makanan khas malang
freepik.com

Makanan Khas Malang: Enaknya Bikin Ketagihan!

Posted on

Malang dikenal sebagai kota yang memiliki banyak makanan khas dan menggoda selera. Mulai dari makanan berat hingga makanan ringan, semuanya tersedia di sini.

Bagi Anda yang suka mencicipi berbagai kuliner, pasti tak boleh melewatkan beberapa makanan Malang yang wajib dicoba.

Bakso Malang

Salah satu makanan khas Malang yang paling terkenal adalah bakso Malang. Bakso ini memiliki tekstur yang kenyal dan gurih. Biasanya disajikan dengan mie kuning, tahu, dan pangsit.

Ada banyak pedagang bakso di Malang yang bisa Anda temukan di berbagai sudut kota.

Rujak Cingur

Makanan khas Malang selanjutnya adalah rujak cingur. Rujak cingur ini terbuat dari sayuran dan buah-buahan yang dicampur dengan cingur, yaitu potongan hidung sapi yang direbus.

Rasanya sangat segar dan asam manis. Rujak cingur sangat cocok disantap saat cuaca panas.

Soto Ayam

Soto ayam Malang memiliki kuah yang bening dan rasanya sangat nikmat. Dalam soto ayam ini terdapat daging ayam yang empuk, mie kuning, dan telur rebus.

Biasanya soto ayam disajikan dengan bawang goreng, seledri, dan koya.

Nasi Pecel

Nasi pecel adalah makanan khas Malang yang sangat sederhana tapi rasanya sangat nikmat.

Makanan ini terdiri dari nasi yang dicampur dengan sayuran hijau, seperti bayam, kangkung, dan kacang panjang. Semua itu disiram dengan bumbu kacang yang pedas dan gurih.

Sate Kere

Sate khas Malang ini terbuat dari daging sapi atau ayam yang dipanggang dan disajikan dengan bumbu kacang yang pedas dan gurih.

Artikel Menarik:  Makanan Khas Blitar: Menikmati Kelezatan Kuliner Nusantara

Biasanya disajikan dengan ketupat atau lontong. Jangan lupa mencicipi sate kere ketika Anda berkunjung ke Malang.

Cwie Mie Malang

Cwie Mie Malang salah satu makanan khas Malang yang terkenal. Mie ini memiliki tekstur yang kenyal dan rasanya sangat enak.

Biasanya disajikan dengan kuah kaldu yang gurih dan irisan daging ayam atau sapi.

Soto Lamongan

Soto Lamongan juga menjadi salah satu makanan Malang yang patut dicoba. Kuah soto ini terbuat dari rempah-rempah pilihan yang memberikan aroma dan rasa khas.

Dalam soto Lamongan terdapat daging ayam atau sapi yang empuk, bihun, dan telur rebus.

Lontong Balap

Makanan khas Malang ini terdiri dari lontong, tahu, tauge, dan lentho. Semua bahan tersebut dicampur dengan bumbu kacang yang pedas dan gurih. Lontong balap sangat cocok disantap sebagai camilan atau sarapan.

Nasi Goreng Tempe

Sama seperti namanya, dimana makanan ini terbuat dari nasi goreng yang dicampur dengan tempe dan bumbu rempah. Rasanya sangat pedas dan nikmat. Cocok untuk Anda yang suka makanan pedas.

Tahu Campur

Tahu campur adalah makanan khas Malang yang terdiri dari tahu, mie kuning, dan sayuran segar seperti mentimun, tauge, dan kacang panjang. Semua bahan tersebut dicampur dengan kuah kaldu yang gurih dan nikmat.

Roti Kukus

Roti kukus khas Malang ini terbuat dari tepung terigu, ragi, dan gula. Pembuatannya dengan cara dikukus sehingga teksturnya lembut dan rasanya manis. Cocok disantap sebagai sarapan atau camilan.

Kroket Kentang

Kroket kentang adalah makanan khas Malang yang terbuat dari kentang yang dihaluskan dan dicampur dengan bahan lain seperti tepung terigu, telur, dan rempah-rempah.

Artikel Menarik:  Kerajaan Bali: Sejarah, Budaya, dan Keindahan Alam

Makanan ini digoreng hingga renyah dan gurih, sehingga cocok dijadikan camilan atau pendamping makan siang dan malam.

Bakso Goreng

Makanan khas Malang selanjutnya yaitu bakso goreng yang terdiri dari bola daging bakso dan digoreng hingga renyah.

Biasanya bakso goreng disajikan dengan saus sambal dan irisan bawang merah. Cocok sebagai camilan atau pendamping makan siang atau malam.

Ronde

Ronde terdiri dari bola ketan yang berisi kacang hijau dan disajikan dengan kuah jahe hangat yang manis. Cocok disantap sebagai camilan atau penutup makan malam di Malang.

Bubur Sumsum

Bubur sumsum adalah makanan khas Malang yang terbuat dari tepung ketan yang diolah hingga menjadi bubur lembut.

Biasanya bubur ini disajikan dengan gula merah dan kelapa parut yang manis. Cocok sebagai sarapan atau camilan.

Kesimpulan

Makanan khas Malang merupakan salah satu daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke kota ini. Dengan beragam variasi makanan yang lezat, Malang menawarkan pengalaman kuliner yang tak terlupakan bagi setiap wisatawan yang datang.

Selain itu, makanan tersebut juga dipengaruhi oleh budaya dan sejarah dari daerah ini, sehingga semua makanan memiliki keunikan tersendiri yang tidak dapat ditemukan di tempat lain. Jadi, jika Anda berkunjung ke kota Malang, jangan lupa mencoba berbagai makanan khasnya yang lezat dan unik. Selamat menikmati!