makanan khas subang
unsplash.com

Makanan Khas Subang: Kuliner Ikonik yang Mengenyangkan

Posted on

Subang, sebuah kota yang terletak di Jawa Barat, memang tidak kalah menarik dalam hal kuliner. Makanan khas Subang tidak hanya lezat, tetapi juga memiliki cita rasa yang khas dan menggoyang lidah.

Jika Anda sedang berada di Subang, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi beberapa hidangan khas yang terkenal di daerah ini. Berikut ini adalah beberapa makanan khas Subang yang wajib Anda coba.

Karedok

Bagi pecinta sayur-sayuran, Karedok adalah makanan khas Subang yang patut Anda coba.

Karedok seperti salad sayur yang terdiri dari bahan-bahan segar seperti mentimun, kacang panjang, tauge, dan daun kemangi yang diolah dengan bumbu kacang.

Kelezatan Karedok terletak pada keaslian bahan-bahannya yang segar dan kesegaran cita rasanya. Karedok biasanya disajikan dengan lontong atau nasi putih.

Kue Nagasari

Tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi Kue Nagasari saat berkunjung ke Subang. Kue tradisional ini terbuat dari tepung beras, kelapa parut, dan pisang sebagai isian.

Dengan rasa manis dari pisang yang dipadukan dengan kelapa parutan serta kelembutan dari tepung beras membuat Kue Nagasari menjadi camilan yang sangat disukai oleh banyak orang

Biasanya kue ini disajikan dalam acara-acara spesial seperti perayaan tradisional atau sebagai hidangan penutup setelah makan.

Pisang Peuyeum

Jika Anda mencari camilan unik dan lezat, jangan lewatkan Pisang Peuyeum. Camilan ini berupa pisang yang direndam dalam air berfermentasi dari beras ketan hitam yang telah difermentasi.

Proses fermentasi menghasilkan rasa manis dan gurih yang khas pada pisang. Pisang Peuyeum memiliki tekstur kenyal dan rasa yang unik, bahkan memberikan sensasi tersendiri saat dikunyah.

Artikel Menarik:  Tari Bedana Lampung yang Terikat Dengan Adat Istiadat

Camilan ini menjadi favorit di kalangan pecinta pisang dan makanan manis.

Soto Ayam

Soto Ayam merupakan hidangan yang tak pernah lekang oleh waktu.

Kuah yang kaya rasa, biasanya disajikan dengan irisan daging ayam, mie, telur rebus, serta berbagai pelengkap seperti tauge, daun seledri, dan bawang goreng.

Biasanya Soto ini sering disantap sebagai sarapan atau makan siang yang mengenyangkan dan nikmat.

Cibuntu

Cibuntu merupakan makanan khas Subang atau sejenis dengan pancake yang terbuat dari tepung beras. Makanan ini memiliki tekstur lembut dan rasa yang manis.

Biasanya, disajikan dengan taburan kelapa parut dan gula merah serut di atasnya, sehingga memberikan rasa gurih dan manis yang sempurna.

Cibuntu menjadi pilihan yang tepat untuk camilan ringan atau sebagai hidangan penutup yang lezat.

Mie Koclok

Mie Koclok adalah hidangan mie khas Subang yang menggoda selera. Hidangan ini terbuat dari mie kuning yang dimasak dengan kuah gurih yang terbuat dari kaldu ayam, kacang hijau, bawang merah, dan bumbu-bumbu lainnya.

Kelezatannya terletak pada mie yang kenyal, kuah yang gurih, dan tekstur dari kacang hijau yang renyah.

Biasanya disajikan dengan pelengkap seperti daun seledri, irisan bawang goreng, dan emping sebagai pendampingnya.

Mie Koclok menjadi hidangan yang mengenyangkan dan cocok untuk disantap di waktu makan siang atau malam.

Doclang

Jika Anda mencari camilan gurih yang khas dari Subang, jangan lewatkan Doclang. Camilan ini sejenis kerupuk yang terbuat dari tepung sagu dengan tambahan bumbu-bumbu rempah yang khas.

Kerupuk ini memiliki tekstur yang renyah dan gurih, membuatnya menjadi cemilan yang sangat nikmat. Doclang sering disajikan sebagai pendamping makanan atau dijadikan camilan ringan saat bersantai.

Artikel Menarik:  Makanan Khas Jember: Nikmati Kelezatan Kuliner Tradisional

Sate Kalong

Jika Anda ingin mencoba sate dengan suasana yang berbeda, Sate Kalong adalah pilihan yang tepat. Makanan khas Subang ini biasanya disajikan di tengah kebun bambu dengan nuansa malam yang sejuk.

Sate ini memiliki cita rasa yang lezat, daging yang empuk, dan bumbu rempah yang meresap sempurna. Anda dapat menikmati Sate Kalong sambil menikmati keindahan alam dan suasana malam yang romantis.

Cilok

Cilok salah satu camilan favorit dari Subang yang terbuat dari adonan tepung tapioka. Adonan tersebut kemudian dibentuk bulat dan direbus, hingga memiliki tekstur yang kenyal dan gurih.

Biasanya disajikan dengan saus kacang yang khas dan taburan bawang goreng. Camilan ini dapat dinikmati sebagai cemilan sehari-hari atau dijadikan hidangan penutup setelah makan.

Bandros

Makanan khas Subang yang terakhir yaitu Bandros. Makanan ini sejenis roti panggang khas yang memiliki rasa yang unik dan lezat.

Roti ini terbuat dari campuran tepung terigu, kelapa parut, dan gula yang kemudian dipanggang hingga matang.

Biasanya, disajikan dengan irisan margarin di atasnya untuk memberikan cita rasa yang lebih kaya. Jadi sangat  cocok dinikmati dengan secangkir teh atau kopi di pagi atau sore hari.

Kesimpulan

Subang merupakan surganya para pecinta kuliner yang ingin menikmati hidangan lezat dengan sentuhan khas Jawa Barat.

Dengan mencicipi makanan khas seperti di atas, Anda akan merasakan kelezatan dan keunikan dari setiap hidangan yang disajikan. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mencobanya saat berkunjung ke daerah Subang!

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mengeksplorasi kuliner Indonesia. Selamat menikmati makanan lezat dari Subang!

Artikel Menarik:  Mengenal Jenis-Jenis Alat Musik Tiup Tradisional¬†