makanan khas sidoarjo
freepik.com

Makanan Khas Sidoarjo: Kenali Kuliner Tradisional di Kota Kretek

Posted on

Sidoarjo, sebuah kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur, tidak hanya terkenal dengan industri kreatifnya, tetapi juga dengan kelezatan makanan khas nya.

Makanan khas Sidoarjo menggabungkan cita rasa tradisional Jawa Timur dengan sentuhan unik yang membuatnya berbeda dari makanan khas daerah lainnya.

Jika Anda berkunjung ke Sidoarjo, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba beberapa hidangan yang menggugah selera ini.

Rujak Cingur

Rujak cingur adalah makanan khas Sidoarjo yang paling terkenal. Hidangan ini terdiri dari irisan sayur-sayuran segar seperti timun, kacang panjang, dan tauge.

Kemudian sayuran tersebut dicampur dengan cingur, yaitu potongan hidung sapi yang direbus dan diiris tipis.

Setelah itu, semua bahan tersebut disiram dengan saus kacang yang khas, serta ditambahkan dengan rempah-rempah dan bumbu rahasia yang membuat rasa rujak begitu unik dan lezat.

Lontong Balap

Salah satu makanan khas Sidoarjo yang patut dicoba yaitu lontong balap. Hidangan ini terdiri dari lontong yang dicampur dengan berbagai serbuk seperti serbuk tauco, kecap, bawang goreng, dan masih banyak lagi.

Semua serbuk tersebut memberikan tambahan cita rasa yang lezat pada lontong. Saat disantap bersama dengan tauge, bihun goreng, dan kerupuk, tentu menciptakan perpaduan rasa yang begitu memikat lidah.

Bebek Sinjay

Bagi pecinta makanan pedas, Bebek Sinjay adalah pilihan yang tepat untuk di coba. Karena Bebek Sinjay merupakan makanan khas Sidoarjo yang terkenal dengan kepedasannya.

Biasanya menggunakan bebek peking yang disajikan dengan sambal khas Sidoarjo yang sangat pedas. Hidangan ini sangat terkenal di kalangan wisatawan yang mencari sensasi kuliner pedas dan lezat.

Artikel Menarik:  Makanan Khas Majalengka: Kelezatan yang Menggugah Selera

Soto Ayam Ambengan

Soto Ayam Ambengan adalah varian soto ayam yang menjadi favorit di Sidoarjo. Kuah sotonya terkenal dengan kekentalan yang khas.

Dalam hidangan ini, daging ayam yang empuk disajikan dengan kuah kaldu yang gurih dan kental. Biasanya disantap dengan nasi putih dan ditambah dengan pelengkap seperti tauge, daun bawang, dan emping goreng.

Keripik Cingur

Untuk pecinta camilan gurih, jangan lewatkan Keripik Cingur yang terkenal di Sidoarjo. Keripik Cingur terbuat dari cingur yang direbus dan diiris tipis, kemudian digoreng hingga renyah.

Camilan ini memiliki rasa gurih dan sedikit kenyal, jadi sangat cocok dinikmati sebagai camilan ringan saat bersantai atau sebagai oleh-oleh khas Sidoarjo.

Serombotan

Serombotan adalah makanan khas Sidoarjo yang unik dan menggugah selera. Hidangan ini terdiri dari campuran berbagai bahan seperti tahu, tempe, lontong, mie, sayuran, dan kerupuk.

Kemudian disajikan dengan bumbu kacang yang khas. Gabungan semua bahan tersebut menciptakan perpaduan rasa yang lezat dan tekstur yang beragam.

Serombotan dapat dinikmati sebagai makanan utama atau sebagai hidangan pendamping saat bersantap di Sidoarjo.

Tutut

Tutut merupakan cemilan tradisional khas Sidoarjo yang terbuat dari singkong. Singkong diparut halus, kemudian dicampur dengan kelapa parut dan gula merah.

Adonan tersebut dibentuk menjadi bulatan kecil dan dikukus hingga matang. Tutut memiliki rasa manis gula merah yang lezat dan tekstur yang kenyal.

Tidak heran jika banyak ditemui di pasar tradisional atau acara perayaan khas Sidoarjo.

Bakso Kerikil

Bagi pecinta bakso, jangan lewatkan Bakso Kerikil saat berada di Sidoarjo. Bakso Kerikil adalah varian bakso yang terkenal di sini.

Artikel Menarik:  Sejarah dan Perkembangan Alat Musik Rebab Dalam Kesenian Indonesia

Bakso ini berbeda dengan bakso pada umumnya, sebab memiliki tekstur unik yang sedikit keras dan kenyal, menyerupai kerikil kecil.

Biasanya disajikan dalam kuah kaldu yang gurih dan ditambah dengan mie, tauge, dan irisan daging sapi atau ayam. Nikmati sensasi unik dalam setiap gigitan bakso kerikil yang lezat dan mengenyangkan.

Kue Dech-dech

Kue Dech-dech adalah camilan tradisional khas Sidoarjo yang memiliki cita rasa manis dan tekstur renyah.

Camilan ini terbuat dari adonan tepung terigu, gula, dan margarin yang dicetak menjadi bentuk bulat dan digoreng hingga kecoklatan.

Kue Dech-dech sering menjadi camilan favorit di Sidoarjo dan dapat dinikmati saat minum teh atau sebagai hidangan penutup setelah makan.

Jagung Bakar Lengkeng

Jagung Bakar Lengkeng adalah camilan khas Sidoarjo yang sangat menggoda selera. Camilan ini memiliki cita rasa manis dan gurih yang sempurna.

Jagung dipanggang dengan arang hingga matang, kemudian diolesi dengan mentega dan ditaburi dengan parutan kelapa serta taburan gula pasir.

Nikmati kelezatan jagung bakar lengkeng yang renyah dan menggugah selera saat berjalan-jalan di Sido

Kesimpulan

Sidoarjo tidak hanya menawarkan keindahan alam dan kekayaan budaya saja, tetapi juga kelezatan kuliner tradisional yang tidak boleh dilewatkan.

Sidoarjo adalah tempat yang sempurna untuk mengeksplorasi dan menikmati kelezatan kuliner tradisional.

Dengan keunikan rasa dan sentuhan khasnya, makanan khas Sidoarjo akan memanjakan lidah Anda dan memberikan pengalaman kuliner yang tak terlupakan.

Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba berbagai hidangan khas Sidoarjo saat Anda berkunjung ke kota ini.

Artikel Menarik:  10 Oleh-oleh Khas Jember: Lezatnya Wisata Kuliner dari Bumi Wali