makanan khas laos
unsplash.com

Makanan Khas Laos yang Wajib Kamu Coba!

Posted on

Laos, negara kecil di Asia Tenggara ini terkenal dengan keindahan alamnya yang memukau. Selain itu, Laos juga memiliki kekayaan kuliner yang beragam dan unik. Berikut ini beberapa makanan khas Laos yang wajib kamu coba:

Tam Mak Houng

Salad buah mangga dengan rasa pedas ini merupakan salah satu makanan khas Laos yang populer di seluruh dunia.

Mangga yang dipotong tipis-tipis dicampur dengan bawang merah, cabai, dan jus jeruk nipis, membuat rasa segar dan pedas yang khas.

Laap

Laap adalah hidangan daging cincang atau ikan yang dicampur dengan rempah-rempah dan perasan jeruk nipis.

Biasanya disajikan dengan nasi ketan dan sayuran segar. Laap memiliki rasa pedas dan segar yang membuatnya menjadi hidangan favorit di Laos.

Khao Poon

Sup khas Laos ini terbuat dari mie beras dan kaldu ayam atau ikan. Hidangan ini disajikan dengan sayuran segar dan rempah-rempah, serta cabai yang membuat rasanya menjadi pedas dan lezat.

Khao Poon biasanya disajikan sebagai hidangan utama di acara-acara khusus seperti pernikahan atau festival.

Ping Kai

Bagi kamu pecinta ayam, Ping Kai adalah hidangan yang wajib kamu coba. Ayam yang sudah dibumbui dengan rempah-rempah khas Laos ini kemudian dipanggang dengan menggunakan arang.

Ping Kai biasanya disajikan dengan nasi dan sambal pedas.

Sai Oua

Sai Oua merupakan sosis khas Laos yang terbuat dari daging babi yang dicampur dengan rempah-rempah seperti serai, jahe, dan bawang putih. Hidangan ini disajikan dengan nasi dan sayuran segar.

Artikel Menarik:  Mengenal Tabel Trigonometri dalam Pelajaran Matematika

Or Lam

Or Lam juga salah satu sup khas Laos yang terbuat dari daging babi atau kambing, sayuran, dan rempah-rempah seperti serai dan jahe. Biasanya sup ini dimasak dalam panci tanah liat dan disajikan dengan nasi ketan.

Mok Pa

Mok Pa adalah hidangan ikan yang dibungkus dengan daun pisang dan kemudian dipanggang atau dikukus.

Ikan yang digunakan untuk hidangan ini biasanya ikan sungai segar. Hidangan ini memiliki rasa pedas dan asam yang khas.

Khao Jee

Khao Jee adalah roti panggang khas Laos yang terbuat dari tepung beras dan gandum. Roti ini biasanya disajikan dengan kopi atau teh, serta selai kacang atau keju.

Khao Piak Sen

Makanan mie khas Laos ini terbuat dari tepung beras dan disajikan dengan kaldu ayam atau ikan, sayuran segar, dan rempah-rempah. Hidangan ini biasanya dimakan saat sarapan atau makan siang.

Khao Jee Pate

Roti panggang khas Laos selanjutnya yaitu Khao Jee Pate. Setelah di panggang, roti diisi dengan paté daging babi atau hati ayam. Hidangan ini biasanya disajikan dengan sayuran segar dan saus pedas.

Khao Piek

Khao Piek adalah hidangan mie khas Laos yang terbuat dari tepung beras dan disajikan dengan kaldu ayam atau ikan, sayuran segar, dan rempah-rempah seperti ketumbar dan bawang merah.

Nam Khao

Hidangan nasi goreng khas Laos ini terbuat dari nasi ketan yang digoreng dengan telur dan daging cincang, lalu dicampur dengan sayuran dan rempah-rempah seperti daun bawang dan bawang putih.

Biasanya disajikan dengan daun selada dan saus pedas.

Khao Nom Kok

Makanan khas Laos selanjutnya yaitu Khao Nom Kok atau kue Laos yang terbuat dari tepung beras dan santan kelapa yang dicampur dengan gula dan biji wijen.

Artikel Menarik:  10 Menu Makanan Arisan yang Lezat dan Menggugah Selera

Kue ini biasanya disajikan saat acara perayaan atau festival.

Khao Tom

Makanan nasi bubur khas Laos ini biasanya disajikan dengan ayam atau ikan, sayuran segar, dan rempah-rempah seperti jahe dan bawang merah.

Hidangan ini biasanya dimakan saat sarapan atau makan malam.

kesimpulan

Dari berbagai hidangan khas Laos yang telah dijelaskan di atas, dapat disimpulkan bahwa makanan Laos memiliki cita rasa yang unik dan kaya akan rempah-rempah.

Hidangan-hidangan tersebut juga didominasi oleh bahan-bahan segar dan alami, seperti ikan segar, daging sapi, dan sayuran segar. Makanan khas Laos juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai salah satu pilihan kuliner untuk wisatawan yang ingin mencoba hidangan lokal.

Dengan mencoba makanan khas Laos, wisatawan dapat merasakan cita rasa yang autentik dan berbeda dari makanan yang biasa mereka konsumsi di negara asal mereka.