor. Naan biasanya disajikan dengan berbagai makanan Pakistan, seperti curry atau dhal.

Artikel Menarik:  Nikmati 10 Makanan Paling Enak di Dunia yang Tak Tertandingi

Kesimpulan

Kuliner Pakistan memiliki kekayaan rasa yang luar biasa dengan pengaruh dari India, Timur Tengah, dan Asia Tengah. Berbagai makanan khas Pakistan di atas telah menjadi populer di seluruh dunia.

Jangan lupa mencoba hidangan penutup khas Pakistan yang manis dan menyegarkan. Pelajari lebih lanjut tentang kuliner Pakistan dan nikmati kelezatannya!