makanan khas singapura
freepik.com

Makanan Khas Singapura: Kelezatan Kuliner Pulau Merlion

Posted on

Singapura, sebuah negara kota yang terkenal dengan keindahan arsitektur modern dan kehidupan perkotaannya yang sibuk. Selain itu makanan khas Singapura juga  terkenal dengan campuran budaya Melayu, Tionghoa, India, dan Arab.

Dari jajanan pinggir jalan hingga restoran mewah, berikut adalah beberapa hidangan khas yang harus Anda coba saat mengunjungi Singapura.

Hainanese Chicken Rice

Hainanese Chicken Rice salah satu hidangan ikonik Singapura yang wajib dicicipi. Hidangan ini berupa ayam yang  dimasak dengan sempurna, kemudian dilengkapi dengan nasi yang harum dan saus jahe yang segar.

Sehingga menciptakan kombinasi cita rasa yang menggugah selera.

Hidangan ini bisa Anda temukan di banyak tempat di Singapura, mulai dari gerobak pinggir jalan hingga restoran mewah.

Chili Crab

Tidak bisa mengunjungi Singapura tanpa mencoba Chili Crab. Hidangan ini terdiri dari kepiting segar yang dimasak dalam saus tomat pedas yang kaya rasa.

Setiap gigitan akan menghadirkan ledakan rasa yang memanjakan lidah. Untuk menyantapnya secara otentik, Anda dapat pergi ke restoran khusus seafood yang tersebar di berbagai penjuru Singapura.

Kaya Toast

Kaya Toast adalah sarapan klasik Singapura yang terdiri dari roti panggang yang diolesi dengan selai kaya yang terbuat dari telur, santan, dan gula, disajikan dengan mentega.

Kombinasi unik ini memberikan rasa manis dan gurih yang memikat. Anda dapat menikmati Kaya Toast di warung kopi tradisional atau gerai sarapan di Singapura.

Carrot Cake

Carrot Cake dalam konteks kuliner Singapura bukanlah kue wortel yang manis, melainkan hidangan goreng yang terbuat dari lobak putih dan tepung beras.

Artikel Menarik:  Kerajaan Tulang Bawang: Sejarah dan Kehidupan

Lobak putih yang dipotong kecil-kecil kemudian digoreng dengan telur dan bumbu-bumbu hingga menjadi garing dan renyah. Biasanya disajikan dengan saus cabai yang pedas.

Rasanya yang unik dan teksturnya yang kriuk-kriuk membuat hidangan ini banyak diminati di Singapura. Anda dapat menemukan Carrot Cake di restoran makanan hawker atau pasar malam Singapura.

Oyster Omelette

Oyster Omelette merupakan makanan khas Singapura yang terdiri dari telur dadar yang disajikan dengan tiram dan tepung beras. Hidangan ini memiliki rasa gurih dan tekstur yang lembut.

Biasanya makanan ini ditaburi dengan bawang goreng dan disajikan dengan saus cabai pedas. Anda dapat menemukan Oyster Omelette di restoran-restoran makanan hawker di Singapura.

Bak Kut Teh

Bak Kut Teh adalah hidangan sup daging khas Singapura yang berasal dari budaya Hokkien.

Dimana, terdapat daging babi yang dimasak dalam kuah sup dengan rempah-rempah tradisional seperti bawang putih, merica, dan adas manis.

Kuah yang kaya rasa dan harum membuat hidangan yang sangat populer di Singapura. Biasanya disajikan dengan nasi putih, sayuran, dan telur rebus.

Roti Prata

Roti Prata salah satu roti lezat dengan pengaruh kuliner India yang terkenal di Singapura. Adonan roti yang elastis digunakan untuk membuat prata, kemudian diputar dan dikukus hingga tipis dan digoreng sampai kecoklatan.

Biasanya roti ini disajikan dengan saus kari atau saus manis. Anda bisa menikmatinya di restoran-restoran India atau gerai makanan jalanan yang menyajikan hidangan khas India di Singapura.

Pandan Cake

Kue tradisional Singapura yang memiliki rasa manis dan aroma pandan yang khas yaitu Pandan Cake. Camilan ini terbuat dari tepung terigu, telur, santan, gula, dan ekstrak pandan.

Artikel Menarik:  Kerajaan Lombok: Sejarah dan Peninggalannya yang Menakjubkan

Sehingga memiliki tekstur yang lembut dan aroma yang menggoda.

Biasanya Pandan Cake sering dijadikan oleh-oleh khas Singapura dan dapat ditemukan di toko-toko kue hingga pasar tradisional di seluruh Singapura.

Kue Pau

Kue Pau adalah kue yang terbuat dari adonan tepung terigu dan diisi dengan beragam bahan, seperti daging babi, ayam, atau sayuran.

Kemudian, kue ini dikukus hingga matang, sehingga memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang gurih. Anda dapat menemukan Kue Pau di gerai-gerai makanan jalanan atau restoran Tionghoa di Singapura.

Popiah

Popiah salah satu hidangan gulungan sayuran yang terkenal di Singapura. Hidangan in terdiri dari kulit lumpia yang tipis yang diisi dengan beragam sayuran, seperti lobak, wortel, tauge, dan tahu, serta diberi tambahan saus manis dan pedas.

Popiah memiliki rasa yang segar dan tekstur yang renyah. Anda dapat menemukan Popiah di pasar malam Singapura atau restoran makanan hawker.

Kesimpulan

Makanan khas Singapura menawarkan kelezatan kuliner yang kaya akan cita rasa dan keunikan. Jelajahi kelezatan makanan khas Singapura saat mengunjungi pulau Merlion ini. Namun, pastikan untuk mencoba setiap hidangan yang menggugah selera.

Jajaki keunikan rasanya yang mencerminkan perpaduan budaya Melayu, Tionghoa, India, dan Arab yang khas di setiap suapan. Selamat menikmati dan selamat berwisata kuliner!