makanan khas sragen
freepik.com

Makanan Khas Sragen: kuliner otentik yang tak terlupakan

Posted on

Sragen, sebuah kota kecil yang terletak di Jawa Tengah, memiliki kekayaan kuliner yang patut diacungi jempol. Makanan khas Sragen tidak hanya lezat, tetapi juga menggugah selera.

Jika Anda mengunjungi Sragen, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi beberapa hidangan khas yang terkenal di daerah ini. Berikut ini adalah beberapa makanan khas Sragen yang wajib dicoba.

Sate Kambing Sragen

Bagi pecinta sate, Sragen memiliki kelezatan yang tak kalah menggiurkan, yaitu sate kambing. Potongan daging kambing yang dipanggang dengan sempurna, kemudian disajikan dengan bumbu kacang yang kaya akan rasa.

Sate ini terkenal dengan kelembutan dagingnya yang lumer di mulut. Jangan lupa mencicipi sate kambing Sragen saat berkunjung ke daerah ini.

Ayam Tangkap

Salah satu makanan khas Sragen yang tak boleh dilewatkan adalah ayam tangkap. Hidangan ini terkenal dengan tekstur kulit ayam yang renyah dan daging yang juicy.

Biasanya ayam ini disajikan dengan nasi dan sambal terasi yang pedas. Rasanya yang enak membuat ayam tangkap menjadi favorit di kalangan wisatawan maupun penduduk lokal.

Soto Sragen

Bagi pecinta soto, Sragen juga menyajikan hidangan yang tak kalah menggugah selera, yaitu soto Sragen.

Soto ini memiliki kuah kaldu ayam yang kaya rempah, kemudian dilengkapi dengan potongan daging ayam, tauge, bihun, dan daun seledri.

Rasanya yang segar dan hangat membuat soto Sragen menjadi hidangan yang populer, terutama di saat cuaca sedang tidak menentu.

Tahu Takwa

Tahu Takwa adalah kuliner unik yang berasal dari Sragen. Kuliner ini terbuat dari tahu yang diisi dengan campuran daging ayam, telur, dan bumbu rempah.

Artikel Menarik:  Mengenal Arti, Fungsi, dan Contoh Seni Budaya

Kemudian, tahu tersebut digoreng hingga kecoklatan dan disajikan dengan sambal khas. Rasanya yang gurih dan tekstur tahu yang lembut membuat Tahu menjadi hidangan yang menggoda selera.

Empal Gentong

Empal Gentong merupakan makanan khas Sragen yang terbuat dari potongan daging sapi yang dimasak dalam kuah kaldu.

Proses memasaknya memakan waktu lama membuat daging menjadi sangat empuk dan bumbunya meresap sempurna.

Biasanya makanan ini disajikan dengan nasi dan kerupuk sebagai pelengkap. Rasanya yang gurih dan dagingnya yang lezat membuat Empal Gentong menjadi hidangan yang wajib dicoba.

Geblek

Geblek salah satu jajanan tradisional yang populer di Sragen. Jajanan ini terbuat dari campuran singkong parut, kelapa parut, gula merah, dan tepung beras.

Kemudian, adonan tersebut dibentuk bulat dan dikeringkan hingga mengeras. Geblek memiliki rasa manis dari gula merah dan tekstur yang renyah. Cocok sebagai camilan ringan saat santai bersama keluarga atau teman-teman.

Klepon

Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Sragen tanpa mencicipi klepon. Klepon merupakan kudapan legendaris yang terbuat dari ketan yang diisi dengan gula merah dan dilapisi dengan parutan kelapa.

Ketan yang kenyal dan gula merah yang meleleh di dalamnya memberikan sensasi yang luar biasa saat menggigitnya. Klepon menjadi hidangan yang wajib dicoba bagi pecinta makanan manis dan lezat.

Sroto Sokaraja

Salah satu hidangan yang tidak boleh terlewatkan saat berkunjung ke Sragen selanjutnya yaitu Sroto Sokaraja.

Sroto Sokaraja adalah hidangan berkuah yang terbuat dari campuran daging sapi, sayuran, dan rempah-rempah.

Kuahnya yang kental, gurih, dan sedikit pedas akan menggoyang lidah Anda. Biasanya disajikan dengan nasi dan kerupuk sebagai pelengkap. Nikmati kelezatan hidangan ini saat berkunjung ke Sragen.

Artikel Menarik:  Makanan Khas 34 Provinsi Indonesia dari Sabang sampai Merauke

Jenang Sragen

Makanan khas Sragen ini terbuat dari ketan yang dimasak dengan santan dan gula merah. Jenang Sragen memiliki tekstur yang lembut dan rasa manis yang khas.

Biasanya sering dijadikan sebagai oleh-oleh atau hidangan saat perayaan tertentu seperti Lebaran. Nikmati kelezatan Jenang Sragen dan sensasi manisnya yang memanjakan lidah.

Lempeng Kelapa

Lempeng Kelapa adalah camilan khas Sragen yang terbuat dari campuran kelapa parut, tepung beras, dan gula merah.

Adonan tersebut digoreng hingga berwarna kecoklatan dan menjadi lempeng yang renyah. Lempeng Kelapa memiliki rasa manis gula merah yang khas dan aroma kelapa yang menggoda.

Camilan ini cocok dinikmati sebagai teman minum teh atau kopi, atau sebagai cemilan lezat saat Anda sedang ingin menyenangkan lidah.

Kesimpulan

Makanan khas Sragen memiliki kelezatan dan keunikan tersendiri yang dapat menggoyang lidah dan memanjakan selera Anda.

Rasakan kelezatan kuliner khas Sragen saat Anda mengunjungi daerah ini dan nikmati sensasi kuliner yang tak terlupakan.

Terlepas dari perjalanan kuliner Anda, selalu ingatlah untuk menjaga keberagaman dan keaslian kuliner lokal. Selamat menikmati kelezatan makanan khas Sragen!