makanan khas sukabumi
freepik.com

Makanan Khas Sukabumi: Selami Kelezatan Kuliner yang Memikat

Posted on

Sukabumi, sebuah kota yang terletak di Jawa Barat, tidak hanya terkenal dengan keindahan alamnya, tetapi juga dengan kelezatan kuliner khasnya. Makanan khas Sukabumi menghadirkan cita rasa yang autentik dan unik, memikat setiap pengunjung yang mencoba.

Dalam artikel ini, kami akan mengajak Anda untuk menjelajahi ragam kuliner khas Sukabumi yang tak boleh dilewatkan.

Geprak

Geprak salah satu camilan khas Sukabumi yang sangat populer di kalangan masyarakat setempat. Camilan ini terbuat dari singkong yang digoreng hingga renyah dan kemudian diberi bumbu tabur yang kaya akan rempah.

Geprak memiliki tekstur yang kenyal di bagian dalamnya dan renyah di bagian luar. Sensasi gurih dan pedas dari bumbu tabur membuat Geprak menjadi camilan yang menggugah selera dan cocok dinikmati dalam suasana santai.

Galendo

Galendo merupakan makanan khas Sukabumi yang terbuat dari daging sapi yang diolah dengan bumbu rempah dan diungkep hingga empuk.

Kemudian daging tersebut disajikan dengan nasi hangat dan sambal khas. Kelezatan Galendo terletak pada rasa bumbu yang meresap sempurna dalam daging sapi, memberikan cita rasa yang kaya dan mengenyangkan.

Ciherang

Ciherang salah satu hidangan nasi khas Sukabumi yang menggugah selera. Hidangan ini terdiri dari nasi putih yang disajikan dengan lauk-pauk seperti ikan asin, tahu goreng, tempe goreng, dan sambal.

Keunikan dari Ciherang terletak pada tata cara penyajiannya, di mana nasi dan lauk pauk disusun secara terpisah dalam keranjang anyaman daun pisang.

Hal ini memberikan sentuhan tradisional pada hidangan tersebut. Nasi Ciherang memiliki cita rasa yang lezat dan harmonis antara gurihnya ikan asin, kelezatan tahu dan tempe goreng, serta kepedasan sambal yang menggoyang lidah.

Artikel Menarik:  Makanan Khas Magetan: Menikmati Kelezatan Kuliner Jawa Timur

Hidangan ini merupakan pilihan yang tepat bagi pecinta nasi dan penggemar makanan khas Sukabumi.

Cilung

Camilan khas Sukabumi satu ini terbuat dari tepung tapioka yang dicampur dengan bumbu-bumbu rempah yang khas.

Cilung memiliki tekstur yang kenyal dan gurih dan sering disajikan dalam bentuk bola-bola kecil yang digoreng hingga renyah. Biasanya disajikan dengan saus sambal atau saus kacang sebagai pendamping.

Rasanya yang gurih dan teksturnya yang unik membuat Cilung menjadi camilan favorit di Sukabumi.

Mendal

Mendal adalah kue tradisional Sukabumi yang terkenal dengan kelezatannya. Kue ini terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan kelapa parut, gula merah, dan garam.

Adonan tersebut dibentuk menjadi bulatan kecil dan dikukus hingga matang. Mendal memiliki tekstur yang kenyal dan gurih, serta rasa manis dari gula merah yang meleleh di dalamnya.

Kue ini sering disajikan sebagai camilan atau hidangan penutup dalam acara-acara khusus.

Pisang Molen

Pisang Molen salah satu camilan khas Sukabumi yang menggoda selera. Camilan ini terbuat dari pisang yang dibalut dengan adonan tepung terigu dan digoreng hingga berwarna keemasan.

Perpaduan antara pisang manis dan kulit lumpia yang garing memberikan kelezatan yang memikat. Sehingga sering dijadikan camilan atau makanan penutup yang disajikan dalam berbagai acara.

Kesimpulan

Makanan khas Sukabumi menawarkan pengalaman kuliner yang tidak terlupakan. Setiap hidangan di atas pastinya memikat selera dengan cita rasa autentik dan lezat.

Nikmati kelezatan kuliner khas Sukabumi yang menggoda selera dan menjadikan kunjungan Anda di kota ini semakin berkesan. Selamat menikmati!

Artikel Menarik:  Makanan Khas Minangkabau: Nikmatnya Rasa Tradisional