makanan khas lumajang
freepik.com

Makanan Khas Lumajang: Menikmati Kelezatan Kuliner Nusantara

Posted on

Indonesia adalah negara yang kaya akan keanekaragaman budaya dan kuliner. Setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khas yang berbeda-beda dan sangat lezat. Salah satu daerah di Indonesia yang terkenal dengan makanan khas nya adalah Lumajang.

Terletak di Jawa Timur, Lumajang memiliki beberapa makanan khas yang sangat terkenal dan enak. Mari kita simak beberapa makanan khas Lumajang yang wajib dicoba!

Sate Klathak Lumajang

Sate Klathak Lumajang adalah makanan khas yang berasal dari Lumajang. Makanan ini terbuat dari daging ayam atau sapi yang dipotong kecil-kecil dan ditusuk menggunakan tusukan bambu.

Sate ini memiliki ciri khas yakni bumbu kacangnya yang sangat kental dan gurih, jadi cocok disantap dengan nasi putih atau ketupat.

Bakso Sapi Lumajang

Lumajang juga terkenal dengan Bakso Sapi-nya yang enak dan lezat. Bakso ini memiliki ukuran yang cukup besar dan teksturnya yang kenyal.

Biasanya disajikan dengan kuah kaldu sapi yang gurih dan pedas. Jangan lupa tambahkan bawang goreng dan sambal untuk menambah kelezatannya.

Rujak Soto Lumajang

Rujak Soto Lumajang adalah hidangan khas Lumajang yang cukup unik. Dimana terbuat dari tauge, kol, tempe, tahu yang dipotong kecil-kecil dan dicampur dengan bumbu kacang yang sangat gurih.

Rujak ini biasanya disajikan dengan sambal petis dan kerupuk.

Nasi Tumpang Lumajang

Makanan khas Lumajang ini terdiri dari nasi, telur, daging ayam atau sapi, dan bumbu kacang yang gurih. Nasi Tumpang Lumajang disajikan menggunakan daun pisang yang dibentuk seperti segitiga.

Artikel Menarik:  Makanan Khas Amerika: Lezat dan Beragam

Jadi cocok untuk dijadikan sebagai bekal saat melakukan perjalanan atau piknik.

Mie Titi Lumajang

Mie Titi juga termasuk makanan khas Lumajang, dimana terbuat dari mie yang diolah menggunakan bahan-bahan alami.

Biasanya disajikan dengan kuah kaldu sapi yang gurih dan pedas, kemudian tambahkan daging sapi atau ayam yang telah direbus, tauge, dan bawang goreng.

Pecel Lumajang

Pecel Lumajang terbuat dari sayuran seperti kacang panjang, daun singkong, dan tauge yang direbus dan dicampur dengan bumbu kacang yang sangat lezat.

Biasanya disajikan dengan nasi putih atau ketupat. Jangan lupa tambahkan kerupuk dan sambal sebagai pelengkap saat menyantap Pecel Lumajang.

Keripik Kentang

Keripik Kentang salah satu oleh-oleh khas Lumajang yang sangat terkenal. Rasa yang dimilikinya sangat gurih dan renyah, sebab dibuat menggunakan bahan-bahan alami dan tanpa bahan pengawet.

Jangan lupa untuk membawa pulang Keripik Kentang Lumajang saat berkunjung ke Lumajang.

Telur Bebek Penyet

Seperti namanya, dimana makanan khas Lumajang ini terbuat dari telur bebek yang direbus dan dihaluskan kemudian dicampur dengan bumbu sambal yang pedas.

Biasanya disajikan dengan nasi putih atau ketupat dan kerupuk sebagai pelengkap.

Sate Kerang Lumajang

Sate Kerang adalah camilan khas Lumajang yang terbuat dari kerang yang dibersihkan kemudian dicampur dengan bumbu rempah seperti kemiri, kunyit, dan bawang putih.

Biasanya disajikan dengan nasi putih atau ketupat dan sambal sebagai pelengkap.

Bubur Ayam Lumajang

Makanan khas Lumajang selanjutnya yaitu Bubur Ayam Lumajang, dibuat dari nasi yang dimasak dengan kaldu ayam.

Bubur Ayam ini biasanya disajikan dengan potongan daging ayam, bawang goreng, dan irisan daun seledri sebagai pelengkap. Jangan lupa tambahkan kecap manis dan sambal sebagai pelengkap saat menyantapnya.

Artikel Menarik:  Kerajaan Pontianak: Sejarah dan Kebudayaan yang Menarik

Sop Ikan

Sop khas Lumajang ini terbuat dari ikan yang dimasak dengan bumbu rempah seperti serai, daun jeruk, dan lengkuas.

Biasanya disajikan dengan potongan ikan yang besar, tauge, dan irisan daun seledri. Jangan lupa tambahkan irisan jeruk nipis dan sambal sebagai pelengkap saat menyantap Sop Ikan Lumajang.

Sate Usus

Sate Usus merupakan makanan khas Lumajang yang terbuat dari usus sapi yang dibersihkan kemudian dipotong kecil-kecil.

Usus sapi yang sudah dipotong kecil kemudian dicampur dengan bumbu rempah seperti bawang putih, ketumbar, dan merica. Biasanya disajikan dengan nasi putih atau ketupat dan sambal sebagai pelengkap.

Martabak Telur

Makanan khas Lumajang terakhir yaitu martabak telur, dimana terbuat dari adonan tepung terigu yang diisi dengan telur ayam dan bahan-bahan lain seperti bawang, daun bawang, dan daging ayam.

Biasanya makanan ini disajikan dengan saus kacang dan sambal sebagai pelengkap.

Kesimpulan

Makanan khas Lumajang menawarkan citarasa yang khas dan nikmat. Beragam pilihan makanan yang dapat memuaskan selera Anda, mulai dari hidangan berkuah seperti Soto Ayam dan Bubur Ayam hingga hidangan berbahan dasar ikan seperti Sop Ikan.

Jangan lupa coba juga makanan yang lainnya saat berkunjung ke Lumajang!