makanan khas sumatera utara
pexels.com

Makanan Khas Sumatera Utara yang kaya rempah & rasa autentik

Posted on

Sumatera Utara adalah provinsi yang kaya akan keanekaragaman budaya dan kuliner. Salah satu hal yang tidak boleh Anda lewatkan saat mengunjungi Sumatera Utara adalah mencicipi makanan khas nya.

Kuliner Sumatera Utara memikat lidah dengan kombinasi unik rasa, bumbu rempah, dan teknik memasak yang autentik. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa hidangan khas yang menggugah selera dari Sumatera Utara.

Saksang

Saksang adalah hidangan ikonik Sumatera Utara yang terkenal dengan cita rasa yang khas.

Hidangan ini terbuat dari daging babi, yang dimasak dengan darah babi, rempah-rempah, serta bumbu khas seperti andaliman, daun jeruk purut, dan lengkuas.

Saksang memiliki cita rasa yang gurih, pedas, dan sedikit asam. Biasanya disajikan dengan nasi dan sayur daun singkong. Rasakan kelezatan unik dari saksang yang menggoyang lidah Anda.

Bika Ambon

Bika Ambon merupakan kue tradisional yang berasal dari Medan, Sumatera Utara. Kue ini terbuat dari campuran adonan tepung terigu, telur, santan, dan gula aren.

Adonan tersebut kemudian dipanggang hingga matang dan menghasilkan aroma yang menggugah selera.

Bika Ambon sering kali menjadi oleh-oleh khas Sumatera Utara yang disukai oleh banyak orang. Rasakan kelezatan dan keunikan dari Bika Ambon yang lezat.

Mie Gomak

Mie Gomak khas Sumatera Utara ini terbuat dari mi kuning yang disajikan dengan campuran daging sapi cincang, irisan cabai merah, dan bumbu khas seperti kemiri, jahe, dan serai.

Dengan cita rasa yang pedas dan gurih, memberikan sensasi menggugah selera. Rasakan kelezatan mie yang kenyal dengan racikan bumbu pedas.

Artikel Menarik:  Makanan Khas Papua Barat yang Bikin Lidah Bergoyang

Asam Pedas

Asam Pedas salah satu hidangan khas Sumatera Utara yang terkenal dengan perpaduan rasa pedas dan asam yang segar.

Hidangan ini terbuat dari ikan segar yang dimasak dengan campuran cabai merah, cabai rawit, belimbing wuluh, asam kandis, bawang merah, bawang putih, dan rempah-rempah lainnya.

Asam Pedas memiliki cita rasa yang pedas, asam, dan segar, hingga membuatnya sangat menggugah selera. Nikmati kelezatan hidangan ikan dengan sensasi rasa yang unik dari Asam Pedas.

Bolu Gulung Meranti

Bolu Gulung Meranti adalah kue tradisional yang populer di Sumatera Utara. Kue ini terbuat dari adonan tepung terigu, telur, gula, dan margarin, kemudian dipanggang dan diisi dengan selai kacang, cokelat, atau selai lainnya.

Bolu ini memiliki tekstur yang lembut dan rasa manis yang menggoda. Jadi sering disajikan pada acara-acara spesial atau sebagai oleh-oleh. Rasakan kelezatan kue tradisional dengan sentuhan manis Bolu Gulung Meranti.

Soto Medan

Soto Medan terkenal dengan kuah kaldu yang gurih dan aroma rempah yang khas. Dimana terbuat dari daging ayam atau daging sapi yang dimasak dengan bumbu-bumbu seperti serai, daun salam, jahe, dan bawang merah.

Biasanya disajikan dengan tambahan mie kuning, tauge, irisan daun bawang, dan kerupuk sebagai pelengkapnya. Nikmati kelezatan soto dengan rasa yang istimewa dari Soto Medan.

Panggang Martabak

Panggang Martabak adalah hidangan unik yang dapat ditemui di Sumatera Utara.

Martabak yang terbuat dari adonan tepung terigu dan telur dipanggang hingga matang, kemudian disajikan dengan taburan kacang, meses, atau keju parut.

Hidangan ini memiliki tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam, serta cita rasa manis yang lezat. Rasakan kelezatan tersembunyi dari Panggang Martabak yang akan memanjakan lidah Anda.

Artikel Menarik:  3 Rumah Adat Papua Barat Dengan Pesona Alam yang Khas

Leker Medan

Leker Medan salah satu camilan gurih yang terbuat dari campuran tepung terigu, telur, gula, dan margarin. Adonan ini kemudian dipanggang hingga tipis dan renyah.

Leker Medan sering diisi dengan coklat atau kacang yang memberikan kelezatan ekstra. Camilan ini nikmat dinikmati sebagai teman minum teh atau kopi.

Rasakan kelezatan camilan gurih dari Leker Medan yang akan memanjakan lidah Anda.

Kesimpulan

Makanan khas Sumatera Utara menawarkan kelezatan kuliner tradisional yang tidak boleh Anda lewatkan. Dari saksang, Bika Ambon, hingga mie gomak, setiap hidangan memiliki cita rasa yang unik dan memikat.

Jelajahi keanekaragaman kuliner Sumatera Utara dan rasakan kelezatan rempah-rempah yang autentik. Dengan hidangan-hidangan yang memanjakan lidah, Sumatera Utara adalah surga bagi para pecinta kuliner.

Selamat menikmati kelezatan kuliner tradisional Sumatera Utara!