makanan khas solo
pexels.com

Makanan Khas Solo: Nikmati Kelezatan Kuliner Jawa Tengah

Posted on

Solo, juga dikenal sebagai Surakarta, merupakan salah satu kota bersejarah yang terletak di Jawa Tengah, Indonesia. Selain memiliki kekayaan budaya dan sejarah, Solo juga terkenal dengan kelezatan makanan khas nya.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa makanan khas Solo yang wajib dicicipi. Jadi, siapkan diri Anda untuk menikmati perjalanan kuliner yang lezat di kota ini!

Nasi Liwet

Salah satu makanan khas Solo yang paling terkenal adalah nasi liwet. Nasi ini dimasak dengan menggunakan santan dan rempah-rempah yang memberikan aroma dan rasa yang khas.

Biasanya disajikan dengan berbagai lauk pauk seperti ayam suwir, telur, tempe, dan sambal. Nikmati kelezatan nasi liwet yang lembut dan gurih ini di beberapa warung makan atau restoran di Solo.

Gudeg

Gudeg merupakan ikon kuliner Yogyakarta, namun makanan ini juga sangat populer di Solo. Kuliner ini terdiri dari  campuran nangka muda yang dimasak dengan santan, gula merah, dan rempah-rempah.

Sehingga menghasilkan makanan yang manis dan lezat dengan daging nangka yang empuk. Anda dapat menemukan gudeg di berbagai warung makan dan rumah makan di Solo.

Sate Buntel

Jika Anda pecinta sate, maka harus mencoba sate buntel Solo. Sate ini terbuat dari daging sapi cincang yang dibumbui dengan rempah-rempah khas, seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar, dan kemiri.

Daging yang telah dibumbui kemudian dibalut dengan lemak sapi sebelum dipanggang. Hasilnya adalah sate yang juicy dan lezat dengan aroma yang menggoda. Biasanya disajikan dengan nasi, lontong, atau ketupat.

Artikel Menarik:  Rumah Adat Baileo yang Terkenal Dengan Keunikannya Sendiri

Soto Gading

Soto Gading merupakan hidangan sup khas Solo yang terkenal. Sup ini terbuat dari kaldu ayam yang kaya rasa, yang kemudian disajikan dengan irisan daging ayam, tauge, daun seledri, dan bawang goreng.

Rasakan sensasi kenikmatan saat menyantap soto Gading yang hangat dan segar. Biasanya disajikan dengan nasi putih, kerupuk, dan sambal.

Serabi

Serabi adalah makanan khas Solo yang mirip dengan pancake atau crepe. Makanan ini terbuat dari adonan tepung beras yang kemudian dipanggang di atas penggorengan datar.

Rasakan kelembutan serabi yang disajikan dengan berbagai pilihan topping, seperti kelapa parut, gula merah cair, atau kacang. Serabi adalah camilan yang sempurna untuk menemani minum teh atau kopi di sore hari.

Selat Solo

Jika Anda menginginkan hidangan yang lebih berat, cobalah Selat Solo. Hidangan ini terdiri dari nasi yang disajikan dengan berbagai macam lauk-pauk, seperti daging sapi, daging ayam, sosis, kentang, wortel, dan telur.

Semua bahan tersebut dimasak dalam saus kental yang kaya rasa. Selat Solo menjadi hidangan yang lezat dan mengenyangkan, cocok untuk dinikmati sebagai makan siang atau makan malam.

Geplak

Geplak salah satu makanan manis khas Solo yang terbuat dari kelapa parut dan gula kelapa. Makanan ini memiliki tekstur yang kenyal dan rasa manis yang khas.

Biasanya disajikan dalam bentuk bulat atau lonjong, dan bisa ditemui di berbagai pasar tradisional atau toko oleh-oleh di Solo.

Geplak adalah camilan yang sempurna untuk mengakhiri perjalanan kuliner Anda di Solo dengan rasa manis yang lezat.

Lapis Legit

Tidak hanya makanan ringan, Solo juga memiliki kue khas yang terkenal, yaitu Lapis Legit. Kue ini terbuat dari lapisan yang tipis-tipis dan renyah dengan campuran rempah seperti kayu manis, cengkeh, dan kacang tanah.

Artikel Menarik:  Kerajaan Samudera Pasai: Sejarah dan Kekuasaan

Rasakan kelembutan dan keharuman Lapis Legit yang begitu khas, cocok disajikan sebagai hidangan penutup di acara-acara istimewa.

Timlo Solo

Timlo Solo adalah sup ayam yang terkenal di Solo. Sup ini terbuat dari kaldu ayam yang kaya rasa, sayuran seperti wortel, daun seledri, jamur, dan juga daging ayam yang lembut.

Rasakan kehangatan dan kenikmatan Timlo Solo yang cocok disantap saat cuaca dingin atau ketika Anda ingin menikmati hidangan yang lezat dan menghangatkan perut.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa makanan khas Solo yang wajib Anda coba saat berkunjung ke kota ini. Solo menawarkan berbagai kuliner yang menggugah, mulai dari nasi liwet, gudeg, sate buntel, hingga serabi.

Jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi hidangan-hidangan lezat di atas saat berada di Solo.

Selamat menikmati perjalanan kuliner Anda dan jangan lupa membawa pulang beberapa oleh-oleh untuk keluarga dan teman!