makanan khas sumbawa
unsplash.com

Makanan Khas Sumbawa: Kuliner Sederhana yang Memikat

Posted on

Sumbawa, sebuah pulau indah di Nusa Tenggara Barat, tidak hanya terkenal dengan keindahan alamnya yang memukau, tetapi juga dengan kelezatan makanan khas nya.

Kuliner khas Sumbawa menawarkan citarasa yang unik dan menggugah selera. Apakah Anda penasaran dengan makanan-makanan lezat yang dapat Anda temukan di pulau ini?

Mari kita jelajahi beberapa makanan khas Sumbawa yang patut dicoba.

Ayam Taliwang

Tidak lengkap rasanya jika membicarakan makanan khas Sumbawa tanpa menyebutkan Ayam Taliwang. Ayam Taliwang adalah hidangan yang terkenal dengan cita rasa pedasnya yang khas.

Biasanya dibakar menggunakan bumbu khusus, seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, cabai rawit, dan rempah-rempah lainnya.

Rasanya yang pedas, gurih, dan sedikit manis membuat Ayam Taliwang menjadi favorit banyak orang di Sumbawa. Jika Anda pecinta pedas, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi hidangan yang legendaris ini.

Sate Bulayak

Salah satu makanan khas Sumbawa yang tak boleh dilewatkan adalah Sate Bulayak. Sate ini terbuat dari daging sapi yang dipotong kecil-kecil, ditusuk dengan bambu, dan kemudian dipanggang.

Biasanya disajikan dengan lontong dari ketan yang dikukus dalam daun bulayak, kemudian ditaburi bumbu kacang hingga memberikan cita rasa yang unik dan khas.

Sop Buntut

Di pulau Sumbawa, Anda juga bisa menemukan kuliner khas yang berasal dari Lombok, yaitu Sop Buntut Lombok.

Hidangan ini terdiri dari buntut sapi yang dimasak dengan bumbu-bumbu khas, seperti serai, lengkuas, jahe, dan rempah-rempah lainnya.

Kuah kaldu yang kaya dan daging buntut yang empuk membuat Sop Buntut Lombok menjadi hidangan yang begitu menggugah selera.

Artikel Menarik:  Inilah Tari Driasmara yang Dilestarikan Sampai Sekarang

Nikmati kelezatan Sop Buntut Lombok saat berada di Sumbawa dan rasakan sensasi yang tak terlupakan.

Rujak Plecing

Jika Anda menyukai makanan yang segar dan pedas, jangan lewatkan Rujak Plecing saat berkunjung ke Sumbawa.

Rujak ini terbuat dari campuran buah-buahan segar, seperti mangga muda, timun, dan kangkung, yang disajikan dengan bumbu kacang pedas.

Rasa pedas yang menggigit dari bumbu kacang dan kelezatan buah-buahan segar yang menyegarkan membuat Rujak Plecing menjadi hidangan yang sangat nikmat di tengah cuaca panas Sumbawa.

Ikan Bakar Plecing

Pulau Sumbawa juga terkenal dengan kekayaan hasil lautnya. Salah satu hidangan laut yang sangat populer di Sumbawa adalah Ikan Bakar Plecing.

Ikan segar dipanggang dengan bumbu rempah khas Sumbawa yang menghasilkan cita rasa yang lezat.

Untuk memberikan rasa yang lebih pedas, ikan bakar ini juga disajikan dengan plecing, yaitu sambal pedas yang terbuat dari cabai rawit, bawang merah, dan tomat.

Rasakan kelezatan Ikan Bakar Plecing dan nikmati keindahan laut Sumbawa secara bersamaan.

Ampo Lombok

Ampo Lombok merupakan makanan tradisional yang berasal dari Lombok dan dapat ditemui di Sumbawa. Makanan ini terbuat dari ketan yang dimasak dengan santan dan gula kelapa.

Proses memasaknya menggunakan api kecil dan dilakukan dengan hati-hati agar tekstur ketan tetap lembut dan pulen.

Ampo Lombok memiliki rasa manis yang khas dari gula kelapa yang membuatnya cocok sebagai hidangan penutup yang lezat setelah menikmati hidangan khas Sumbawa.

Nasi Puyung

Jika Anda mencari hidangan sederhana namun lezat di Sumbawa, Nasi Puyung adalah pilihan yang tepat untuk di coba.

Hidangan ini terdiri dari nasi yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah, kemudian disajikan dengan berbagai lauk-pauk seperti ayam goreng, ikan bakar, telur balado, dan sayuran.

Artikel Menarik:  Filosofi Dibalik Pesona Pakaian Adat Aceh¬†

Rasa gurih dari nasi santan yang dipadukan dengan kelezatan lauk-pauknya membuat Nasi Puyung menjadi hidangan yang memanjakan lidah. Sajikan dengan sambal pedas untuk menambah kenikmatannya.

Rempeyek

Jika Anda menyukai camilan gurih, jangan lewatkan Rempeyek saat mengunjungi Sumbawa. Rempeyek adalah camilan renyah yang terbuat dari campuran tepung beras, kacang, dan rempah-rempah.

Biasanya digoreng hingga kecoklatan dan memiliki tekstur yang renyah. Rasanya yang gurih dan rempah-rempah yang khas membuat Rempeyek menjadi camilan yang menggoda selera.

Nikmati Rempeyek sebagai teman minum teh atau kopi, atau sebagai camilan saat bersantai di Sumbawa.

Kesimpulan

Makanan khas Sumbawa menawarkan pengalaman kuliner yang tak terlupakan. Dengan berbagai pilihan makanan khas yang lezat dan unik, Sumbawa merupakan surga bagi pecinta kuliner.

Nikmati keindahan alam pulau ini sambil menikmati kelezatan makanan khasnya. Jelajahi kuliner Sumbawa dan buatlah pengalaman kuliner Anda menjadi lebih berkesan.